7 Pinjaman Modal Usaha Kecil yang Aman dan Terpercaya

Pinjaman Modal Usaha Kecil
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa ada dari kalian disini yang kepikiran untuk bikin usaha? Kalian pasti keren banget! Usaha kayak gimana yang ada di Membuka usaha bukan hal yang mudah dilakukan, lho!

Nah, engga jarang juga, seseorang mundur melakukan usaha karena keterbatasan modal. Eits, gak usah khawatir! Bersama dengan LINE Bank kalian akan mengetahui dimana mendapatkan pinjaman modal usaha kecil yang aman dan terpercaya! Ayo dibaca baik-baik, guys!

1. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Pilihan pertama adalah pinjaman kredit tanpa agunan. Sesuai dengan namanya, kalau kalian mengajukan pinjaman, kalian gak perlu khawatir agunan apa yang harus kalian berikan agar diberi pinjaman!

Salah satu rekomendasinya adalah pinjaman KTA dari LINE Bank. Lewat pinjaman KTA LINE Bank, kalian tidak perlu menggunakan jaminan atau agunan dan hanya membutuhkan KTP aja lho! LINE Bank juga diawasi oleh OJK, jadi pastinya bakal aman dan terpercaya, guys! Gak bakal lama dan ribet, bahkan bisa sambil tiduran di kamar, karena kalian bisa ajukan selama kalian nyambung dengan internet ya!

Gak berhenti sampai kemudahannya, kalau kalian menggunakan pinjaman KTA dari LINE Bank, kalian engga perlu khawatir terbebani untuk membuka usaha kalian! Soalnya, bunga LINE Bank bisa mulai dari 0,88% perbulannya! Kalian juga gak perlu khawatir soal limit! LINE Bank bisa ngasih limit pinjaman hingga Rp.300.000.000!

Gampang banget lho caranya, cuma butuh KTP, download aplikasi LINE Bank, cepet diproses dan cepat cairnya lho! Pas banget buat kalian yang ingin butuh pinjaman untuk usaha kalian!

2. Pinjaman Koperasi

Pilihan kedua jatuh kepada pinjaman koperasi. Koperasi menyediakan jasa untuk memberikan pinjaman modal lewat koperasi simpan pinjam. Caranya gampang, kalian tinggal bergabung menjadi anggota koperasi, mengikuti aturan koperasi.

Bunga koperasi juga rendah jadi kalian gak perlu terlalu khawatir untuk melunasi pinjaman. 

Biasanya, untuk mengajukan pinjaman kalian membutuhkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, formulir pengajuan pinjaman, fotokopi PBB atau rekening listrik.

Oh ya, hati-hati dengan koperasi bodong ya! Sebaiknya, kalian cek nama koperasi itu sebelumnya di website koperasi!

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pilihan selanjutnya untuk mendapat pinjaman modal usaha kecil adalah menggunakan KUR. KUR adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh pemerintah untuk para penggiat UMKM dan para wirausahawan pemula yang sedang membutuhkan modal untuk usahanya.

Untuk syarat pengajuan  dan proses pengajuan KUR akan tergantung kepada bank. Namun umumnya, syarat dan proses pengajuan pinjaman kepada KUR adalah:

  • Usaha yang dimiliki sudah berjalan selama minimal 1 tahun
  • Bunga bervariasi mulai dari 2% hingga 6% pertahunnya
  • Limit pinjaman hingga Rp. 50.000.000
  • Untuk pengusaha di berbagai sektor seperti sektor pertanian, industri, perikanan, kelautan, perhutanan, dan keuangan
  • Jangka waktu pinjaman mulai dari 2 tahun hingga 5 tahun
  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki Kartu Keluarga
  • Memiliki surat izin usaha
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit

4. Peer to Peer Lending

Pilihan berikutnya jatuh kepada peer to peer lending atau juga sering dikenal dengan P2P lending. P2P lending menggunakan teknologi biasanya lewat suatu platform yang sudah disediakan oleh sebuah perusahaan.

P2P lending bekerja dengan mempertemukan para pemilik modal dan debitor. Nantinya, pemilik modal bisa memilih usaha mana yang ia ingin modalkan. Sehingga, para debitor atau para penggiat usaha ini bisa memiliki modal untuk memperkuat usahanya.

Tapi, jangan lupa pastikan kalau perusahaan ini legal ya, guys!

5. Kredit Modal Kerja

Selanjutnya adalah kredit modal kerja. Kredit modal kerja adalah pinjaman alternatif yang ditawarkan oleh bank buat orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat akan tetapi terhalang oleh modal.

6. Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura adalah jenis perusahaan yang memberikan dana untuk suatu perusahaan ataupun usaha yang menerima bantuan pembiayaan dengan jangka waktu yang ditentukan.

Biasanya diberikan lewat penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan pembagiaan atas hasil usaha sesuai dengan kesepakatan.

Hal ini menguntungkan bagi para usaha baru yang sedang membutuhkan modal namun tidak bisa meminjam ke bank karena tidak mempunyai riwayat operasional sebagai syarat pinjaman. Alias, usaha yang sangat baru.

Kalau kalian ingin mengajukan pinjaman, maka kalian harus membuat proposal yang berisi tentang usaha kalian, skema keuntungan yang akan diperoleh oleh pihak ventura, dan potensi usaha kalian ke depannya.

7. Kredit Multiguna

Nah, kalau kalian ingin mengajukan modal yang bisa dibilang cukup besar, maka kalian bisa menggunakan kredit multiguna. Tapi, kalian harus memberikan jaminan berupa aset atau harta milik kalian. Aset bisa berupa sertifikat rumah, surat kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Nantinya, berdasarkan value dari jaminan yang diberikan, bank akan memberikan jumlah pinjamannya. Akibat jumlah pinjaman yang cukup besar, biasanya jatuh tempo pinjaman juga lama, dengan maksimum jatuh tempo yaitu 10 tahun. But, don’t worry, kalau kalian bisa membayar lebih cepat juga gak apa-apa, kok!

Bunga yang diberikan biasanya berkisar antara 10 sampai 15%. Tapi, bisa saja dibawah 10%.

Nah, itu dia 7 pinjaman modal usaha kecil ala LINE Bank! Apa kalian sudah memutuskan mana pinjaman yang terbaik untuk usaha kalian? Sebelum memilih produk mana, sebaiknya kalian melakukan riset terlebih dahulu, ya!

https://linebank.co.id/id/promo/30025

Oh, ya! Kalau kalian berencana menggunakan KTA untuk membiayai usaha kalian, jangan lupa juga kalau LINE Bank sedang ada promo cashback untuk pengajuan pinjaman KTA! Cashback-nya bisa sampai Rp.2.000.000, lho! Ayo, buruan! Jangan sampai ketinggalan ya, guys! Cuma sampai 31 Oktober 2023! Yuk, gabung ke LINE Bank sekarang!

Baca juga: 5 Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan dan Cara Mendapatkannya
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324