Hari Chuseok; Hari Raya Thanksgiving ala Korea yang unik

Hari Chuseok NCT Dream
Source: Instagram NCT-Dream

Sobat LINE Bank, kamu tau ngga sih apa itu Chuseok? Hari raya ini disebut sebagai Thanksgiving Korea. Hari Chuseok ini salah satu hari raya penting di Korea.

Apa itu Chuseok?

Mengapa disebut Chuseok? Chuseok merupakan satu diantara tiga hari libur di Korea, bersama dengan Seollal dan Dano. Chuseok juga disebut sebagai Hangawi. “Han” memiliki arti besar, dan “gawo” berarti hari ke-15 di bulan kedelapan atau musim gugur.

Chuseok ini mirip dengan hari raya Thanksgiving, dimana masyarakat akan berterima kasih dan mengucapkan syukur kepada para leluhur atas hasil panen. Mirip seperti di Indonesia saat Lebaran, orang Korea juga punya tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik  saat perayaan Chuseok.  

Ada beberapa tradisi atau acara adat yang terjadi saat Chuseok dilakukan oleh masyarakat Korea.

Jadi pada saat pagi hari Chuseok, semua anggota keluarga akan berkumpul di rumah kepala keluarga untuk mengadakan upacara peringatan (charye) untuk menghormati leluhur mereka.

Upacara formal charye diadakan dua kali dalam setahun, yakni ketika Seollal dan Chuseok. Saat charye, anggota keluarga akan menyiapkan beras yang baru dipanen, alkohol, dan songpyeon (kue beras setengah bulan) untuk persembahan kepada para leluhur.

Lalu setelah selesai upacara peringatan, semua anggota bisa langsung menyantap makanan yang telah dihidangkan.Tradisi chuseok lainnya adalah Seongmyo yaitu mengunjungi ke makam leluhur. 

Selama Seongmyo, anggota keluarga akan membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar pusara dan melakukan upacara peringatan sederhana sebagai bentuk penghormatan.

Di zaman modern ini tradisi chuseok juga telah berkembang yaitu adalah saling memberi hadiah. Orang Korea akan memberikan hadiah kepada kerabat,teman dan kenalan bisnis untuk menunjukkan terima kasih dan penghargaan mereka.

Hidangan Khas Chuseok

Salah satu hidangan paling khas dan penting ada pada saat Chuseok adalah songpyeon. Songpyeon merupakan makanan yang dibuat dari tepung beras yang diuleni menjadi bulat. Setelah itu, adonan tersebut diisi dengan biji wijen, buncis, kacang merah, chestnut, atau bahan bergizi lainnya.  Selama proses pengukusan, kue beras dilapisi dengan daun pinus untuk menambah aroma harum pinus.

Hidangan Chuseok penting lainnya adalah alkohol tradisional dan pajeon (pancake khas Korea). Jeon dibuat dengan irisan ikan, daging, dan sayuran, lalu menggorengnya dengan adonan tepung dan telur. Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan alkohol tradisional Korea.

Permainan Khas Chuseok

Ada juga permainan yang dimainkan saat Chuseok ini diadakan sebagai hiburan dan permainan rakyat. Diantaranya adalah ganggangsullae yang merupakan tarian rakyat tradisional yang awalnya dibawakan untuk menghasilkan panen yang berbuah.

Sekelompok wanita yang mengenakan hanbok akan menari sambil bergandengan tangan dalam lingkarang sambil menyanyikan lagu. Kemudian ada juga ssireum yang merupakan gulat tradisional Korea. Para pria akan bertanding satu lawan satu di dalam lubang pasir melingkar.

Nah, itulah informasi tentang hari chuseok yang peran nya sangat penting dalam budaya korea.

Sobat LINE Bank, juga pasti mau dong sesekali merasakan suasana saat hari chuseok secara langsung? Tapi sayang nya belum ada budget untuk traveling ke Korea? Eitss ngga usah khawatir lagi Sobat LINE Bank! Karena LINE Bank akan membantumu mewujudkan mimpimu! Solusinya yaitu tinggal ajukan saja KTA LINE Bank mu! kamu juga bisa lho cek simulasi kreditmu disini!

Ada dari Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Baca juga : Viral drama korea menjadi peluang usaha

Bagikan ke Temanmu