7 Cara Melunasi Pinjaman Online dengan Tepat Waktu

cara melunasi pinjaman online

Hi Sobat LINE Bank!

Siapa, nih, di sini memiliki pinjaman online yang sedang berjalan? Deg-degan kah menunggu jatuh tempo pembayaran selanjutnya? Tenang, tenang, kamu bisa, kok, melunasi pinjaman online tepat waktu. Melunasi pinjaman online tepat waktu sebetulnya tidak perlu jadi kekhawatiran kalau kamu tahu cara jitunya dan menyiapkan anggaran khusus setiap bulan. Yuk, simak cara melunasi pinjaman online berikut sebagai bentuk tanggung jawab keuanganmu. Bye-bye worry

Apa Saja Kesalahan Saat Melakukan Pinjaman Online?

Salah satu kekhawatiran saat melakukan pinjaman online adalah menumpuknya utang pinjaman yang menyebabkanmu kesulitan dalam membayar. Untuk itu, hindari kesalahan-kesalahan berikut agar utang pinjaman online-mu tidak menggunung.

1. Berutang untuk Tujuan Konsumtif

Salah satu kesalahan mengajukan utang pinjaman online adalah menggunakannya untuk tujuan konsumtif. Salah satu contohnya adalah berutang untuk memenuhi gaya hidup yang tinggi. Nah, jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini, ya! Sebab, pada akhirnya, kamu akan kesulitan melakukan pembayaran.

Akan lebih bijak jika pinjaman online ditujukan untuk kebutuhan produktif, misalnya sebagai modal awal membangun bisnis yang potensial. Pinjaman online juga bisa menjadi alternatif saat membutuhkan dana segar untuk hal penting dan darurat, yang jika tidak dilakukan segera, akan berpengaruh terhadap produktivitasmu. 

2. Mengajukan Pinjaman Diluar Kemampuan Bayar

Kesalahan berikutnya yang menyebabkan utang pinjaman online menumpuk dan gagal dibayar karena mengajukan pinjaman diluar batas kemampuan. Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk memeriksa kembali kemampuan finansialmu agar kamu tidak kesulitan saat jatuh tempo pembayaran tiba.

Utang yang pembayarannya ditunda, akan terus menumpuk. Pada akhirnya, kamu jadi gagal bayar dan mencoreng riwayat kreditmu. Jika di masa depan kamu kembali mengajukan pinjaman dan kredit di institusi atau lembaga lain, kemungkinan permohonanmu tidak diterima akan semakin besar. Gak mau, kan, hal ini terjadi di masa depan? 

Bagaimana Cara Melunasi Pinjaman Online Tepat Waktu

Jangan khawatir saat memiliki pinjaman online yang belum lunas. Kamu bisa banget menerapkan tips berikut biar utang pinjaman gak numpuk.

1. Membuat Analisis Anggaran Bulanan

Sediakan anggaran untuk tagihan pinjamanmu setiap bulannya. Namun, jangan sampai hal ini mengganggu pos anggaran kebutuhan lainnya. Namun, jika kamu merasa pemasukanmu cenderung ngepas untuk memenuhi kebutuhan, kamu bisa menganalisis masing-masing anggaran dan pos kebutuhan.

Caranya adalah dengan melihat apakah kebutuhan bulananmu bisa diminimalkan. Ketahui pos-pos mana saja yang anggarannya bisa ditekan, atau bahkan dihilangkan. Alihkan anggaran tersebut untuk pembayaran cicilan tagihan. Misalnya anggaran nongkrong tiap bulan adalah sekitar Rp500 ribu. Nah, karena sekarang kamu punya tanggung jawab melunasi utang pinjaman, kamu bisa pangkas jumlah tersebut atau bahkan menghilangkannya. Alihkan anggaran tersebut pada pembayaran utang.

2. Memprioritaskan Pembayaran Pinjaman

Melunasi pinjaman online yang kamu miliki harus menjadi prioritas keuanganmu. Apalagi kalau sudah dekat dengan tenggat waktu. Kesampingkan anggaran dana untuk beberapa pos anggaran yang bisa ditunda, misalnya traveling, self-reward, atau lifestyle. Lalu, jika kamu memiliki beberapa utang pinjaman sekaligus yang harus dilunasi, maka kamu dapat memprioritaskan untuk melunasi utang dengan bunga paling besar dan tenor paling singkat.

3. Disiplin dan Konsisten 

Cara melunasi pinjaman online berikutnya adalah dengan menjaga konsistensi dan disiplin. Ini adalah bentuk tanggung jawabmu sebagai peminjam. Utang pinjaman biasanya akan berlangsung selama beberapa bulan sesuai ketentuan. Katakanlah kamu mengambil jangka waktu enam bulan untuk melunasi pinjaman, berarti dalam rentang waktu tersebut, kamu wajib konsisten dan disiplin dalam menyisihkan anggaran bulanan untuk pembayaran utang.

4. Menjual Barang-Barang

Salah satu solusi yang bisa berguna untuk kamu coba adalah menjual beberapa barang berharga atau barang-barang fashion yang menumpuk di lemari sebagai langkah awal jika tak lagi memiliki anggaran khusus untuk melunasi pinjaman. Langkah ini bisa jadi opsi pertama dan cukup baik dilakukan sebab kamu dapat memperoleh dana yang bisa digunakan untuk melunasi pinjaman online tepat waktu.

5. Saatnya Pakai Dana Darurat

Jika kamu masih kesulitan dalam disiplin, konsisten, atau belum bisa memprioritaskan pembayaran pinjaman, maka mungkin ini adalah saat-saat di mana kamu akhirnya harus berpisah dengan dana darurat yang selama ini dikumpulkan dan disimpan. Segera lunasi utang pinjaman online menggunakan dana darurat tersebut, terlebih ketika pinjamanmu sudah memasuki tahap jatuh tempo. 

6. Hindari Metode Gali Lobang Tutup Lobang

Hayo, siapa yang kepikiran untuk pakai metode ini? Jangan, ya! Sebab, metode ini hanya akan membuat pinjamanmu semakin menumpuk gak ada habisnya. Kamu harus kembali memikirkan mengenai pelunasan pinjaman di lembaga keuangan berikutnya. Belum lagi jika mereka memiliki suku bunga yang lebih tinggi, atau tenor pembayaran yang singkat. Siap-siap putar otak lagi untuk melunasi!

7 . Manfaatkan Pinjaman Bunga Rendah

Nah, salah satu solusi aman agar kamu tetap bisa melakukan pinjaman online dan melakukan pelunasan tepat waktu adalah memilih layanan penyedia pinjaman dengan suku bunga rendah. Kamu juga bisa mengambil jangka waktu pinjaman lebih lama agar pembayaran terasa lebih ringan. 

Nah, itu dia informasi mengenai cara melunasi pinjaman online tepat waktu. Pinjaman online resmi di LINE Bank pastinya bikin kamu bebas worry dan makin tenang karena memiliki bunga rendah dengan jangka waktu cicilan hingga 60 bulan. Yuk, buka rekening LINE Bank sekarang dan dapetin keuntungannya! Download aplikasi LINE Bank di AppStore atau PlayStore yuk!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325