7 Tips Memilih Cicilan Mahasiswa yang Tepat dan Aman

Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian mahasiswa dan sedang mencari pinjaman dengan cicilan mahasiswa?

Melakukan kegiatan pinjaman enggak hanya dilakukan oleh orang yang sudah lulus dan bekerja, lho! Setiap orang memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda, sehingga, ada beberapa bank yang menawarkan dengan harga dan fitur khusus buat kalian yang masih kuliah! Tapi, ya, sebelum kalian memilih mana pinjaman yang tepat, yuk baca 7 tips sebelum memilihnya!

7 Tips Memilih Pinjaman dengan Cicilan Mahasiswa

Berikut ini adalah 7 tips tersebut, yuk tetap baca hingga habis!

1. Carilah Pinjaman yang Legal

Hal yang paling pertama adalah tentu saja kalian harus mengutamakan keamanan dan terjaminnya bank yang menawarkan pinjaman tersebut. Jangan sampai kalian terlibat dengan pinjaman yang ilegal, ya!

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih bank yang menyediakan fitur tersebut namun tetap diawasi oleh OJK, ya, guys!

2. Lakukan Kalkulasi Dana

Hal kedua yang seharusnya dilakukan adalah menghitung berapa jumlah uang yang akan kalian pinjam. Hitunglah sesuai dengan kebutuhan kalian selama mengenyam bangku perkuliahan yang akan di cover oleh pinjaman tersebut.

Beberapa hal yang bisa kalian jadikan referensi dalam kalkulasi ini adalah:

  1. Biaya kuliah persemesternya
  2. Biaya hidup sehari-hari; biaya tempat tinggal, makan, dan transportasi
  3. Biaya membeli buku atau fotocopy
  4. Biaya lain tidak terduga

3. Lakukanlah Riset Pinjaman Cicilan Mahasiswa

Langkah selanjutnya ialah sebaiknya kalian melakukan riset tersendiri entah dengan menggunakan google, melihat di media sosial, bertanya pada forum tertentu, ataupun apabila kalian memiliki kenalan yang sudah pernah mengajukan pinjaman selama menjadi seorang mahasiswa pun bisa kalian cari tahu.

Beberapa hal yang wajib ketahui adalah seperti suku bunga yang ditetapkan, sistem pembayaran, apakah ada benefits atau keuntungan tertentu karena memilih bank tersebut, dan berapa biaya administrasi yang dipatok oleh bank tersebut. Alangkah baiknya, bila pinjaman dari bank tersebut atau bank itu juga memiliki benefits tertentu yang bisa kalian gunakan, bukan? Misalnya nih, kalau kalian bergabung dengan LINE Bank, kalian bisa mendapatkan berbagai benefit! Bisa cashback dan diskon buat travelling, makan, nonton, bahkan nge-game! Skuy lah cek promo LINE Bank selengkapnya disini!

https://linebank.co.id/id/promo/30132
https://linebank.co.id/id/promo/30183

Kalian juga bisa melakukan riset berapa minimal gaji yang akan kalian terima ketika lulus nanti sesuai dengan jurusan kalian sehingga kalian bisa merencanakan pembayaran dengan lebih baik.

4. Bandingkan dengan Bank Lain

Setelah kalian melakukan riset kepada institusi yang menawarkan pinjaman tersebut, alangkah baiknya apabila kalian tidak hanya melakukan riset pada satu institusi. Lakukanlah riset pada beberapa institusi.

Dari situ, kalian bisa membuat catatan ataupun excel tentang benefit, suku bunga yang ditetapkan, sistem pembayaran, syarat pembayaran, maupun hal lainnya. Tentunya, kalian ingin bisa memilih best choice dan mendapatkan best offer sesuai kebutuhan dan keinginan kalian, bukan?

5. Buat Budget

Setelah kalian menentukan semua itu, kalian bisa membuat budget sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kalian.

Sebagai contoh, dari dana yang kalian pinjam, berapa yang akan kalian gunakan untuk membayar uang kuliah selama satu semester? Atau berapa yang akan kalian cicil tiap bulannya agar bisa membayar uang kuliah satu semester selama 6 bulan? Berapa yang akan kalian gunakan untuk biaya fotocopy atau membeli dokumen lain yang esensial dalam perkuliahan kalian?

Tentunya, kalian tidak ingin bertemu dengan hal-hal yang buruk selama menggambil pinjaman ketika mengeyam bangku perkuliahan, kan?

6. Buat Rencana Pembayaran

Hal yang berikutnya harus kalian persiapkan adalah membuat rencana bagaimana kalian bisa membayar pinjaman tersebut. Kalian bisa membuat sheet sebagai alokasi budget. Menurut Money.com kalian bisa mengkalkulasi baik utang pokok dan bunganya kemudian hitung di Pembayaran Utang Online, jadi hasilnya akan menunjukan per bulan berapa yang harus dibayar.

Oh ya, sebagai tips, jangan sampai pembayaran kalian melebihi 30% dari pendapatan ya!  Karena hal ini bisa saja membuat keuangan kalian justru tidak stabil. Kalian juga bisa melihat starting salary yang kemungkinan besar akan kalian terima ketika lulus nanti sesuai dengan jurusan kalian. Hal ini dilakukan untuk menghindarinya tidak terbayarnya pinjaman yang akan mengakibatkan dampak buruk kepada kalian. Jadi, pastikan untuk merencanakan ini matang-matang, ya!

7. Tetap Siapkan Dana Cadangan

Hal yang lain yang kalian harus catat adalah bagaimanapun kalian harus memiliki dana cadangan. Dana cadangan ini bisa digunakan apabila ada sesuatu yang muncul secara mendadak di masa depan. Dana ini digunakan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut. Jadi, pastikan untuk setiap bulannya kalian menumpuk dana cadangan.

Secara ideal, untuk seseorang yang belum menikah dan masih hidup untuk dirinya sendiri memiliki cadangan sebesar 6x dari pendapatannya.

Kesimpulan

Itu dia beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman dengan cicilan mahasiswa yang tepat dan aman. Pokoknya, kalian harus pintar-pintar dalam melakukan research kemudian tetap kalkulasikan kehidupan sehari-hari kalian, dan jangan lupa memikirkan bagaimana cara membayar pinjaman tersebut dengan matang! Nah, semoga informasi di atas dapat berguna untuk kalian. Tapi, nih, sebenarnya, kalian enggak perlu jauh-jauh mencari pinjaman bank online yang aman dan tepat. Karena LINE Bank juga menyediakannya bahkan untuk para mahasiswa, selama kalian berusia minimal 21 tahun!

Kalian juga gak perlu khawatir apakah ini bakal aman atau engga, karena LINE Bank sudah terdaftar di OJK, jadi keamanannya pasti terjamin!

Dengan Quick Credit LINE Bank, kalian akan mendapatkan banyak keuntungan! Mulai dari limit pinjaman yang bisa mencapai Rp. 300.000.000 sehingga bisa memenuhi kebutuhan perkuliahan kalian, maupun bunga yang cukup rendah yaitu mulai dari 2,5% perbulannya, dan gak usah khawatir karena biaya administrasi GRATIS! Buat kalian yang lagi kepepet juga, bisa kok kalian daftar di rumah dan hanya perlu waktu yang sebentar untuk memprosesnya! Yuk, tunggu apalagi? Ayo cek limit pinjaman kalian sekarang dengan klik banner dibawah ini! Yuk, join LINE Bank dan manfaatkan berbagai benefit-nya!

Baca juga: Pinjaman Online untuk Mahasiswa Tanpa Jaminan di LINE Bank

 

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325