Masih Bingung? Ini Dia Perbedaan Cara Kerja Bank Konvensional dan Bank Digital

cara kerja bank konvensional

Hi Sobat LINE Bank! 

Kamu pasti pernah mendengar istilah bank konvensional dan bank digital, kan? Namun apakah kamu tau kalau cara kerja bank konvensional dan bank digital sangat berbeda? Jadi bukan hanya berbeda dari tulisan aja, melainkan juga definisi dan kelebihannya masing-masing.

Jika kamu sedang mempertimbangkan penggunaan salah satu dari kedua jenis bank maka artikel ini tepat untuk dibaca sampai akhir! Kali ini LINE Bank sudah menyiapkan informasi lengkap mengenai definisi bank konvensional dan bank digital sekaligus perbedaan cara kerja keduanya. Yuk langsung simak informasinya di bawah ini! 

Apa Itu Bank Konvensional?

Bank konvensional adalah lembaga keuangan tradisional yang telah menjadi bagian integral dari sistem perbankan selama bertahun-tahun. Mereka punya kantor fisik yang tersebar di berbagai lokasi sehingga bisa memberikan akses langsung kepada nasabah untuk melakukan transaksi keuangan. 

Bank konvensional nggak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang, tetapi juga sebagai penyedia berbagai layanan keuangan seperti pinjaman, investasi, dan rekening giro. Di dalam kantor bank konvensional, kamu akan menemukan teller yang siap membantu proses penyetoran, penarikan, dan menjawab pertanyaan mengenai berbagai layanan perbankan.

Selain itu, bank konvensional juga terkenal dengan berbagai produk dan layanan seperti kartu kredit, asuransi, hingga kredit rumah. Nasabah yang membutuhkan layanan tersebut jadi bisa langsung mengunjungi cabang bank terdekat untuk mendapatkan saran finansial langsung dari staf yang terlatih. 

Meskipun proses perbankan konvensional dapat terasa lebih personal, tetapi kamu harus tau kalau sering kali prosesnya melibatkan waktu yang lebih lama dengan beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Bank Digital Sebelum Mulai Membuka Tabungan

Apa Itu Bank Digital?

Apa Itu Bank Digital

Bank digital di sisi lain merupakan inovasi baru dalam dunia perbankan yang menawarkan kemudahan akses ke layanan keuangan tanpa keharusan untuk mengunjungi kantor fisik. Bank ini beroperasi sepenuhnya secara online melalui platform aplikasi atau situs web yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan kapan aja dan di mana aja. 

Salah satu ciri khas bank digital terlihat dalam aspek kesederhanaan proses pembukaan rekening. Tanpa perlu antre di kantor, kamu bisa buka rekening hanya dengan beberapa klik di aplikasi sehingga memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk mengakses berbagai layanan perbankan.

Mereka menawarkan berbagai fitur inovatif seperti manajemen keuangan real-time, notifikasi transaksi, dan dukungan pelanggan melalui chat atau telepon yang mudah dijangkau. 

Kecepatan transaksi juga perlu di highlight, karena segala sesuatu dapat diakses dan diselesaikan dengan cepat melalui smartphone. Konsep praktis dan efisien inilah yang menjadikan bank digital pilihan utama bagi mereka yang menginginkan pengalaman perbankan modern dan tanpa ribet.

Baca Juga: Perbedaan Digital Banking & Mobile Banking

Perbedaan Cara Kerja Bank Konvensional dan Bank Digital

Perbedaan Cara Kerja Bank Konvensional dan Bank Digital

Penting untuk memahami perbedaan antara bank konvensional dan bank digital, karena keduanya menawarkan pendekatan yang berbeda dalam memberikan layanan perbankan kepada nasabah. Coba pelajari lebih dalam apa aja perbedaan-perbedaan keduanya di bawah ini! 

1. Ketersediaan Kantor Fisik

Bank konvensional menonjol dengan ketersediaan kantor fisiknya yang dapat diakses oleh nasabah. Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan staf bank, melakukan transaksi, dan mendapatkan layanan secara langsung. 

Sebaliknya, bank digital nggak memiliki kantor fisik dan mengandalkan platform online untuk semua kegiatan perbankan. Hal ini membuat bank digital lebih fleksibel dan dapat diakses dari mana aja, tanpa harus mengunjungi kantor fisik.

2. Proses Pembukaan Rekening

Proses pembukaan rekening menjadi langkah awal yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua jenis bank. Di bank konvensional, nasabah perlu mengunjungi kantor fisik dan melengkapi berbagai dokumen yang sudah dicetak di kertas. 

Sebaliknya, bank digital menawarkan kemudahan dengan memungkinkan pembukaan rekening melalui aplikasi atau situs web. Hanya dengan beberapa klik maka nasabah bisa langsung mengaktifkan rekening tanpa perlu repot-repot datang ke kantor cabang terdekat.

3. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan juga menjadi faktor perbedaan yang perlu kamu pahami. Bank konvensional secara umum menyediakan dukungan melalui layanan pelanggan konvensional seperti telepon atau langsung datang ke kantor. 

Di sisi lain, bank digital menyediakan layanan pelanggan yang lebih modern melalui chat atau panggilan telepon. Hal ini jadi bukti bahwa bank digital sangat selaras dengan kebutuhan nasabah yang serba cepat dan praktis.

4. Kecepatan Transaksi

Kecepatan transaksi jelas menjadi keunggulan bank digital. Transaksi dapat dilakukan dengan cepat karena prosesnya terotomatisasi dan nggak melibatkan langkah-langkah manual yang mungkin ditemui di bank konvensional. Hal ini memungkinkan nasabah untuk melihat perubahan saldo atau melakukan transfer hanya dalam hitungan detik aja.

5. Inovasi Teknologi

Bank digital selalu berada di garis depan inovasi teknologi. Mereka cenderung lebih responsif terhadap perubahan dan memperbarui sistem secara teratur untuk memberikan kepuasan layanan kepada seluruh nasabah. Sementara di bank konvensional, adopsi inovasi mungkin memerlukan waktu yang lebih lama.

Baca Juga: 4 Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional

6. Akses 24/7

Bank digital memberikan keleluasaan akses yang lebih besar. Nasabah dapat mengakses layanan perbankan mereka kapan aja, termasuk di luar jam kerja normal. Namun berbeda dengan bank konvensional karena aksesnya terbatas hanya pada jam operasional kantor cabang.

Gimana Sobat LINE Bank? Apakah kamu sudah paham perbedaan cara kerja bank konvensional dan bank digital? Cara kerja seperti apa yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan kamu? Jika kamu mencari kemudahan, efisiensi, dan inovasi, maka membuka tabungan online di LINE Bank akan jadi pilihan terbaik!

Jangan salah, tabungan online di LINE Bank nggak hanya memberikan kamu akses yang cepat atau kepraktisan semata, tetapi juga fleksibilitas untuk menabung dengan berbagai tujuan. Dalam satu akun, kamu dapat mengelola hingga 8 rekening yang berbeda untuk mengatur keuangan secara lebih terstruktur. 

Manfaatkan fitur-fitur canggih LINE Bank, seperti manajemen rekening yang mudah, notifikasi transaksi real-time, dan layanan pelanggan yang responsif untuk pengalaman menabung yang lebih baik serta nyaman.

Jangan ragu untuk memulai perjalanan keuanganmu dengan buka rekening digital LINE Bank sekarang! Yuk langsung aja download aplikasi LINE Bank dan rasakan kemudahan menabung untuk berbagai tujuan! 

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325