Pahami Cicilan Kartu Kredit Sebelum Mengajukan

Cicilan Kartu Kredit
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!
“Cicilan Kartu Kredit 0%”Pernah gak, kalian membaca tulisan seperti itu?

Entah ketika belanja di mall dan melihat beberapa promo yang terpasang atau karena menonton iklan atau bahkan dari tempat lainnya? Pastinya, kata-kata itu udah gak asing lagi. Tapi, apa sih maksudnya? Buat kalian yang berencana buat mengajukan atau penasaran, no worries, di artikel ini kita bakal bahas! Yuk, baca artikel ini sebelum mengajukan pinjaman!

Pengertian Cicilan 0%

Cicilan 0% adalah salah satu fitur pinjaman dimana kalian bisa melakukan angsuran terhadap apa yang kalian beli tanpa dikenakan bunga.

Misalnya, kalian membeli sebuah smart phone dengan harga Rp. 6.000.000. Kalian membeli smartphone tersebut dengan menggunakan cicilan 0%. Kemudian untuk jangka waktunya, kalian memilih untuk 3 bulan. Jadi, setiap bulan kalian harus membayar sebesar Rp. 2.000.000 tanpa melewati jatuh tempo. Menggiurkan, bukan?

Akan tetapi, apabila kalian telat membayar, biasanya akan ada konsekuensi. Konsekuensinya akan tergantung kepada bank penerbit kartu kredit. Namun biasanya, akan dikenakan bunga tertentu. Jadi, pastikan untuk membayar tepat waktu ya untuk memanfaatkan fitur ini, guys!

Cara Mendapatkan Kartu Kredit

Setiap bank memiliki kebijakannya sendiri dalam pemberian kartu kredit. Akan tetapi, secara umum berikut beberapa cara untuk mendapatkan kartu kredit:

1. Memenuhi Batas Minimum Usia

Pertama, kalian harus memenuhi batas minimum usia. Jadi, sebaiknya kalian mengecek batas minimum usia di bank yang ingin kalian tuju. Biasanya, batas minimum usia mulai dari rentang 20-an. Menurut OJK, batas minimumnya adalah 21 tahun.

2. Memenuhi Batas Minimum Penghasilan

Syarat kedua adalah memenuhi batas minimum penghasilan. Setiap bank memilki kebijakannya sendiri. Misal calon nasabah harus memiliki penghasilan sebesar Rp. 10.000.000 perbulannya untuk kartu kredit di bank A. Jadi, lakukanlah reseach.

3. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Kalian juga harus menyiapkan dokumen yang diminta. Secara general, dokumen yang biasanya diminta berupa fotokopi kartu identitas, fotokopi bukti penghasilan ataupun slip gaji, dan fotokopi NPWP.

Manfaat Cicilan 0%

Kartu kredit memberikan manfaat kepada penggunanya. Baik untuk meringankan si pengguna dan memberikan ruang alokasi budget untuk si pengguna. Misal, kalian ingin membeli smartphone sebesar Rp. 6.000.000. Kalian memiliki uang yang cukup untuk membeli smartphone tersebut. Akan tetapi, akan langsung habis bila kalian membelinya secara cash.

Apabila kalian menggunakan cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, maka kalian membutuhkan Rp. 2.000.000 tiap bulannya untuk membayar. Sisa Rp. 4.000.000 bisa kalian gunakan untuk hal lain. Baik untuk memenuhi kebutuhan ataupun melakukan investasi. Jadi, kalian bisa mengalokasikan budget dengan lebih bebas. 

Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Cicilan Kartu Kredit!

Sebelum kalian mengajukan angsuran kartu kredit 0%, sangat diwajibkan kalau kalian memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal-hal tersebut ialah:

1. Biaya Administrasi

Bunga 0% memang menggiurkan. Akan tetapi, bisa saja biaya administrasinya cukup tinggi. Biaya administrasi dibebankan kepada para nasabah oleh bank penerbit kartu kredit. Kebijakannya memang bermacam-macam, akan tetapi, bisa saja besar.

