3 Hal yang Perlu Siap Sebelum Mengajukan Pinjaman untuk Menikah

pinjaman untuk menikah
Source: Pixabay

Hi, Sobat LINE Bank!

Menikah dengan orang yang kalian cintai adalah salah satu kebahagiaan dalam hidup. Akan tetapi, biaya menikah itu tidak kecil. Jadi, tidak jarang ada orang yang mengajukan pinjaman untuk menikah. Nah, di artikel ini kita bakal bahas 3 hal yang sebaiknya kalian siapkan ketika akan mengajukan pinjaman tersebut. Yuk, disimak baik-baik!

Alasan Menggunakan Pinjaman untuk Nikah

Sebelum membahas apa saja yang perlu disiapkan sebelum mengajukan pinjaman menikah, alangkah baiknya kalau kita membahas kenapa pinjaman digunakan untuk menikah.

1. Memberikan Keistimewaan

Pernahkah kalian mendengar istilah “menikah hanyalah sekali”?

Secara ideal, pernikahan hanya dilakukan sekali seumur hidup dengan orang yang kita cintai. Oleh karena itu, banyak orang yang menginginkan pernikahan yang hebat. Alasannya bahwa kalian hanya menikah sekali. Pernikahan yang baik itu pastinya akan masuk ke dalam memori dan album foto. Sehingga, kalian bisa mengingat masa-masa indah tersebut. 

2. Memenuhi Ekspetasi

Meski memang yang menikah hanyalah dua orang, tidak bisa dipungkiri bahwa orang lain juga memberikan pengaruh atas pernikahan. Acara pernikahan juga bisa digunakan untuk menunjukan status sosial, menunjukan kepada orang lain bahwa pasangan tersebut telah tumbuh di lingkungan keluarga yang baik sehingga menjadikan diri mereka juga orang baik, dan menunjukan kesuksesan seseorang.

Meskipun terdengar sedikit aneh, namun, memang tidak jarang pernikahan digunakan untuk hal seperti itu. Oleh karena itulah, vendor menawarkan harga khusus pernikahan, mulai dari make up, fotografer, weeding organizer, dan banyak lainnya. Karena itulah tidak jarang orang memilih untuk mengambil pinjaman.

3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengajukan Pinjaman untuk Menikah

Sebelum kalian mengajukan kredit untuk menikah, ada 3 hal yang perlu kalian lakukan. Hal-hal tersebut adalah: 

1. Menghitung Biaya

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menghitung biaya pernikahan. Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan referensi untuk menentukan biaya pernikahan:

  • Biaya Administrasi
  • Biaya Hantaran
  • Mas Kawin
  • Biaya Cincin
  • Biaya Tempat Pernikahan / Sewa Gedung
  • Baju dan Make up
  • Biaya Catering
  • Biaya Pembuatan Undangan
  • Biaya Fotografer
  • Biaya MC
  • Souvenir

2. Melakukan Review Budget

Setelah kalian menghitung biaya, coba pastikan apakah ada biaya yang kurang atau ada biaya yang bisa kalian pangkas. Kalian bisa mencari beberapa tempat yang menyediakan hal-hal tersebut. Pastikan tidak hanya terpaku pada satu vendor. Kalian bisa mencari beberapa referensi baik di google maupun media sosial agar mendapatkan yang sesuai dengan budget kalian.

3. Melakukan Riset Pinjaman

Nah, setelah kalian menentukan vendor untuk pernikahan kalian sesuai dengan estimasi biaya yang sudah kalian hitung, maka langkah selanjutnya adalah menentukan institusi mana yang akan kalian ajukan untuk pinjaman.

Nah, di sini kalian harus melakukan riset lagi. Cobalah meminjam dari pinjaman yang legal dan sudah terdaftar di OJK, suku bunga yang rendah, dan menawarkan pinjaman dengan jangka waktu yang pendek. Salah satu pilihan pinjaman adalah dengan menggunakan pinjaman bank online dan sebenarnya kalian tidak perlu cari jauh-jauh karena salah satunya adalah Quick Credit LINE Bank!

Tips Memilih dan Menggunakan Pinjaman Pernikahan

Setelah menyiapkan hal-hal sebelum pernikahan, tentunya belum selesai kan? Berikut ini kita akan kasih tips untuk memilih dan menggunakan pinjaman pernikahan tersebut!

1. Memilih Pinjaman yang Legal

Pertama, kalian harus menjacari institusi yang legal. Institusi yang dimaksud ini adalah lembaga yang menawarkan pinjaman keuangan dan sudah terdaftar OJK ya. Jadi, kalian akan terhindar dari pinjaman illegal dan hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi ke depannya.

2. Harus Sesuai dengan Budget

Banyak bank yang menawarkan limit pinjaman yang besar. Akan tetapi, pastikan untuk stay on budget! Kalian sebaiknya meminjam sesuai estimasi biaya yang telah kalian buat sebelumnya.

3. Pilih Jatuh Tempo yang Pendek

Hal ketiga yang sebaiknya kalian lakukan adalah memilih pinjaman dengan jangka waktu yang singkat. Meskipun, jangka waktu singkat berarti kalian membayar cicilan lebih banyak, akan tetapi, total pembayaran atas pinjaman kalian akan lebih kecil dibandingkan menggunakan jangka waktu pinjaman yang panjang. Selain itu, kalian tidak mau kan kalau baru menikah dengan orang tersayang, justru disibukan dengan membayar utang yang panjang?

4. Bayar Tepat Waktu

Hal keempat yang harus kalian perhatikan adalah untuk tetap membayar pinjaman pernikahan tepat waktu setiap bulannya. Bila kalian telat membayar, biasanya, pihak bank akan memberikan penalti atau denda kepada kalian. Pastinya, kalian enggak mau dong tagihan utang kalian menumpuk?

Kesimpulan

Nah, itu beberapa hal tentang pinjaman pernikahan. Sebelum mengajukan pinjaman untuk menikah, sebaiknya kalian perlu penyiapkan 3 hal yaitu; melakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk pernikahan, mengecek kembali budget yang kalian siapkan dan tetaplah stay on budget, dan terakhir kalian harus mencari pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan acara penikahan kalian.

Salah satu pinjaman yang bisa kalian gunakan adalah Quick Credit LINE Bank. Karena pinjaman Quick Credit LINE Bank sudah terpercaya dan aman karena sudah diawasi OJK, bunga yang rendah mulai dari 2,5%, dan kalian bisa mengatur jangka waktu pinjaman sesuai dengan keinginan kalian! Gak usah khawatir soal limit, karena LINE Bank bisa menawarkan pinjaman hingga Rp. 300.000.000 lho! Yuk, coba cek berapa limit pinjaman kalian dengan menekan banner di bawah ini! Gak bakal lama kok!

Baca juga: Tips Nabung Bareng Pasangan Tanpa Bikin Berantem Buat Nikah
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325