10 Cara Mencegah Overspending saat Menggunakan Kartu Kredit

10 Cara Mencegah Overspending saat Menggunakan Kartu Kredit

Hi Sobat LINE Bank!

Hayo, jujur, siapa yang kadang-kadang suka gak sadar kalau udah overspending, terutama pas lagi pakai kartu kredit? Kebiasaan ini jika

 dilakukan terlalu sering dan tanpa kontrol, bisa bikin kesehatan finansial kamu memburuk, lho! Kamu bisa terlibat dalam utang berkepanjangan yang berujung pada gali lobang tutup lobang. 

Nah, biar hal tersebut gak kejadian di kamu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara mencegah overspending saat pakai kartu kredit. Yuk, siapkan catatan!

Cara Mencegah Overspending Saat Menggunakan Kartu Kredit

Ketika memilih menggunakan kartu kredit, berarti kamu juga harus bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Nah, untuk mengontrol kebiasaan overspending, yuk simak tips berikut mengenai cara mencegahnya!

1. Menetapkan Budget Belanja 

Sebelum mulai belanja, kamu wajib tentuin dulu apa saja kebutuhan kamu dan berapa budget yang akan dihabiskan untuk hal tersebut. Tapi, kamu juga harus bisa memastikan kalau dana yang sedang kamu anggarkan memang bertujuan untuk membeli barang kebutuhan yang cukup urgent. Menentukan budget belanja ini juga bikin kita gak mudah tergoda buat beli barang-barang yang gak perlu.

2. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah membatasi penggunaan kartu kredit. Lebih baik gak usah bawa kartu kredit ke mana-mana, kecuali kalau memang ada keperluan penting, biar gak tergoda buat belanja impulsif. Soalnya, kadang, ketika kartu kredit ada di genggaman, kita jadi merasa leluasa dalam menggunakannya dan berujung pada overspending.

3. Membuat Daftar Prioritas

Membuat daftar prioritas mungkin adalah salah satu tips yang seringkali kamu dengar supaya dapat mengontrol pengeluaran. Tapi, hal ini memang benar, lho! membuat daftar prioritas penting kamu lakukan untuk menetapkan besaran budget belanja setiap bulan. Prioritaskan kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu dan pilih harga terbaik yang sesuai dengan budget. Gak perlu beli semua barang yang kita pengen, fokus saja sama barang yang bener-bener kita butuhin.

4. Membuat Wishlist 

Saat menyusun daftar prioritas, kamu juga boleh kok menyusun daftar wishlist atau keinginan belanja. Nah, tulis dulu semua barang dan kebutuhan yang masuk dalam keinginan kamu, lalu biarkan daftar tersebut mengendap selama beberapa waktu, bisa dua sampai tiga minggu. Kalau kamu masih kepikiran sama barang tersebut, baru deh kita pertimbangkan untuk memasukkan ke dalam budget dan anggaran.

5. Pantau Tagihan Bulanan

Selalu cek tagihan kartu kredit kita tiap bulan, ya, Sobat LINE Bank! Biar kita bisa melihat dengan jelas berapa nominal yang sudah kita habiskan untuk keperluan dan kebutuhan yang sudah terbeli. Jika kamu merasa pengeluaran pada kartu kredit masih melebihi anggaran yang seharusnya, kamu patut waspada. Mulailah untuk mengontrol dengan mematuhi anggaran yang sudah kamu buat.

6. Hindari Minimum Payment

Kalau bisa, bayar tagihan kartu kredit kita full setiap bulan. Kalau cuma bayar tagihannya sesuai dengan minimum payment, bunga yang ditagihkan kepadamu nantinya bisa menumpuk dan membuat kita overspending terus-terusan hanya untuk membayar utang dan tagihan.

7. Gunakan Fitur Pengingat

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengingatkan jadwal pembayaran dan jatuh tempo tagihan kartu kredit. Melewatkan jadwal tagihan, bisa membuatmu membayar lebih banyak karena terkena denda. Banyak aplikasi kartu kredit yang punya fitur pengingat jatuh tempo pembayaran. Aktifin fitur ini biar kita gak lupa bayar tagihan dan terhindar dari denda.

8. Hindari Godaan Diskon

Siapa yang kadnag suka tergoda kalau ada potongan harga atau diskon? Sekali-kali mungkin boleh, ya, kalau memang kamu membutuhkannya. Namun, godaan ini kadang bikin overspending karena kamu yang tadinya tidak berencana membeli apapun, malah jadi tergoda dan akhirnya memutuskan untuk membeli. Padahal sebetulnya kamu gak butuh-butuh banget. Yuk, tetap fokus sama budget atau anggaran yang sudah kita atur dan sesuaikan dengan kebutuhan!

9. Manfaatkan Cashback atau Rewards

Bank penyelenggara layanan kartu kredit, biasanya punya banyak program diskon, loyalty, atau bahkan rewards. Kamu bisa, nih, pilih kartu kredit yang punya program tersebut dan manfaatkan setiap kesempatan yang ada. Untuk kebutuhan penting, namun tidak begitu mendesak, kamu bisa menunggu program ini diumumkan bank penyelenggara terlebih dahulu, baru kemudian berbelanja. Cara ini bikin kita bisa dapetin keuntungan tambahan tanpa harus overspending, sekaligus memaksimalkan manfaat dari kartu kredit yang dipakai.

10. Melibatkan Teman atau Keluarga

Kamu juga bisa meminta pendapat atau bantuan orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk memantau dan mengontrol kebiasaan overspending-mu. Diskusikan pengeluaran kita bersama mereka untuk memperoleh saran terkait pengeluaran. Kadang mereka punya perspektif yang berbeda dan bisa bikin kita mikir dua kali sebelum beli sesuatu.

Jadi, itu dia beberapa tips dan cara mencegah overspending saat pake kartu kredit. Kamu bisa menerapkan cara di atas untuk mengontrol pengeluaranmu dan jangan lupa untuk selalu konsisten, ya!

By the way, yuk gabung jadi bagian dari LINE Bank dan buka rekening tabungannya sekarang! Kamu bisa menikmati berbagai promo menarik dan cashback spesial pengguna baru hingga Rp. 1,100,000 sampai 31 Desember 2023!

Nikmati juga layanan Kredit Tanpa Agunan dan quick credit dana cepat cair dari LINE Bank sekarang, ya! Download aplikasinya di sini.

cara mencegah overspending

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324