4 Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional

4 Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional

Hi Sobat LINE Bank!

Saat jalan-jalan menyusuri kota, mungkin kamu pernah melihat gedung yang dijaga ketat oleh satpam. Di dalamnya, kamu melihat ruangan yang penuh dengan orang dan antrean panjang. Hmm, ciri-ciri yang sangat melekat dengan bank konvensional, ya? 

Sementara itu, di sisi lain, ada pula layanan perbankan yang bisa kamu akses cuma lewat aplikasi di smartphone tanpa perlu antre dan menunggu lama saat bertransaksi. Dua perbedaan layanan yang sama-sama difasilitasi oleh perbankan namun terlihat sangat berbeda. Menarik, ya?

Itulah perbedaan bank digital dan bank konvensional. Meskipun begitu, keduanya tetap melakukan kegiatan yang sama layaknya institusi perbankan, kok. Misalnya menyediakan fasilitas tabungan, pinjaman, deposit, penarikan, atau transfer. Terus, apa dong perbedaan bank digital dan bank konvensional dalam melayani nasabahnya? Nah, untuk menjawab hal tersebut, yuk simak penjelasan berikut!

Apa Itu Bank Digital?

Sobat LINE Bank pasti sudah bisa menebak, bahwa perbedaan mendasar antara bank konvensional dan digital memang terletak pada sistem operasional mereka. 

Bank digital merupakan layanan perbankan yang beroperasi secara online melalui platform digital. Sebagai nasabah, kamu bisa mengakses layanan bank digital kapanpun selama terhubung ke internet.

Nah, sedangkan bank konvensional, merupakan jenis bank yang memang sudah lama kita kenal. Bank konvensional memiliki kantor cabang yang bisa kita datangi jika ada urusan penting, misalnya pembuatan rekening, pengambilan kartu ATM, hingga pengajuan pinjaman.

Oleh karena basis operasionalnya yang berbeda, di mana yang satu beroperasi di dunia maya dan yang lainnya di dunia nyata, kedua jenis bank ini tetap bisa melayani nasabah sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga perbankan. 

Apa Saja Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional?

Apakah bank digital dan konvensional hanya berbeda dalam hal penggunaan teknologi atau justru ada hal lainnya? Berikut penjelasannya:

1. Kemudahan Akses

Perbedaan pertama adalah aksesibilitas. Bank digital terasa sangat modern sekaligus lebih dekat karena ada di balik layar ponselmu. Jadi, gak perlu repot-repot ke kantor cabang sampai antre berjam-jam kalau mau buka rekening. 

Cukup dengan mengunduh aplikasi bank digital di ponsel, kemudian lakukan pendaftaran. Bank akan melakukan proses verifikasi, dan rekeningmu bisa jadi dalam sekejap!

Contohnya adalah layanan perbankan digital dari LINE Bank yang bisa langsung kamu unduh melalui PlayStore atau AppStore di ponsel. Kamu juga bisa mengunjungi website LINE Bank atau klik di sini untuk men-download. 

Selanjutnya, ajukan pembukaan rekening, dan dalam waktu singkat, kamu kini sudah bisa menikmati fitur-fitur keren sampai promo menarik di LINE Bank! Terbukti lebih mudah dan gampang, kan?

2. Lebih Cepat dan Fleksibel

Perbedaan kedua bisa dirasakan dari fleksibilitas dan kecepatan atau efisiensi. Bank digital menyediakan layanan perbankan yang lebih cepat dan efisien. Sebagai nasabah, kamu bisa bertransaksi dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja selagi ada koneksi internet.

Sementara, bank konvensional memiliki jam operasional dan tidak bisa melayani nasabah di luar waktu tersebut. Belum lagi kalau harus menghabiskan waktu dengan mengantre. Kecuali jika transaksi dilakukan melalui ATM yang memang tersedia 24 jam. Misalnya melakukan transfer, penarikan tunai, hingga pembayaran.

3. Biaya

Perbedaan bank digital dan bank konvensional yang ketiga adalah masalah biaya. Umumnya, bank digital memiliki biaya yang lebih rendah dibanding bank konvensional. LINE Bank sendiri menawarkan layanan tanpa biaya administrasi bulanan hingga bebas biaya transfer dan penarikan. 

Lain halnya dengan bank konvensional yang mengenakan biaya administrasi bulanan atau biaya transfer. Namun, di balik biaya tersebut, kamu bisa mendapatkan layanan personal dari para teller yang akan menjelaskan langsung seluk-beluk layanan yang tersedia pada bank. 

4. Variasi Produk dan Layanan

Bank digital umumnya lebih inovatif dalam menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Misalnya ada fitur yang bisa menganalisis pengeluaran dan mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori. Jadi, nasabah akan lebih mudah mengelola keuangan mereka.

Pada bank konvensional, inovasi teknologi juga sudah diadopsi dengan sama baiknya. Seperti adanya layanan atau fitur mobile banking dan internet banking yang bisa memudahkan transaksi para nasabah melalui ponsel dan koneksi internet.

Namun, bank konvensional masih bisa dibilang lebih variatif karena memiliki jangkauan produk dan layanan yang lebih luas. Contoh, adanya opsi pinjaman dengan agunan, kredit perumahan, atau layanan kartu kredit.

Nah, dari kedua jenis bank tersebut, kamu bisa memilih untuk menggunakan jenis bank yang sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pribadi, kok. Mungkin ada yang suka dengan kemudahan akses dan inovasi yang diberikan bank digital, namun ada juga yang menginginkan layanan personal karena bisa mengunjungi kantor cabang bank dan dilayani oleh teller.

Atau mungkin ada juga yang memilih pertimbangan dari segi biaya, itu juga sah-sah saja. Selama kamu nyaman dengan dua jenis atau tipe bank tersebut, kamu bisa kok memilih untuk menggunakannya.

Informasi mengenai perbedaan bank digital dan bank konvensional di atas sudah cukup jelas, kan, Sobat LINE Bank? Kalau kamu tertarik menggunakan layanan perbankan digital, langsung saja download aplikasi LINE Bank dan lakukan pembukaan rekening. Bebas biaya admin, penarikan, dan transfer. Klik banner untuk informasi lebih lanjut!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Jenis Rekening Harus Punya Buat Setiap Kebutuhanmu

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324