Gimana Sih Caranya Merdeka Finansial?

Menurut kamu merdeka itu apa sih? Pada dasarnya merdeka artinya bebas atau bisa berdiri sendiri. Nah kalau kamu pribadi apasih yang ingin kamu raih secara merdeka? Ada banyak kemerdekaan yang bisa kita capai, salah satunya merdeka finansial.

Merdeka finansial dapat diartikan sebagai situasi di mana kamu nggak perlu lagi khawatir atau takut akan kondisi keuanganmu. Berbagai kebutuhan hidup sehari-hari dapat kamu penuhi, begitu pula dengan gaya hidup.Pada saat bersamaan, kamu punya aset cukup bukan hanya untuk hari esok tapi juga masa depan.

Tapi ingat yaa, merdeka finansial itu nggak sama dengan memiliki kekayaan yang tanpa batas lho! Memang merdeka finansial memiliki arti berbeda beda tiap individu, tapi terlepas dadi definisinya. Gimana sih caranya atau apa yang langkah yang harus dilakukan untuk bisa merdeka finansial? Yuk disimak!

Gimana Sih Caranya Merdeka Finansial?

1. Tentukan tujuan hidup atau goals kamu

Untuk dapat melangkah secara pasti, kamu perlu terlebih dahulu menentukan tujuan. Oleh karena itu, dalam hal merdeka finansial kamu perlu menentukan tujuan hidup atau tujuan keuangan yang ingin kamu capai. 

Seperti apa sih tujuan hidup yang dimaksud? Misalnya, pada usia berapa kamu ingin pensiun? Berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk bisa menjalani masa pensiun bebas dari rasa cemas? Lalu, apakah punya rumah sendiri penting bagimu? Jika ya, kapan kamu ingin bisa punya rumah sendiri?

Hal penting lain untuk diingat, tujuan hidup kamu nggak perlu sama dengan orang lain. Tentukanlah tujuan hidup yang menurutmu penting untukmu.

2. Bikin perencanaan keuangan yang matang

Saat tujuan hidup sudah jelas, kamu dapat mulai membuat perencanaan keuangan yang matang melalui budgeting. Berbagai pengeluaran dapat kamu pisahkan ke dalam posnya masing-masing. Mulailah dengan pengeluaran prioritas terlebih dahulu. Contoh pengeluaran prioritas adalah pembayaran tagihan, kebutuhan makan sehari-hari serta transportasi.

Selain pengeluaran prioritas, kebutuhan yang nggak kalah penting untuk dibuat budget-nya adalah tabungan. Jika ingin merdeka finansial, maka tentu kamu harus memiliki tabungan dalam jumlah yang cukup sehingga nggak ada lagi rasa was-was, stres atau apapun yang negatif yang berkaitan dengan urusan keuangan.

Perencanaan keuangan yang matang dapat membantu kamu dalam mengendalikan penggunaan uang agar nggak ada lagi pengeluaran berlebih atau overspending.

Nah pas banget kalau kamu pakai LINE Bank, kamu bisa menggunakan fitur multi rekening juga lho!  Dengan menggunakan fitur Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

3. Bersih-bersih keuangan

Kalau punya utang yang belum lunas, kamu dapat mencari cara untuk bisa segera melunasinya. Apalagi jika utang muncul karena gaya hidup konsumtif, FOMO dan berbagai alasan lain yang membuat utang masuk ke dalam kategori utang konsumtif, bukan utang produktif.

4. Punya strategi keuanganmu

Strategi jangka pendek dan jangka panjang ini erat kaitannya dengan tabungan. Jika minggu depan terjadi sesuatu yang nggak kamu rencanakan dan membutuhkan dana yang cukup banyak untuk mengatasinya, apa yang kamu lakukan?  Kamu dapat langsung ambil uang dari dalam tabungan dana darurat. Oleh karena itu, penting mengaplikasikan strategi jangka pendek seperti menabung dana darurat.

Lalu, untuk strategi jangka panjang, kamu bisa berinvestasi atau menyimpan uang di tempat di mana kamu nggak akan tergoda untuk memakai uang. Karena, uang akan dipakai untuk memenuhi tujuan jangka panjang, yang baru akan terpenuhi mungkin 10 atau 20 tahun dari sekarang.

Deposito bisa menjadi pilihan kamu saat mengaplikasikan strategi jangka panjang. Apalagi jika menabung deposito di LINE Bank dapat Cashback lho, khusus kamu pengguna baru, Jika buka rekening LINE Bank bisa dapat cashback hingga Rp 1,1 juta.

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Hindari 4 Spending Habits Ini,Bikin Keuangan Nggak Sehat

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285