Tips Mudah Biar Keuangan Aman Saat Tanggal Tua

Tips Mudah Biar Keuangan Aman Saat Tanggal Tua

Mana Sobat LINE Bank yang suka panik kalau mendekati akhir bulan atau tanggal tua? Buat beberapa orang memang kondisi ini menjadi permasalahan yang kompleks. Gimana sih caranya agar ketika tanggal tua mendekati, kamu tetap terasa seperti tanggal muda? Tenang saja, kamu hanya perlu tahu strategi mengatur keuangan yang jitu. Dengan mengikuti tips ini, setiap hari akan terasa seperti tanggal muda. Cek yuk tips berikut ini!

1. Buat Rencana Keuangan & Daftar Pengeluaran Rutin

Ketika kamu mendapatkan uang, adalah hal yang wajar jika kamu merasa senang. Sepertinya saat itu juga semua ingin kamu lakukan dan semua barang ingin kamu beli. Bahkan, bisa jadi kamu lupa bahwa dalam 1 bulan ada 30 hari yang harus kamu jalani, dan setiap hari membutuhkan biaya.

Faktor pertama yang menyebabkan kesulitan keuangan ketika sudah tanggal tua adalah karena kurangnya kemampuan dalam mengatur keuangan. Jika ingin keuanganmu aman sampai akhir bulan, mulailah untuk membuat perencanaan keuangan.

Buatlah daftar pengeluaran rutin yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Dengan cara ini kamu tahu berapa sisa uang dari gajimu dan apa langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Setelah kamu menyiapkan dana untuk kebutuhan rutin, maka kamu harus juga menyiapkan dana untuk kebutuhan lainnya seperti tabungan atau membayar cicilan.

2. Kendalikan Pengeluaran yang Tidak Penting

Ketika penghasilan kamu belum bertambah, maka langkah bijak yang bisa kamu ambil adalah menekan pengeluaran. Mulailah menghentikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Ada beberapa langkah sederhana, tapi pastinya sangat efektif dalam menekan pengeluaran.

Kurangi kebiasaan untuk nongkrong di cafe. Mungkin saja kamu beralasan bahwa nongkrong tujuannya adalah untuk menghilangkan stres akibat tekanan pekerjaan. Tetapi bisa saja kemudian muncul stres baru karena kamu sudah kekurangan uang di akhir bulan.

Langkah selanjutnya untuk menekan pengeluaran adalah dengan membawa bekal dari rumah. Setiap orang pasti membutuhkan makanan secara rutin. Biaya makan bisa menjadi besar bila kamu terbiasa membeli makanan, apalagi di kota-kota besar.

3. Mulai Menabung dan Berinvestasi

Penting untuk memiliki uang tabungan. Idealnya adalah kamu menabung segera setelah menerima pendapatan, bukan setelah selesai membayarkan semua biaya. Ketika kamu memiliki kebiasaan menabung di awal menerima uang, kamu akan terbiasa mengeluarkan biaya sesuai yang tersisa.

Cara ini juga menjadi langkah yang efektif dalam menekan pengeluaran. Ketika kamu sadar tidak ada lagi uang yang bisa kamu pakai, maka kebiasaan nongkrong dan membeli makanan akan berkurang.

Selain menabung, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah berinvestasi. Kenaikan harga dan biaya hidup harus kamu sertai dengan meningkatnya aset yang kamu miliki. Salah satu jenis investasi jangka panjang, yaitu deposito. Apalagi untuk kamu pengguna baru, Jika buka rekening LINE Bank bisa dapat cashback hingga Rp 1,1 juta lho!

4. Belanja Produk Kebutuhan yang Sedang Diskon

Belanja kebutuhan rumah tangga adalah aktivitas yang harus kamu setiap bulannya. Sayangnya kenaikan barang mungkin saja terjadi di saat pendapatan kamu belum bertambah. Bagaimana langkah untuk menyiasatinya agar uang tanggal tua tetap ada?

Dengan sedikit usaha, mungkin kamu bisa menekan biaya belanja. Caranya adalah dengan sering-sering mencari informasi toko yang sedang memberikan diskon.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Bila penghasilan rutin kamu dari pekerjaan yang sekarang terasa belum cukup, ada baiknya kamu mencari pekerjaan sampingan. Cara ini juga menjadi cara yang lebih efektif dalam menggunakan waktu daripada hanya nongkrong saja. Pekerjaan sampingan bisa menjadi sumber rezeki tanggal tua.

Nah itu dia tips mudah biar keuangan aman saat tanggal tua, tertarik untuk mencobanya?

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Stres Menghadapi Tanggal Tua? Lakukan Cara ini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 330