5 Tips Membuat Laporan Keuangan di Akhir Tahun dengan Cepat

5 Tips Membuat Laporan Keuangan di Akhir Tahun dengan Cepat

Hi Sobat LINE Bank,

Sudah menuju akhir tahun, banyak yang harus dipersiapkan. Contohnya keuangan pada akhir tahun. Seperti membuat laporan keuangan akhir tahun menjadi hal yang wajib bagi setiap pribadi maupun perusahaan. Tapi gimana sih caranya? Yuk disimak!

Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun

Lalu, bagaimana cara membuat laporan keuangan akhir tahun? Pada hal manapun, perhitungan keuangan pasti tidak sederhana.

Ya, biasanya akan lebih kompleks dibanding laporan akhir bulan. Agar laporan keuangan akhir tahunmu lebih mudah diterapkan, coba terapkan 5 tips di bawah ini. Cek disini ya!

1. Biasakan Disiplin dan Kerja Tepat Waktu

Pada akhir tahun, jangan sampai menunda-nunda pekerjaan kantor. Karena, pekerjaan pada akhir tahun biasanya akan lebih menumpuk.

Jadi, kamu harus disiplin dan jangan membuang-buang waktu berharga. Untuk membuat laporan yang lengkap, kamu memerlukan dokumen bukti transaksi sebagai informasi dasarnya.

Setelah dokumen bukti transaksi terkumpul, kamu bisa mulai membuat jurnal dan buku besar dari informasi yang ada di dokumen.

Informasi-informasi lain yang diperlukan agar laporan keuangan rampung adalah tentang aset, utang, modal, faktor, dan lainnya.

Semua data informasi yang terkumpul tersebut akan memudahkan laporan yang kamu buat, sehingga jangan sampai ada yang terlewatkan supaya tidak perlu mencari lagi saat akan membuat laporan.

2. Kumpulkan Semua Informasi yang Dibutuhkan

Dalam membuat laporan, pasti memerlukan data informasi yang lengkap dan relevan. Jadi, pastikan kamu telah mengumpulkan semua data informasi yang dibutuhkan.

Biasanya, ada beberapa laporan yang harus kamu buat pada akhir tahun, dan hal ini bergantung pada skala perusahaan.

Misalnya, laporan laba rugi yang memperlihatkan jumlah pendapatan pada suatu periode tertentu dari berbagai transaksi yang telah dilakukan.

Beban apapun yang ditanggung perusahaan juga terdapat dalam laporan ini. Ada juga laporan neraca yang memperlihatkan aset dan modal yang dikelola selama periode tertentu.

Ada juga laporan perubahan modal yang memperlihatkan modal awal dan laba atau rugi (pada periode tertentu).

Laporan arus kas yang memperlihatkan transaksi-transaksi apa saja yang memengaruhi perubahan kas dan laporan lainnya yang penting.

3. Buatlah Laporan Keuangan yang Mudah Dipahami

Meskipun membuat laporan tidak dilakukan dengan cara sederhana, namun setidaknya membuat laporan keuangan dengan bahasa dan angka yang mudah dimengerti oleh diri kamu sendiri.

Masukkan dan letakkan data informasi dengan benar supaya laporan yang buat bisa balance. Penulisan yang dapat dimengerti pasti akan memudahkan kamu juga dalam membacanya.

Dengan laporan yang mudah dipahami, kamu tidak akan kebingungan atau tidak perlu membacanya berulang-ulang untuk dapat dimengerti. Kamu bisa lebih fokus mengambil keputusan yang baik untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan nantinya.

4. Manfaatkan Tenaga Profesional di Bidangnya

Terkadang, bila kamu ingin laporan keuangan perusahaan dibuat dengan sangat baik, kamu harus menyewa jasa akuntan dari perusahaan akuntansi yang kenamaan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah biaya yang harus kamu keluarkan tidak sedikit.

Apalagi jika perusahaan termasuk perusahaan yang besar. Bila ingin mengirit budget, lakukanlah pembuatan laporan keuangan tersebut oleh orang-orang di kantor yang berpengalaman.

Bila kamu ragu akan hal itu, maka sebaiknya kamu sewa saja seorang akuntan. Dengan begitu, keputusan bisnis yang bisa di ambil akan lebih mudah dan terarah.

5. Manfaatkan Software Akuntansi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, software akuntansi pun kini tersedia untuk memudahkan kegiatan membuat laporan perusahaan. Dengan bantuan software akuntansi ini, tentunya pekerjaan kamu akan mudah dan efisien.

Fitur-fitur yang terdapat dalam software akuntansi dirancang untuk memudahkan pencatatan akuntansi. Jika dibandingkan dengan pencatatan manual, tentu software akuntansi ini lebih unggul.

Kamu harus melakukan beberapa rekap ulang jika melakukan pembukuan dengan manual. Belum lagi jika ada yang balance, memeriksa letak kesalahannya akan sangat lama.

Intinya sih yuk disiplinkan diri mulai dari hal kecil. Dengan membuat rencana anggaran, mengurangi utang, dan berinvestasi dengan cerdas, kamu dapat mencapai tujuan keuangan dan menciptakan stabilitas finansial jangka panjang.

Siapkan keuangan dan investasimu sekarang, bareng LINE Bank!

Yuk, segera buka rekening tabungan digital di LINE Bank dan nikmati berbagai kemudahan transaksi serta promo menarik! Ada promo cashback juga, lho, sampai 31 Desember 2023 buat pengguna baru LINE Bank dengan nominal cashback hingga Rp. 1,100,000. Yuk, download aplikasinya sekarang! Klik di sini.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 270

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *