Skor Kredit: Pengertian dan Contohnya

skor kredit adalah
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Ketika ingin mengajukan, pernah engga si mendengar salah satu faktor yang mempengaruhi diterimanya pengajuan pinjaman adalah skor kredit si calon peminjam? Tapi, sebenarnya apa itu? Buat kalian yang masih bingung, enggak usah khawatir! Karena di artikel ini kita bakal membahas tentang hal tersebut! Yuk, terus baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Pengertian

Skor kredit adalah angka yang merepresentasikan reputasi kemampuan seseorang dalam membayar kewajibannya membayar utang dengan tepat waktu. Semakin tinggi nilai yang kalian dapatkan, maka semakin tinggi pula kemungkinan pengajuan kredit kalian akan diterima oleh pihak bank. Namun, hal itu juga berarti bahwa semakin rendah skor yang kalian miliki, maka semakin kecil kemungkinan pihak bank akan menyetujui proposal pinjaman kalian.

Dilansir dari Investopedia, skornya berasal dari histori kredit kalian yang berisi informasi tentang akun yang kalian miliki, tingkat utang kalian, histori pembayaran utang kalian, dan faktor lainnya. Pihak peminjam menggunakan skor tersebut untuk menilai apakah kalian bisa membayar utang tepat waktu atau tidak.

Efek

Seperti yang sebelumnya sempat disinggung, semakin tinggi skor pinjaman kalian, maka semakin besar kemungkinan pengajuan pinjaman kalian akan diterima oleh bank, dan begitu pula kebalikannya. Akan tetapi, efeknya tidak hanya berhenti sampai disana. Walau memang bukan berarti skor pinjaman yang rendah akan membuat semua bank akan menolak pinjaman kalian, tapi bank juga bisa memberikan bunga yang lebih tinggi kepada peminjam yang memiliki skor kredit yang rendah dibandingkan peminjam yang memiliki skor kredit yang tinggi.

Hal ini disebabkan bunga yang tinggi tersebut sama dengan resiko diri kalian yang tinggi karena terdapat kemungkinan yang besar kalian tidak membayar pinjaman tersebut tepat waktu.

Oleh karena itu, tetap pastikan untuk memiliki skor kredit yang tinggi ya, guys!

Faktor yang Mempengaruhi

Jadi, skor kredit adalah salah satu hal yang krusial untuk menentukan pinjaman kalian akan diterima atau tidak. Setelah mengetahui efek dari skor pinjaman, lantas, apa saja sih faktor yang mempengaruhi rendah atau tingginya skor pinjaman seseorang? Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi skor kredit seseorang menurut Investopedia:

1. Histori Pembayaran

Histori pembayaran kredit mencatat apakah kalian membayar utang kalian dengan tepat waktu atau tidak, berapa banyak pinjaman yang kalian telat bayar, dan seberapa telat kalian dalam membayar kredit tersebut.

2. Jumlah Utang

Faktor selanjutnya ialah jumlah utang yang kalian punya. Berapa jumlah utang kalian dibandingkan dengan kredit yang bisa kalian pinjam.

3. Waktu Histori Kredit

Sementara waktu histori kredit adalah seberapa sering kalian meminjam? Semakin sering dan lama kalian meminjam, maka akan lebih banyak data bagi bank untuk menentukan skor pinjaman kalian apakah bagus atau tidak.

4. Jenis Kredit

Faktor berikutnya adalah jenis kredit yang kalian miliki. Misalnya, kalian memiliki kredit pembelian kendaraan bermotor, kredit cicilan rumah, kredit KPR, dan sebagainya. Ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan skor yang kalian miliki nantinya.

5. Kredit Terbaru

Peminjam juga melihat kapan terakhir kali kalian memiliki pinjaman pada suatu institusi. Semakin banyak pinjaman terbaru yang muncul, maka pihak bank akan menganggap bahwa kalian sedang mengalami suatu masalah. Akibat masalah tersebut, kalian sedang membutuhkan utang. Hal ini juga yang akan mempengaruhi penilaian skor kredit kalian.

Cara Mengecek Skor Kredit

Setelah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi, penasaran gak sih berapa skor kredit kalian? Nah, buat kalian yang ingin tahu bagaimana dan dimana mengecek skor kalian, yuk ini cara mengeceknya menurut CNBC Indonesia!

