Cara Menjalani Frugal Living, Apasih Manfaatnya?

Cara Menjalani Frugal Living, Apasih Manfaatnya?

Hi Sobat LINE Bank,

Belakangan ini, istilah frugal living menjadi pembahasan yang cukup menarik nih di berbagai kalangan. Eits tapi kamu udah paham belom sih tentang gaya hidup frugal?

Sebenarnya sederhananya, istilah frugal living mengacu pada gaya hidup hemat sehingga jumlah pengeluaran lebih sedikit dan kamu dapat menabung lebih banyak.

Meskipun begitu, menjalani frugal living bukan berarti terlalu irit ya. Dalam hal ini, kamu memiliki kesadaran penuh saat mengeluarkan uang. Jadi, kamu akan mengeluarkan uang/biaya untuk hal-hal penting aja. Dengan begitu, kamu bisa mencapai kesejahteran finansial di masa depan.

Tapi sebenarnya gimana sih cara menjalani frugal living ? Yuk cek disini ya :

1. Catat Setiap Pengeluaran

Untuk dapat menjalani gaya hidup frugal, cobalah untuk selalu mencatat pengeluaran sehari-hari. Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk dapat hidup hemat.

Dengan adanya catatan, kamu pun bisa mengetahui ke mana saja uang yang dikeluarkan. Ke depannya, catatan pengeluaran ini juga dapat menjadi bahan evaluasi.

Jadi, kamu akan memiliki pengingat agar tetap bisa mengeluarkan uang dengan bijak. Kamu pun dapat terhindar dari belanja barang-barang yang tidak perlu.

2. Lebih Banyak Menabung

Tujuan utama menjalani frugal living ialah memeroleh kemerdekaan finansial. Oleh karenanya, pastikan kamu selalu menabung lebih banyak agar cepat mencapai tujuan tersebut.

Dengan menjalani hidup hemat, kamu akan memiliki uang yang lebih banyak untuk digunakan sebagai tabungan masa depan.

Dalam hal ini, tabungan yang dimaksud bisa berbentuk uang atau aset investasi lain. Apapun jenis tabungan atau investasi yang kamu pilih, pastikan bisa konsisten.

Jadi, tujuan kamu untuk mencapai kebebasan finansial akan cepat tercapai.

3. Manfaatkan Promo

Untuk menunjang hidup hemat kamu dalam menjalankan frugal living, cobalah untuk manfaatkan promo setiap berbelanja.

Contohnya, memanfaatkan promo-promo LINE Bank yang nguntungin kamu. Cek Promonya di sini ya!

4. Manfaatkan Barang Bekas

Cara berhemat selanjutnya yang bisa kamu lakukan guna menjalani frugal living ialah dengan coba memanfaatkan barang-barang bekas.

Cobalah untuk memaksimalkan penggunaan barang bekas sehingga kamu tidak perlu membeli barang baru.

Hal ini bisa kamu wujudkan dengan berbelanja produk secondhand atau preloved yang masih layak dipakai. Jadi, uang yang dikeluarkan lebih sedikit dan barang yang dibeli masih memiliki nilai guna.

5. Biasakan Memasak untuk Konsumsi Sehari-hari

Trik lainnya yang dapat kamu jalani selama melakukan gaya hidup frugal, yaitu coba biasakan diri untuk melakukan meal preparation.

Maksudnya ialah terbiasa membuat daftar makanan yang ingin kamu konsumsi sehari-hari dan pastikan untuk mengolahnya sendiri.

Dibandingkan dengan membeli makanan dari luar, akan lebih hemat jika kamu memasaknya sendiri di rumah.

6. Hindari Gengsi dan FOMO

Agar gaya hidup hematmu berhasil, cobalah untuk mengurangi rasa gengsi dan FOMO (fear of missing out) atau takut ketinggalan zaman dengan suatu hal yang trendi.

Ingatlah selalu bahwa hidup ini terus berjalan, jadi wajar apabila ada banyak hal baru yang bermunculan. Namun, pastikan kamu selalu memiliki kemampuan untuk menahan diri.

Jangan sampai rasa gengsi mengalahkan segalanya dan menggagalkan rencana hidup hemat kamu.

7. Mampu Menentukan Skala Prioritas

Orang-orang yang menjalani frugal living biasanya bisa menabung lebih banyak uang karena mampu hidup sederhana.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa menentukan skala prioritas. Dengan mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu di samping keinginan.

Dengan menentukan skala prioritas, kamu bisa menghemat pengeluaran. Jadi, uang yang ada bisa ditabung untuk keperluan lain dan kehidupan di masa depan.

Fokuslah pada masa depan karena kehidupan kamu di hari esok tidak akan tahu seperti apa. Agar bisa bertahan hidup dengan baik nantinya, berinvestasilah sedini mungkin.

Manfaat Frugal Living

Lantas, apa saja manfaat menjalani gaya hidup frugal? Berikut manfaatnya yang bisa kamu rasakan, semoga bisa membuatmu semakin termotivasi.

  1. Masa depan lebih terjamin
  2. Bisa lebih mudah mencapai kemerdekaan finansial
  3. Membuat hidup lebih tenang
  4. Membantu Lingkungan Tetap Lestari, dengan memanfaatkan barang bekas

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjalani frugal living beserta manfaatnya. Sudahkah kamu menerapkannya?

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Tips Mudah Biar Keuangan Aman Saat Tanggal Tua

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 286