Apa itu Standby Loan? Pengertian dan Manfaatnya

Standby Loan
Source: Standby Loan

Hi, Sobat LINE Bank!

Pernah gak sih kalian kepikiran untuk mengambil pinjaman tapi, cuma di saat tertentu aja, ingin yang cepat cairnya, dan gak mau khawatir akan membayar bunga yang besar?

Kalau kalian pernah kepikiran hal tersebut, maka jawaban dari pertanyaan kalian adalah standby loan! Nah, apa sih itu pengertiannya dan manfaatnya dibandingkan mekanisme pinjaman lain? Di artikel ini, kita bakal membahasnya sampai akhir! Yuk, baca terus, guys!

Pengertian

Standby loan adalah salah satu fasilitas kredit produktif yang ditawarkan oleh bank dimana pinjaman ini akan bisa digunakan kapan saja selama periode pinjaman masih berjalan. Pinjaman ini biasanya digunakan untuk membuka usaha, membangun bisnis, ataupun sebagai kehati-hatian apabila ada hal yang tidak terduga yang terjadi ketika usaha maupun bisnis tersebut berjalan.

Namun, penggunaan pinjaman ini tidak hanya terbatas hanya sekedar usaha. Mekanisme dari pinjaman ini adalah baik debitur dan bank melakukan perjanjian. Pada perjanjian tersebut berisi seperti limit, bunga, dan kualifikasi kondisi tertentu kapan pinjaman dapat cair. Akibatnya, pinjaman ini bersifat lebih fleksibel. 

Kalau kalian memiliki reputasi yang baik sebagai seorang nasabah bisnis. Bank bisa saja menawarkan pinjaman ini kepada kalian, lho!

Manfaat Kredit Standby

Setelah mengetahui definisinya, mari kita membahas manfaat kredit ini!

1. Proses Lebih Cepat

Proses pinjaman jenis ini juga bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan pinjaman yang biasa. Hal ini dikarenakan debitur tidak perlu melakukan proses panjang lagi dan lagi dan hanya tinggal melakukan renewal ketika jatuh tempo. Selama peride peminjaman pun debitur bisa meminjam berkali-kali. Biasanya, debitur perlu memberitahu pihak bank satu hari sebelum penarikan. Sehingga hal ini akan sangat menghemat waktu.
Oh ya, kalau kalian sedang mencari pinjaman yang cepat dan tinggal sat set bahkan bisa dilakukan pas rebahan, bisa banget kalian memakai LINE Bank! Limit pinjamannya bisa mencapai Rp. 300.000.000 lho! Pas banget kalau kalian sedang membutuhkan pinjaman cepat cair dan proses yang sebentar!

Gampang banget ceknya, tinggal klik banner di bawah ini! Yuk, cari tahu limit pinjaman kalian di LINE Bank sekarang!

2. Tidak Perlu Membayar Bunga yang Besar

Manfaat selanjutnya adalah kalian tidak perlu membayar bunga yang besar. Hal ini berarti kalian hanya perlu membayar bunga dari jumlah uang yang kalian pinjam. Bukan berdasarkan limit.

Misalnya, kalian memiliki pinjaman dengan limit Rp. 100.000.000. Namun, kalian hanya menggunakan Rp. 25.000.000. Dengan bunga sebesar 2%. Maka, bunga yang harus kalian bayar adalah dari Rp. 25.000.000 tersebut, bukan hitungan bunga dari Rp. 100.000.000.

Rp. 25.000.000 x 5% =1.250.000

Berarti kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 1.250.000. Bukankah itu menguntungkan?

3. Tidak Perlu Membayar Penuh Pinjaman

Manfaat ketiga ialah kalian engga perlu membayar pinjaman sampai penuh. Eits, ini berarti, kalian hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah pinjaman yang kalian pinjam kepada bank.

Misalnya, limit pinjaman ini adalah Rp. 100.000.000. Lalu, kalian hanya menggunakan sebesar Rp. 25.000.000. Maka, pinjaman yang harus kalian bayarkan adalah sebesar Rp. 25.000.000 bukan Rp.100.000.000.

4. Sisa Limit Tidak Hangus

Selanjutnya ialah, meski kalian tidak menggunakan pinjaman hingga sampai akhir limit, sisa pinjamannya tidak akan hangus sampai waktu jatuh tempo. Misalnya, kalian hanya menggunakan Rp. 25.000.000 dari limit pinjaman sebesar Rp. 1.000.000.000. Maka, sisa uang yang bisa kalian pinjam sebesar 75.000.000. Uang tersebut bisa kalian gunakan sewaktu waktu selama belum jatuh tempo. Sehingga, pinjaman ini sangat menguntungkan karena bisa digunakan berkali-kali.

Kesimpulan

Standby loan adalah pinjaman yang bisa diambil kapan saja sesuai dengan perjanjian debitur dan pihak bank. Mekanisme pinjaman ini akan sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil, bukan tergantung kepada limit perjanjian pinjaman. Prosesnya juga lebih cepat. Meskipun pinjaman ini lebih cocok untuk keperluan usaha dan bisnis, akan tetapi, pinjaman ini masih bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Sebagai alternatif dari pinjaman ini, kalian bisa menggunakan pinjaman bank online.

Kalian enggak perlu jauh-jauh mencari, karena LINE Bank juga menawarkannya lho! Proses pinjaman LINE Bank juga cepat dan bisa diakses kapan saja dan dimana 24/7 lho. Bahkan sambil rebahan di tempat tidur. Kalian engga perlu khawatir soal keamanan, karena LINE Bank ini juga aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Gak perlu khawatir soal limit, karena batas maksimum limit pinjamannya bisa sampai Rp. 300.000.000 lho!

Psst, kita juga lagi ngadain promo pengguna baru buat kalian yang belum merasakan kegunaan LINE Bank. Kalau kalian daftar sampai tanggal 31 Desember 2023 bisa dapet cashback hingga Rp. 1.100.000 lho! Ayo, gabung ke LINE Bank sebelum promonya habis!

Yuk, tunggu apalagi? Join LINE Bank sekarang dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Baca juga: Inilah 10 Ide Usaha Modal 10 Juta yang Bisa Menjadi Pilihan
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325