Cara Membuat Buku Tabungan Sendiri di Rumah: Penting Ngga Sih?

cara membuat buku tabungan sendiri di rumah
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian berencana menabung di rumah? Kalian bisa banget membuat buku tabungan sendiri yang mencatat segala transaksi kalian! Terus, bagaimana cara membuat buku tabungan sendiri di rumah ya? Nah, kalian gak perlu khawatir, karena disini kita bakal jelasin step by step baik buat kalian yang suka membuat dengan tangan atau dengan gadget! Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Cara Membuat Buku Tabungan

Kalau kalian lebih menyukai membuat buku tabungan dengan cara biasanya agar bisa merasakan alat tulis dan terasa lebih real, maka kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan Keuangan

Hal yang pertama di lakukan adalah menulis tujuan mengapa kalian menabung. Hal ini dilakukan biar kalian makin termotivasi dan semangat dalam menabung. Karena terkadang, kita akan malas menabung, namun jika menulis tujuan kita melakukan hal ini, bisa membuat kita teringat oleh tujuan kita di awal!

2. Pakai Buku Catatan yang Menarik

Menabung bukanlah sebuah kegiatan yang mudah, apalagi mencatat transaksi setiap harinya. Karena terkadang kita bisa kena rasa malas dan berpikir “oh ya udah nanti saja mencatatnya” eh, malah kelupaan sampai akhir, dan justru kita lupa transaksi apa yang kita lakukan pada hari itu.

Agar kalian semakin termotivasi setiap harinya, kalian bisa membeli buku yang menarik atau menghias buku tabungan kalian semenarik mungkin. Dengan cara itu, semoga rasa malas bisa berkurang, ya!

3. Buat Tabel

Hal yang harus kita lakukan berikutnya adalah membuat tabel. Tabel tersebut bisa berisi hari dan tanggal, pemasukan yang kita dapat hari itu, darimana kita mendapatkan pemasukan tersebut, apakah ada pengeluaran di hari itu, kita mengeluarkan uang untuk apa, dan saldo akhir di hari itu. Sebagai contoh, kalian bisa membuat tabel seperti ini:

4. Catat Pengeluaran Pemasukan

Kemudian, setelah membuat tabel catatan tabungan, hal yang bisa kalian lakukan adalah memasukan pengeluaran dan pemasukan. Catatlah setiap hari ketika kalian menabung dan ketika kalian mengambil uang dari tabungan dan dengan cara tersebutlah kalian bisa terhindar dari kejadian “eh, memangnya aku pakai uang buat apa saja ya?” dan bisa memonitor proses kalian dalam menabung dengan lebih jelas. Berikut ini contoh pengisian tabel buku tabungan.

5. Lakukan Setiap Hari

Kunci dari cara membuat buku tabungan sendiri di rumah adalah hal secara konsisten mencatat setiap hari. Jika bisa pula, kalian mencetat secepatnya setelah menabung atau ketika menarik tabungan, agar bisa melihat perkembangan tabungan kalian secara langsung. Menulis setiap hari memang bukan hal yang gampang untuk semua orang, tapi, manfaatnya tentu saja ada! Salah satunya adalah untuk memonitor keuangan dan tabungan.

Cara membuat Buku Tabungan Modern

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang menggunakana gadget untuk beraktivitas. Nah, kalau kalian lebih suka menggunakan gadget kalian entah itu komputer, laptop, atau handphone, kalian bisa menggunakan metode ini. Yuk, cari tahu caranya!

1. Menggunakan Spreadsheet

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka spreadsheet. Baik jika kalian ingin menggunakan aplikasi Microsoft Excel atau menggunakan Google Spreadsheet. Microsoft Excel memiliki fungsi yang lebih banyak, akan tetapi menggunakan Google Spreadsheet lebih mudah mengaksesnya. Jadi, tergantung kalian saja ya!

2. Buat Tabel

Hal kedua yang bisa kalian lakukan adalah membuat tabel. Kalian bisa membuat tabel seperti saat menggunakan tabel di buku tabungan. Namun kalian bisa menggunakan rumus perhitungan baik penjumlahan dan pengurangan, agar perhitungan tidak meleset.

3. Hias Spreadsheet

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menghias Spreadsheet. Hal ini tidak wajib kok, hanya untuk menambah nilai estetika saja. Tapi, melihat sesuatu yang enak dimata membuat kalian rajin, kan?

Selain itu, kalau kalian memberikan warna atau tanda tertentu, kalian juga bisa melihat pengeluaran dan pemasukan lebih mudah. Contohnya memberikan warna merah pada setiap pengeluaran yang kalian lakukan.

4. Rajin Mencatat

Sama seperti ketika membuat buku tabungan secara tradisional, kunci dari membuat buku tabungan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari. Hal ini untuk melihat progress kegiatan menabung kalian.

Manfaat Membuat Buku Tabungan

Setelah mengetahui step by step membuat buku tabungan, kalian pasti mengerti berbagai manfaat membuat buku tabungan. Hal pertama tentu saja bisa melihat progress tabungan kalian untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan mulai dari bank, jalan-jalan wisata, membeli rumah, tabungan rutin sehari-hari, dan lain-lain. Oleh karena itu, membuat buku tabungan juga akan meningkatkan kemampuan kalian dalam mengelola uang lho. 

Nah, kalau kalian ingin mencatat tabungan kalian semakin mudah dan meningkatkan kemampuan money management, salah satu cara membuat buku tabungan sendiri di rumah lainnya adalah buka tabungan online. Nah, salah satu tempat kalian supaya bisa menabung itu di LINE Bank. Nabung di LINE Bank bakal secara otomatis memberikan histori pengeluaran dan pemasukan, terus bisa dapat banyak manfaatnya mulai dari gratis isi pulsa, mengisi tagihan listrik dan lain-lain!

https://linebank.co.id/id/promo/30009

Yuk, buruan daftar! Mumpung sedang ada promo pengguna baru! Kalau buka rekening sampai tanggal 31 Desember 2023, kalian bisa mendapatkan cashback hingga Rp. 1.100.000 lho! Tunggu apa lagi? Join sekarang dengan klik banner di bawah!

Baca juga: 5 Tips Membuat Laporan Keuangan di Akhir Tahun dengan Cepat
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325