Idepku resmi OJK

  1. Masuk ke halaman Idepku
  2. Daftar dan buat akun, mengikuti petunjuknya
  3. Menekan tombol “Ajukan Permohonan”
  4. Cek status permohonan kalian di menu Status Layanan dan masukan nomor pendaftaran
  5. OJK akan memproses dan mengirimkan hasilnya lewat email maksimal 1 hari setelah permohonan selesai

ID Score

  1. Masuk ke web idscore
  2. Buat akun dan ikuti instruksi
  3. Klik Cek Skor Kredit Anda Sekarang

Cekaja.com

  1. Buka web cekaja.com
  2. Buat akun sesuai instruksi
  3. Klik Cek Skor Anda

Skor Life

  1. Dowload aplikasi Skor Life di ponsel kalian
  2. Buat akun dan ikuti instruksi
  3. Cek skor kalian

Jenis dan Penilaian

Setelah kalian mengecek skor kalian, maka bagaimana menilainya? Nah, untuk menentukannya, dilansir dari Kompas.com maka penilaian bisa: 

1. Berdasarkan OJK

Di OJK, skor kredit diklasifikasikan menjadi 5 tahapan yaitu:

  • Skor 1: Kredit Lancar
  • Skor 2: Kredit DPK
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar
  • Skor 4: Kredit Diragukan
  • Skor 5: Kredit Macet

2. Berdasarkan IdScore

Kalian juga bisa mengecek lewat IdScore. Di web ini, memiliki rentang skor antara 250 hingga 900. Web ini juga memiliki kategori “very high risk” dan “very low risk”. Kategori rata-rata adalah di angka 600.

3. Berdasarkan FICO

Web lain untuk mengecek skor kredit kalian ialah di FICO. Komposisi untuk menentukan skor kalian adalah riwayat pembayaran sebesar 35%, jumlah utang yang kalian miliki sebesar 30%, waktu riwayat kredit sebesar 15%, jenis kredit yaitu 10%, dan kredit baru sebesar 10%. Berikut ini skor kredit di FICO:

  1. Nilai 300-579 dalam credit score adalah tergolong ke kategori buruk
  2. Nilai 580-669 dalam credit score adalah tergolong ke kategori fair.
  3. Nilai 670-739 dalam credit score adalah tergolong ke kategori baik.
  4. Nilai 740-799 dalam credit score adalah tergolong ke kategori sangat bagus.
  5. Nilai 800-850 dalam credit score adalah tergolong ke kategori luar biasa.

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Setelah kalian melihat skor kalian, bagaimana hasilnya? Eits, buat Sobat LINE yang kebetulan memiliki skor yang kurang baik, gak usah khawatir! Kita bakal membahas bagaimana cara meningkatkan skor kalian disini:

1. Membayar dengan Tepat Waktu

Hal yang paling pertama adalah kalian harus membayar utang maupun cicilan dengan tidak melewati jatuh tempo. Secara minimum, kalian harus menjaga riwayat pembayaran kredit kalian selama 6 bulan.

Meski sepele, kalian juga harus memastikan cicilan yang kalian lakukan lewat e-commerce juga dibayar tepat waktu.

2. Cek Limit Kredit

Hal selanjutnya yang bisa lakukan adalah mengecek limit pinjaman kalian. Apakah melebihi batas atau tidak. Kalian juga bisa mengajukan agar limit pinjaman juga ditinggikan. 

3. Cek Laporan Kredit

Cara ketiga adalah selalu mengecek laporan kredit kalian. Coba pastikan apakah ada bagian yang kalian perbaiki atau tidak. Kalau kalian kebingungan, kalian juga bisa menggunakan jasa penasihat keuangan. Kegunaan lain pemeriksaan laporan kredit ialah kalian bisa memastikan sisa dari limit kredit kalian.

4. Hindari Melakukan Penutupan Akun Kartu Kredit

Cara keempat adalah kalau bisa jangan menutup akun kredit kalian. Sebenarnya, hal ini tergantung pada umur kartu kredit kalian, bisa saja, bila kalian menutup akun kalian maka akan memberikan dampak buruk pada skor kalian.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa hal tentang skor kredit. Sebagai reminder kecil, skor kredit adalah angka yang merepresentasikan reputasi kemampuan seseorang dalam membayar kewajibannya membayar utang dengan tepat waktu. Skor kredit bisa menjadi hal yang krusial apakah pengajuan kredit kalian diterima atau tidak, bahkan bisa juga menentukan bunga kredit kalian. Oleh karena itu, pastikan skor kalian baik ya, guys!
Sebagai alternatif, kalau kalian sedang bingung mencari pinjaman bank online yang aman, legal, dan cepat, kalian bisa menggunakan Quick Credit LINE Bank! Kalian gak perlu soal limit, karena limit pinjaman LINE Bank bisa mencapai Rp. 300.000.000. Kalian juga gak usah khawatir buat proses pendaftarannya yang lama atau ribet, karena kalian juga bisa mengaksesnya di rumah sambil rebahan! Yuk, klik banner di bawah ini untuk tahu limit pinjaman kalian dengan sat set!

Baca jugaKartu Kredit Over Limit? Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325