10 Cara Menabung yang Benar di Rumah Demi Barang Impian

cara menabung yang benar di rumah
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Tentunya, kalian pernah menabung di hidup kalian minimal satu kali. Tujuan orang menabung bisa bervariasi, bisa untuk membeli barang yang diidam-idamkan, membeli rumah impian, tabungan untuk staycation, untuk menikah, pendidikan, dan banyak lainnya.

Menabung itu juga bisa dilakukan rumah, tapi, biar makin lancar kegiatan menabungnya, kita bakal kasih 10 cara menabung yang benar di rumah! Yuk dibaca terus!

Cara Menabung di Rumah

Apakah kalian pernah mencoba menabung, tapi, justru gagal? Misal, uang yang seharusnya kalian tabung, eh, malah terpakai untuk yang lain, dan akhirnya kalian malah tidak jadi deh. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut 10 cara menabung yang benar di rumah:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan. Jika kalian memiliki tujuan, maka kalian akan menjadi lebih terorganisir dan memiliki motivasi untuk menabung untuk mencapai tujuan kalian.

Tujuan menabung bisa apa saja kok. Mulai dari target mengumpulkan dana sekian rupiah di tanggal ini , membeli barang, atau bahkan membeli rumah, apapun akan terserah pada kalian. Tetap, stay true pada tujuan kalian ya, guys!

2. Langsung Pisahkan

Hal kedua yang sebaiknya kalian lakukan adalah langsung memisahkan uang kalian. Misal, ketika di hari gajian, cepat-cepatlah alokasikan dana menabung ke tabungan kalian. Sehingga, uang tersebut tidak akan tercampur dengan uang kebutuhan sehari-hari dan ada peristiwa tidak jadi menabung.

3. Buat Skala Prioritas Pengeluaran

Pengeluaran dalam keuangan memang hal yang tidak dapat dihindari. Akan tetapi, supaya terhindar dari dana habis akibat membeli yang lain dan tidak jadi menabung, kalian sebaiknya membuat skala prioritas.

Misalnya, untuk kebutuhan yang wajib setiap bulan dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kebutuhan yang tidak apa-apa bila tidak dipenuhi. Kalian bisa membuat skala, sehingga kalian bisa menghindari belanja karena implus.

4. Mulai dari Nominal Kecil

Menabung itu enggak perlu nominal uang yang besar lho. Kalian bisa memulai dari nominal kecil. Misal dari seribu perhari, lima ribu rupiah per minggu, dan lainnya.

Toh, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, kan? Cukup menabung sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan kalian, ya!

5. Buat Rekening Khusus Menabung

Agar uang tabungan kalian tidak dipakai untuk hal lain, kalian bisa coba untuk membuka rekening baru. Rekening tersebut akan kalian gunakan untuk menyimpan uang tabungan. Jadi, setiap bulannya, kalian bisa langsung transfer ke rekening tersebut agar tidak tercampur dengan dana untuk kebutuhan kalian.

Oh ya guys, bisa lho kalian buka tabungan online di LINE Bank untuk rekening khusus menabung kalian. Santuy aja, karena menabung disini, gak ada biaya administrasi dan provisi kok! Mumpung lagi ada promo Pengguna Baru, kalian bisa dapat cashback hingga Rp. 1.100.000 lho! Kapan lagi kan, nabung sambil dapat cuan tambahan? Yuk, join dan dapatkan promonya hingga tanggal 31 Desember 2023!

https://linebank.co.id/id/promo/30009

6. Alokasi untuk Investasi

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengalokasikan dana kalian untuk investasi. Tergantung pada jangka waktu tujuan menabung kalian, tapi untuk pilihan yang memiliki resiko rendah, kalian bisa berinvestasi reksadana, deposito, dan logam mulia.

7. Tabungan yang Berbeda Sesuai Tujuan

Saran berikutnya adalah kalian memiliki tabungan yang berbeda sesuai tujuan menabung. Kalau kalian menabung dengan reksadana saham, biasanya kalian bisa membikin target dan portofolio yang berbeda sesuai dengan tujuan kalian. Jadi, uangnya tidak akan tercampur.

8. Menggunakan Sistem Autodebet

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur autodebet. Dengan menggunakan fitur ini, sesuai dengan nominal dan waktu yang kalian pilih sebelumnya, maka setiap waktu yang kalian set itu datang, sejumlah uang akan secara otomatis ditransfer ke rekening khusus.

9. Pilih Cara Nabung yang Unik

Agar menabung tidak terasa monoton dan repetitif, kalian juga bisa menabung dengan cara yang unik. Contohnya dilansir dari situs tanam duit, kalian bisa menabung sesuai tangga, bisa juga menabung sebagai hukuman kalau melakukan sesuatu, atau menabung dengan nominal uang terkecil di dompet, dan banyak lainnya.

10. Selalu Konsisten

Kunci dari keberhasilan menabung adalah konsisten dalam menabung. Jangan sampai menggunakan uang untuk menabung untuk hal yang lain secara implusif, jangan juga berhenti menabung, ya.

Kesimpulan

Nah, itu dia 10 cara menabung yang benar di rumah. Semoga, informasi tersebut bisa bermanfaat buat kalian yang ingin menabung demi sesuatu yang kalian inginkan. Ingatlah buat konsisten menabung. Kalau kalian ingin mencari tabungan yang aman tanpa ada biaya administrasi dan provisi, kalian bisa banget menggunakan LINE Bank! Yuk, coba buat dengan klik banner di bawah ini!

Baca juga: Menabung vs Investasi, Mana sih yang Lebih Penting?
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325