Hati Kembali Suci, Dompet Kembali Terisi Pasca Lebaran

Hati Kembali Suci, Dompet Kembali Terisi pasca lebaran

Hari Kemenangan sudah tiba, Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk semua Sobat LINE Bank yang merayakan. Idul Fitri sendiri bisa berarti kembalinya kita kepada keadaan “suci”, “bersih”, atau bebas dari segala dosa dan noda sehingga berada dalam kesucian (fitrah atau fitri) alias dosanya nol. Tapi ingat ya setelah lebaran yang nol itu dosa, bukan isi dompet atau saldo tabungan.

Yang biasanya membuat dompet ikutan “bersih” adalah persiapan menjelang dan saat lebaran. Atau bisa dibilang melakukan detoks dalam keuangan. Bagus banget kalau persiapannya makin rajin beribadah, makin rajin mencari pahala, membersihkan rumah yang jarang-jarang dibersihkan sebelum lebaran. Yang bahaya kalau sangking semangatnya kita melakukan persiapan berlebihan yang menguras kantong, sampai kita lupa kalau masih ada kehidupan setelah lebaran. Padahal, puasa di bulan Ramadan mengajarkan kita untuk mengendalikan hawa nafsu, bukan justru sebaliknya. Sejak bulan Ramadan atau bahkan sebelumnya harusnya kita sudah memperhitungkan pengeluaran-pengeluaran ini agar tetap bisa “hidup” sampai gaji berikutnya. Tetaplah berusaha tenang dan lakukan ekstra perbaikan untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan:

1. Periksa Kembali Kondisi Keuangan Saat Ini

Lakukan evaluasi dan pencatatan pengeluaran sebelum dan selama lebaran agar kita bisa tahu penyebab pengeluaran menjadi berlebihan. Setelah itu kita bisa mulai mengganti pos-pos yang terpakai. Bila memakai dana darurat lakukan juga evaluasi pada pos ini berapa besar dana yang terpakai untuk kemudian mengganti dana darurat yang terpakai tersebut.

Hasil evaluasi ini juga bisa menjadi acuan untuk momen lebaran tahun berikutnya agar tidak menggangu kondisi keuangan setelah lebaran. Kamu juga akan dipermudah dalam mengelola keuangan karena adanya fitur Multi Rekening. Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu!

2. Lunasi Utang Konsumtif

Bila selama lebaran atau untuk persiapan lebaran menggunakan kartu kredit atau punya cicilan lainnya, hal penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah membayar tagihan utang tersebut. Jangan ditunda-tunda ya, semua utang konsumtif harus segera dilunasi karena semakin ditunda semakin berat beban kita di bulan-bulan berikutnya. Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan dengan konsisten untuk membantu pemulihan kondisi finansial setelah Lebaran.

3. Mulai Menabung dan Susun Anggaran Kembali

Masa liburan akan segera usai, sekarang saatnya kembali pada kenyataan keuangan saat ini. Mulailah mengisi kembali tabunganmu. Agar terhindar dari godaan untuk menghabiskan uang, sebaiknya menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu dan tidak menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung. Susun kembali anggaran untuk bulan berikutnya, jangan mengulangi kesalahan yang sama.

4. Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Penuhi kebutuhan-kebutuhan utama terlebih dahulu. Dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa dialihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama. Untuk beberapa bulan kedepan sampai kondisi keuangan pulih hindari belanja barang–barang yang tidak diperlukan dan nongkrong-nongkrong yang gak bermanfaat. Kembali bekerja, mengumpulkan uang, perketat anggaran belanja, dan berhematlah, tanamkan dalam pikiran bahwa kondisi keuangan kita saat ini sedang dipulihkan. 

5. Siapkan Pos Pengeluaran Jangka Panjang

Walaupun sedang berusaha memulihkan keuangan setelah lebaran, namun jangan lupa untuk menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang sudah disiapkan ini dapat membantu kesiapan finansial Sobat di masa depan.

Nah itu dia mengenai cara singkat dalam menyehatkan uang pasca lebaran.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Ampuh Berbenah Keuangan Saat Ramadhan

Bagikan ke Temanmu