Kartu Kredit Over Limit? Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan

Kartu Kredit Over Limit? Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apakah kalian sering menggunakan kartu kredit? Pernah gak kalian mengalami kejadian yang namanya kartu kredit over limit? Kena blokir? Kena biaya tambahan? Gak usah khawatir, gak usah panik juga! Di artikel ini kita bakal ngebahas 5 hal yang bisa dilakukan kalau pemakaian kredit kalian di luar batas! Yuk di simak baik-baik!

5 Cara Mengatasi Kartu Kredit Over Limit

1. Bayar Tagihan

Hal pertama yang harus kalian lakukan tentu saja membayar tagihan!

Kalian harus mengecek berapa tagihan kalian beserta dengan denda over limit. Tiap Bank memiliki kebijakan masing-masing terhadap denda. Namun, umumnya denda yang ditetapkan Bank adalah 5% dari nominal over limit.

Misalnya, kartu kredit kalian memiliki limit sebesar 10 juta. Akan tetapi, kalian masih menggunakan kartu kredit tersebut hingga 12 juta. Untuk membayar tagihan denda maka, 2 juta adalah nominal over limit. Sehingga 2 juta x 5% yaitu 100.000. Total tagihan yang kalian harus bayarkan yaitu sebesar 12,1 juta rupiah.

Untuk jangka ke depannya juga, sebaiknya kalian membayar sebesar mungkin agar tidak terjadi lagi kejadian over limit.

2. Minta Bank untuk Meningkatkan Batas Limit

Cara selanjutnya adalah kalian menghubungi bank kartu kredit kalian ketika kartu kredit terblokir akibat melebihi batas pinjaman. Akan tetapi, hal ini tidaklah mudah. Bank memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan batas pinjaman seseorang. Sehingga, ada varibel yang tidak telihat sehingga, meski kalian memiliki kondisi keuangan yang baik, bisa saja bank tetap menolak permintaan kalian.

Variabel yang bank lihat adalah skor kredit kalian, seberapa sering dan tepat waktunya kalian membayar tagihan kartu kredit, dan analisis lainnya untuk melihat apakah kalian orang yang bisa dipercaya untuk membayar kartu kredit dengan batas tagihan yang lebih tinggi nantinya.

3. Pakai Transfer Balance

Pilihan selanjutnya adalah kalian menggunakan layanan transfer balance. Lewat layanan ini kalian bisa mengalihkan tagihan kredit dari kartu pertama ke kartu kredit lain yang kalian miliki. Tapi, tentu saja, kalian harus memiliki lebih dari satu kredit.

Oh ya, sebagai tambahan kalian harus memilih bank dengan bunga yang lebih rendah dan juga mempertimbangkan promo yang sedang diberikan agar tidak keluar dari mulut harimau dan justru masuk ke mulut buaya!

4. Hentikan Sementara Penggunaan Kartu Kredit

Agar tagihan tidak semakin membengkak, sebaiknya kalian tidak menggunakan kartu kredit untuk sementara waktu. Kalian harus mengalokasikan kembali budget agar bisa menggunakan kembali kartu kredit dengan lebih bijaksana.

5. Ganti Jenis Kartu Kredit

Pilihan selanjutnya adalah mengajukan pergantian jenis kartu kredit. Bank umumnya memiliki tingkatan kartu kredit. Semakin tinggi tingkat kartu tersebut, maka semakin besar juga limit-nya. Kalian bisa menghubungi pihak bank penerbit untuk melakukan ini. Eits, meski kalian sudah mengganti jenis kartu kalian, itu bukan jawaban yang terakhir ya, guys! Selalu pastikan untuk berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit!

Tips Agar Tidak Terkena Over Limit

Jadi, bagaimana sih supaya tidak terjadi lagi? Kan agak repot ya kalau harus membayar denda beserta mengontak bank apabila hal ini terjadi. Nah, berikut beberapa tips agar kalian tidak terkena over limit!

1. Mencatat Tiap Transaksi

Pertama adalah kalian harus lebih berhati-hati dalam transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Pastikan untuk melakukan pencacatan tersendiri sebagai back up. Dengan mencatat pula, kalian akan lebih memahami juga berapa lagi yang bisa kalian gunakan dengan kartu kredit agar tidak melebihi batasan pinjaman.

2. Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Selanjutnya adalah pastikan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Hal ini dilakukan untuk menghindari denda yang akan membuat tagihan kalian membengkak. Pastikan kalian mengalokasikan keuangan kalian untuk membayar tagihan kartu setiap bulannya, ya!

3. Gunakan Sesuai Keperluan

Lalu, tentu saja kalian harus memakai kartu kredit dengan bijak! Pastikan bahwa kalian bisa membayar tagihannya nanti ketika jatuh tempo datang. Cobalah untuk berpikir tiga kali sebelum menggunakan kartu kredit sehingga tidak terjadi over limit!

4. Manfaatkan Sistem Pengingat

Kalau kalian tipe orang yang pelupa, kalian bisa memilih untuk diingatkan oleh bank, bank akan mengirim notifikasi untuk penggunaan yang mendekati limit, tanggal jatuh tempo, dan lain-lain. Notifikasi ini bisa datang lewat aplikasi maupun email. Jadi, pastikan kalian menyalakan notifikasi tagihan, ya!

5. Menggunakan Sistem Auto Debet

Pilihan lain bagi kalian yang suka lupa adalah menggunakan sistem auto debet. Umumnya, bank juga menyediakan sistem auto debet. Auto debet ini akan secara otomatis membayarkan tagihan kalian lewat dana yang kalian miliki di rekening. Tentu saja, agar sistem ini berfungsi dengan semestinya kalian harus memastikan bahwa kalian memiliki dana yang cukup di rekening! Sistem ini juga digunakan agar kalian tidak bablas dan menggunakan dana pembayaran untuk hal lain.

https://linebank.co.id/id/promo/30188

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kalian lakukan kalau kartu kredit over limit. Semoga informasi di atas bisa membantu, ya! Nah, kalau kalian sedang mencari pinjaman yang gampang diajukan darimana saja dan kapan saja dengan bunga mulai dari 0.88%, bisa banget pakai Pinjaman Quick Credit LINE Bank! Yuk, mumpung lagi ada promo cashback sampai Rp 120.000 sampai tanggal 31 Desember 2023! Untung banget gak sih? Ayo gabung sekarang!

Baca Juga: Cara Transfer Saldo Kartu Kredit ke Rekening Pribadi
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323