Misalnya, kalian memberi smartphone seharga Rp. 6.000.000 yang dicicil selama 3 bulan tanpa dikenakan bunga. Nah, biaya administrasinya anggap saja 6% dari total tagihan.

6.000.000 x 6% = 360.000

Maka, yang biaya tambahan yang harus kalian bayar adalah 360.000. Cukup pricey, kan? Jadi, sebaiknya kalian melakukan research terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

2. Limit

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah limit kartu kredit akan berkurang sesuai jumlah transaksi yang dilakukan.

Misalkan, limit kartu kredit kalian adalah Rp. 10.000.000. Karena kalian membeli sebuah smartphone seharga Rp. 6.000.000. Maka sisa limit kalian adalah 4.000.000. Limit kalian akan bertambah, sesuai dengan cicilan yang kalian bayarkan ke bank. Limit juga akan berkurang sesuai transaksi yang kalian lakukan. Jadi, pastikan untuk tidak over limit dan catat pengeluaran kalian, ya!

3. Bonus yang Terbatas

Penggunaan kartu kredit tanpa bunga memanglah sangat menggiurkan. Kebijakan bank memang tidak semuanya sama. Akan tetapi, ada beberapa bank yang menetapkan kebijakan kebijakan untuk tidak memberikan bonus tertentu kepada nasabah yang menggunakan cicilan 0%. Contohnya, tidak memberikan cashback maupun point rewards.

Jadi, kalau kalian orang yang doyan mencari promo cashback atau suka mengumpulkan point, coba cek apakah penggunaan kartu kredit 0% memberikan bonus seperti itu?

4. Terdapat Minimal Transaksi

Untuk dapat menggunakan cicilan 0%, beberapa bank juga memberikan batas minimal transaksi dan jatuh temponya.

Misalnya, bank A menyediakan fitur cicilan 0%. Akan tetapi, nasabah harus bertransaksi minimal Rp. 2.000.000 untuk tenor 3 bulan. Contoh lainnya adalah nasabah harus melakukan transaksi minimal 5.000.000 dengan tenor 6 bulan. Apabila, kalian mengajukan dengan minimal transaksi dan tenor, maka kalian tidak akan diterima.

5. Cek Merchant Afiliasi

Tips berikutnya adalah sebaiknya kalian mengecek merchant apa yang bekerjasama dengan bank tersebut dan memperbolehkan diri kalian untuk menggunakan fitur cicilan 0%. Cek apakah produk yang ditawarkan oleh merchant tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian atau tidak.

Hal ini dilakukan agar kalian bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin, karena rasanya sayang kalau kalian tidak bisa menggunakan fitur tersebut karena tidak ada produk yang cocok dengan kalian.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengajukan cicilan kartu kredit. Tetap pastikan agar penggunaanya sesuai dengan kebutuhan kalian dan pastikan untuk tetap membayar tepat waktu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ya!

Btw, kalau kalian sedang mencari tempat pinjaman alternatif selain kartu kredit, bisa lho kalian menggunakan pinjaman bank online! Salah satunya adalah LINE Bank! Limit-nya bisa mencapai Rp. 3.000.000.000 lho! Yuk, coba klik banner di atas dan cari tahu berapa limit pinjaman kalian! Gak bakal lama kok!

Psst, lagi ada promo pengguna baru buat kalian kalau daftar LINE sekarang! Bisa lho, dapet cashback sampai Rp. 1.100.000. Gak usah khawatir juga merchant-nya apa, karena banyak banget promo yang bisa kalian dapatkan kalau join LINE Bank! Bisa cek sekarang! Tunggu apalagi? Ayo bergabung dengan LINE Bank dan rasakan berbagai manfaatnya!

https://linebank.co.id/id/promo/30009

Baca juga: 10 Cara Mencegah Overspending saat Menggunakan Kartu Kredit
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325