Apa Itu Bridge Loan? Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya

Apa itu Bridge Loan
Source: pix4free

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian pernah mendengar soal bridge loan?

Bridge loan adalah salah satu dari banyak jenis pinjaman. Apa kalian pernah dengar? Mungkin istilah itu udah familiar buat kalian yang pernah melakukan pinjaman. 

Tapi, sebenarnya apa itu bridge loan? Apa kegunaannya? Apa sih keuntungannya?

Nah, untuk tahu hal-hal di atas, di artikel kali ini LINE Bank akan membahas tentang bridge loan! Yuk disimak baik-baik, guys!

Apa itu Bridge Loan

Bridge loan adalah sebuah jenis pinjaman jangka pendek. Biasanya, pinjaman ini hanya sekitar dua minggu. Akan tetapi, ada juga yang memiliki jangka waktu sampai satu tahun.

Biasanya, digunakan oleh individu maupun perusahaan yang sedang membutuhkan uang dalam jangka waktu yang cepat dan sebentar untuk bisnis mereka.

Misalnya nih, dalam konteks bridge loan dipakai oleh sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut sedang menunggu perputaran modal dalam 3 bulan lagi. Namun, tentu saja perusahaan memiliki biaya bulanan yang harus tetap dibayarkan bukan? Tidak mungkin perusahaan ingin melepaskan kewajibannya seperti pembayaran gaji pegawai, biaya alat sewa, dan biaya lainnya.

Oleh karena itu, perusahaan mengambil pinjaman ini dikarenakan jangka waktunya yang pendek dan prosesnya yang cepat. Perusahaan menggunakan pinjaman jenis ini untuk membayar kewajiban perusahaan hingga hasil dari perputaran modal setelah 3 bulan itu turun.

Memang sih, pinjaman ini memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan pinjaman konvensional. Biasanya bunganya sekitar 1% hingga 2% dari jumlah pinjaman. Dan bahkan, bisa lebih dari itu. Akan tetapi, bunga yang tinggi ini dianggap untuk menyesuaikan resiko pinjaman yang tinggi.

Bagaimana Sistem Kerjanya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bridge loan memiliki jangka waktu yang pendek. Akan tetapi, pinjaman ini tidak jarang juga diperpanjang hingga satu tahun. Bunga untuk pinjaman ini biasanya dimulai sekitar 2%. Bunga yang lebih tinggi ini dianggap sebagai impas atas resiko untuk pinjaman ini. Perjanjian atas pinjaman ini terjadi atas kesepakan sang peminjam dan pemberi pinjaman dan juga bisa disepakati lagi. Oleh karena itulah, diberikan suku bunga minimal 2%.

Pinjaman ini juga cenderung lebih mudah diajukan oleh peminjam. Tapi, peminjam harus mempunyai hipotek jangka panjang. Hipotek jangka panjang adalah surat pernyataan bahwa dirinya telah berutang untuk jangka panjang dan peminjam dapat memindahkan sebagaian atau seluruh hak tagihannya kepada pihak ketiga.

Cara Membayar

1. Pembayaran Bulanan

Peminjam bisa membayar secara bulanan kepada pemberi pinjaman. Tergantung kepada kesepatakan kedua belah pihak.

2. Pembayaran pada Akhir Pembayaran

Pembayaran ini dilakukan ketika mendekati akhir waktu pinjaman. Namun, jenis pembayaran ini tidak berdasarkan dengan jatuh tempo hingga beberapa bulan setelah penutupan pinjaman.

Keuntungan Bridge Loan

  • Dapat digunakan untuk membeli rumah ataupun apartement baru tanpa batasan
  • Pembayaran untuk beberapa bulan ke depan bisa gratis
  • Pada kondisi tertentu, bisa membeli rumah walaupun kondisi pembelian dibatalkan

Kekurangan Bridge Loan

  • Lebih mahal dibandingkan pinjaman ekuitas rumah
  • Peminjam harus memiliki dua rumah
  • Dana pinjaman akan besar. Hal ini disebabkan harus mengurus dua hipotek untuk dua apartemen sekaligus juga harus disertai membayar bunga tambahan pinjaman.

Perbedaan dengan Pinjaman Konvensional

  • Biasanya, bridge loan memiliki proses pendanaan dan persetujuan yang lebih cepat dibandingkan pinjaman konvensional
  • Memiliki jangka waktu yang lebih singkat
  • Memiliki suku bunga yang lebih tinggi
  • Peminjam biasanya sedang sangat membutuhkan dana yang cepat
  • Kebanyakan, pinjaman ini tidak dikenakan penalti pembayaraan.

Contoh Penggunaan Bridge Loan

  • Sebuah perusahaan memiliki rencana untuk membangun sebuah pabrik baru sekitar Rp.500.000.000. Perusahaan tersebut bisa saja mengajukan corporate bonds untuk membiayai pembangunan pabrik baru ini.

Akan tetapi, untuk mendapatkan corporate bonds membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Perusahaan merasa bahwa 6 bulan adalah waktu yang lama dan bisa saja terjadi perubahan harga apabila mereka mengundurkan konstruksinya.

Oleh karena itu, perusahaan tersebut memilih untuk mengajukan bridge loan dimana proses pendanaan dan persetujuannya lebih cepat. 

  • Pada tahun 2016, Olayan America Corporation berencana membeli gedung Sony. Untuk membelinya, Olayan America Corporation mengajukan pinjaman ke ING Capital. Pinjaman ini disetujui dengan cepat. Sehingga, Olayan dan Sony bisa sepakat atas pembelian tersebut. Pinjaman tersebut telah membantu untuk menutup cost dari pembelian bangunan hingga Olayan mendapatkan dana yang lebih stabil dan berjangka panjang.

Nah itu dia beberapa hal tentang bridge loan. Jadi, sebagai pengingat “apa itu bridge loan”? Bridge loan adalah sebuah pinjaman yang digunakan oleh perusahaan maupun individu yang membutuhkan dana cepat.

Hal lain yang perlu diingat adalah, kalian sebaiknya mempertimbangan biaya total apabila kalian mengambil pinjaman ini, mulai dari bunga, dana untuk mendapatkan hipotek, dan total biaya yang akan kalian keluarkan. Sebaiknya, kalian mempertimbangkan juga dengan membandingkan dengan pinjaman lainnya.

https://linebank.co.id/id/promo/30025

Nah, salah satu instansi yang terpercaya untuk memberikan pinjaman adalah LINE Bank! LINE Bank menyediakan pinjaman KTA yang gak ribet, pengajuan yang cepat, mudah, dan bebas biaya admin. Maksimal pinjaman KTA LINE Bank juga bisa sampai Rp.300.000.000 lho! Bunganya juga rendah bisa mulai dari 0.88% per bulannya!

Psst, lagi ada promo kalau kalian ngajuin pinjaman sampai tanggal 31 Oktober 2023 nih! Bisa lho, cashback hingga Rp.2.000.000! Yuk tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan LINE Bank sekarang!

Baca juga: 5 Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan dan Cara Mendapatkannya
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324