8 Cara Mengelola Utang secara Efektif

Source: freepik

Hai Sobat LINE Bank!

Kondisi ekonomi dan finansial emang kadang susah diprediksi. Makanya, kita harus selalu jago dalam mengatur keuangan biar gak boncos di akhir bulan. 

Meskipun sudah mengatur pengeluaran sebaik-baiknya, namun terkadang kita tetap kesulitan menghindari utang. Nah, inilah saatnya kamu harus mulai mengatur strategi menganai cara mengelola utang secara efektif.

Langkah awal untuk memulainya bisa dimulai dari berpikir bijak dan tenang sebelum memutuskan untuk berutang. Selengkapnya bisa kamu cek di bawah, ya!

Apa Saja Manfaat Mengelola Utang?

Jangan salah, mengetahui cara mengelola utang dan keuangan punya manfaat signifikan yang memiliki dampak baik untuk masa depan finansial kamu. Simak, yuk, biar makin semangat mengelolanya!

1. Meningkatkan Skor Kredit

Menerapkan cara mengelola utang yang dikategorikan berhasil, diukur dari kemampuan kamu mengembalikan pinjaman tepat waktu. Jika tidak, maka skor kredit kamu di BI checking dan SLIK OJK yang akan menjadi korban. Sebaliknya, jika kreditmu lancar, maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan di masa depan terkait pinjaman dan pengajuan kredit.

2. Menghindari Tumpukan Beban Keuangan

Jika cara mengelola utang dan keuanganmu cukup bijak, kecil kemungkinan kamu akan terjebak dalam tumpukan beban utang. Sebab, beban utang yang menumpuk, menunjukkan bahwa kamu cukup bergantung pada utang untuk memenuhi kebutuhan harian dan gaya hidup. Jadi, sebisa mungkin hindari menumpuk utang. Selesaikan utang yang kamu miliki satu per satu sebelum mengajukan utang lainnya, ya!

3. Menghindari Rasa Stres Perihal Keuangan

Mengelola utang dengan bijak juga berarti terbebas dari tumpukan beban keuangan. Dampaknya pun akan sangat terasa pada kondisi mental kamu, lho! Kamu jadi tidak perlu merasa stres atau tertekan karena adanya beban utang. Meski begitu, kondisi finansial masing-masing individu tentu berbeda. Jadi, jika memang kamu membutuhkan utang, sebaiknya kamu juga harus tahu cara mengelolanya!

4. Mengasah Kemampuan Menabung

Untuk membeli kebutuhan konsumtif atau memenuhi lifestyle, sebaiknya dilakukan dengan cara menabung, alih-alih berutang. Namun, jika kamu membutuhkan barang tersebut untuk menunjang aktivitas harian, misalnya smartphone atau gadget, kamu bisa mengambil utang tersebut dengan memastikan bahwa kamu mampu untuk mengelolanya dan membayar utang tepat waktu. Makanya, kamu harus terus simak dan terapkan tips di artikel ini, ya!

5. Meningkatkan Literasi Keuangan

Meningkatkan literasi keuangan adalah salah satu cara mengelola utang yang efektif. Selama mengatur keuangan dan utang pribadi, kamu secara tidak langsung akan terus memantau dan membuat perencanaan keuangan. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih menyadari pengeluaran dan pendapatan yang masuk. Sehingga, lambat laun kamu akan mampu menentukan prioritas keuanganmu.

Cara Mengelola Utang Secara Efektif

Sudah tahu manfaat mengelola utang? Saatnya kamu praktik dengan cara mengelola utang berikut yang sudah LINE Bank rangkum buat kamu!

1. Buat Daftar Utang

Cara mengelola utang yang pertama, bis kamu mulai dengan membuat daftar lengkap semua utang yang kamu miliki. Pada daftar tersebut, sudah termasuk jumlah utang, suku bunga, dan jangka waktu pembayaran. Ini akan membantu kamu memiliki gambaran yang jelas tentang situasi keuanganmu. Melalui daftar ini, kamu juga bisa melakukan evaluasi terkait utang-utang yang kamu miliki, sisa tenor, dan suku bunga yang harus dibayar.

2. Prioritaskan Pembayaran

Setelah mengetahui jumlah utang yang kamu miliki, selanjutnya kamu bisa menentukan utang mana yang akan menjadi prioritas untuk dilunasi. Caranya adalah dengan memprioritaskan pembayaran berdasarkan tingkat bunga dan jumlah utang yang paling tinggi terlebih dahulu. Untuk utang lainnya, tetap akan dibayar atau dicicil dengan jumlah minimum.

3. Buat Anggaran

Selanjutnya, kamu bisa membuat anggaran yang realistis agar pendapatan yang kamu hasilkan dapat dikelola dengan baik untuk membayarkan utang. Kamu bisa menyisihkan sejumlah uang dari pendapatanmu setiap bulannya untuk membayar utang. Cara mengelola utang yang satu ini, bisa membuat kamu juga makin jago atur keuangan! 

4. Negosiasikan Suku Bunga

Merasa kesulitan mengembalikan utang atau pinjaman yang kamu miliki? Kamu bisa mengontak pemberi pinjaman dan melakukan negosiasi terkait suku bunga atau jangka waktu pembayaran. Jika nanti disetujui, jangan lupa untuk selalu berkomitmen melunasi cicilannya setiap jatuh tempo, ya!

5. Hindari Utang Baru 

Selama kamu sedang berusaha melunasi utangmu, sebisa mungkin jangan ambil utang baru, kecuali jika darurat. Arahkan terlebih dahulu fokusmu untuk melunasi utang-utang yang ada sebelum memikirkan utang baru. 

6. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika memungkinkan, kamu mungkin bisa mencari sumber pendapatan tambahan untuk menambah pundi-pundi demi melunasi utang. Misalnya dengan mencari pekerjaan paruh waktu, menjual barang preloved, menyewakan barang-barang yang sudah jarang dipakai, aku membuka usaha kecil-kecilan.

7. Kurangi Pengeluaran

Mengurangi pengeluaran merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan selama kamu sedang berusaha melunasi utang. Beberapa pos anggaran yang tidak begitu penting, bisa kamu coba untuk dikurangi. Misalnya berhenti membeli makanan mahal di luar dan belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan, atau memotong budget hiburan seperti jalan-jalan dan biaya langganan aplikasi streaming. Dengan menghemat, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk melunasi utang.

8. Perhatikan Kesehatan Keuangan Jangka Panjang

Selain melunasi utang saat ini, penting juga untuk memikirkan kesehatan keuangan jangka panjang. Kamu bisa mengalokasikan sedikit anggaran untuk tabungan, dana darurat, dan investasi demi membangun keamanan finansial masa depan. Saat nanti kamu berada dalam kondisi darurat dan membutuhkan dana cepat, kamu bisa menggunakan dana tersebut tanpa harus berutang. 

Cara mengelola utang di atas bisa kamu coba mulai dari sekarang. Teruslah konsisten dan disiplin agar kamu terbiasa mengelola keuangan secara lebih bijak dan efektif yang akan bermanfaat buat masa depan nanti. 

Biar lebih gampang atur keuangan dan cash flow makin lancar, yuk gunakan tabungan digital LINE Bank sekarang! Bisa bikin multi rekening yang misahin anggaran keuangan kamu biar makin rapi dan bisa dikelola lebih mudah. Bebas biaya bulanan, hingga biaya transfer dan penarikan. 

Langsung unduh aplikasi LINE Bank di sini dan dapatkan berbagai promo menariknya!

Baca Juga: 7 Cara Melunasi Pinjaman Online Tepat Waktu

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323