10 Cara Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat

cara melunasi kartu kredit
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Penggunaan kartu kredit memang sudah merupakan fenomena yang umum di era sekarang ini. Selain karena penggunaannya yang simple, kita juga bisa mendapatkan beberapa benefit dari menggunaankannya. Akan tetapi nih, gak jarang juga kita juga bisa khilaf dan bingung bagaimana cara melunasi kartu kredit tersebut. Yuk, baca artikel ini, bakal kita kasih beberapa cara agar bisa melunasinya!

10 Cara Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat

Berikut ini ada 10 cara untuk membayar tagihan kredit kalian! Yuk, pahami satu persatu!

1. Stop Pakai Kartu Kredit

The first and foremost yang harus kalian lakukan adalah menghentikan pemakaian kartu kredit secepat mungkin. Gak usah khawatir, memang mungkin awalnya adalah hal yang sulit terlebih apabila kalian sudah sering bertransaksi dengan kartu kredit sehari-harinya. Tapi, kalian harus berhenti menggunakan kartu kredit untuk sementara waktu.

Sampai kapan? Sampai utang kalian lunas. Tentunya, kalian ingin menghindari utang kalian semakin membengkak di kartu kredit, kan? Oleh karena itu, stop penggunaannya untuk sementara waktu! Fokuslah untuk menyelesaikan utang terlebih dahulu.

2. Prioritaskan Pembayaran

Utang tidak akan lenyap dengan sendirinya, kalian harus menentukan metode pembayaran utang apa yang cocok. Berikut dua jenis metode pembayaran yang kita rekomendasikan:

a. Debt Snowball

Pertama adalah dengan menggunakan metode debt snowball. Ibaratkan kalian sedang berada di puncak bersalju. Kemudian kalian membentuk sebuah bola salju atau snowball dengan ukuran kecil. Ketika kalian gelindingkan dari puncak, tentunya bola salju tersebut akan menjadi semakin besar semakin jauh.

Ibaratnya, kalian mulai dari yang kecil terlebih dahulu.

Dilansir dari website Ramsey Solution.com, metode ini membuat kalian membayar utang dengan nominal yang paling kecil yang bisa kalian selesaikan terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Setelah itu, barulah kalian membayar utang yang besar. Lakukanlah secara bertahap! Metode ini digunakan untuk menyelesaikan utang yang kita bisa terlebih dahulu.

b. Debt Stacking

Sementara itu, pada metode ini kita bisa mengibaratkan seperti ketika kita menyusun berbagai bongkahan. Anggap saja bongkahan-bongkahan tersebut memiliki berbagai ukuran. Tentu saja, untuk membangun pondasi yang kuat, kita meletakan ukuran yang paling besar terlebih dahulu, bukan? Baru setelahnya semakin kecil.

Berkebalikan dengan metode sebelumnya yaitu debt snowball, debt stacking adalah metode dimana kita membayar utang terbesar terlebih dahulu. Secara bertahap ke hutang yang paling kecil. Melalui metode ini, bunga yang harus kita bayarkan akan semakin kecil.

3. Menekan Pengeluaran

Cara ketiga adalah kalian sebaiknya mengurangi pengeluaran kalian perbulannya. Coba lakukan review pengeluaran apa yang kalian keluarkan setiap bulannya. Apakah ada yang bisa kalian pangkas? Entah itu kebutuhan tersier atau hal-hal yang bisa kalian cari alternatif dengan harga lebih bersahabat.

4. Lakukan re-budgeting

Langkah berikutnya adalah melakukan budgeting ulang. Pastikan setiap bulannya ketika gaji kalian turun, kalian langsung alokasikan dana untuk membayar cicilan utang. Jangan sampai bablas. Coba juga menekan pengeluaran dengan mencari barang alternatif yang lebih murah atau mengurangi pengeluaran untuk biaya yang tidak mendesak dan primer.

5. Ajukan Restrukturisasi

Kalian juga bisa mengajukan keringanan atau restrukturisasi kepada bank bersangkutan. Baik berupa perpanjangan pembayaran dengna bunga rendah atau mendapatkan potongan dari bank. Akan tetapi, bila kalian mengajukan keringanan, maka hal ini akan menjadi catatan bagi bank ke depannya di SLIK OJK milik kalian.

6. Coba Mencari Pendapatan Lain

Selain mengatur pengeluaran bulanan, kalian juga bisa mencoba mendapatkan pendapatan lain sebagai pemasukan tambahan.

Di zaman sekarang ini, ada beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun, kalian bisa mencari pekerjaan sebagai freelancer juga. Tapi, pastikan terlebih dahulu apa pekerjaan tambahan tersebut bisa kalian lakukan atau sesuai dengan bidang kalian. Kalian bisa cek tipsnya disini!

7. Transaksi dengan Uang Cash

Cara berikutnya adalah mulai untuk melakukan transaksi dengan uang cash. Penggunaan kartu kredit memang sangat mudah, mulai dari hanya menggesek kartu dan tidak perlu menyiapkan uang kecil. Akan tetapi, karena kemudahannya tersebut bisa membuat kita lupa da merasa bahwa kita tidak melakukan transaksi begitu banyak.

Dengan menggunakan uang cash, kalian akan bisa merasakannya sendiri bagaimana uang yang kalian bawa akan berkurang bila kalian bertransaksi. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengerem pengeluaran kalian!

8. Tidak Menggunakan Pembayaran Minimum

Untuk semakin memudahkan kita, banyak bank yang menawarkan pembayaran minimum kepada kita. Meski sangat menggiurkan, apabila kita melakukan pembayaran minimum, itu akan membuat utang kita kian menumpuk lho! Pembayaran minimum bukanlah metode pembayaran yang efektif apabila kalian ingin melunasi pinjaman dengan cepat!

9. Gunakan Emergency Fund

Utang yang menumpuk akan sangat merugikan kalian lho secara jangka panjang. Ini juga salah satu momen dimana kalian bisa menggunakan emergency fund! Memang bakal sedih ketika melihat dana yang kita kumpulkan sejak lama habis atau berkurang untuk membayar pinjaman. Tapi, toh, hal ini untuk kebaikan kita sendiri!

10. Gunakan Pinjaman Lain

Kalau memang sudah sangat terdesak, walaupun bukan ideal, tapi kalian bisa menggunakan pinjaman lain. Carilah pinjaman dengan bunga yang rendah dan tentu saja aman dan legal!

Kesimpulan

Nah, itu dia 10 cara melunasi kartu kredit dengan cepat! Tetaplah konsisten dalam membayar pinjaman kartu kredit kalian, ya! Kalian juga bisa lakukan budgeting ulang untuk menentukan cara melunasinya. Jangan lupa juga untuk langsung mengalokasikan dana untuk pembayaran. Semoga, informasi tadi bisa berguna buat kalian.

Kalau kalian sedang mencari alternatif dari pinjaman kartu kredit, kalian bisa menggunakan pinjaman bank online salah satunya adalah Quick Credit LINE Bank! Enggak perlu khawatir apakah aman apa engga, karena LINE Bank sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK lho! Limit pinjamannya juga bisa sampai Rp. 300.000.000 lho! Gede, kan? Nah, prosesnya juga gak lama kok, bisa sat set sat set cuma beberapa menit! Yuk klik banner dibawah untuk tahu berapa limit yang bisa kalian dapat!

Baca juga: 10 Cara Mencegah Overspending saat Menggunakan Kartu Kredit
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325