Jangan Tertukar, Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Jangan Tertukar, Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Hi Sobat LINE Bank!

Coba deh cek dompet kalian masing-masing, paling tidak kalian pasti punya dua jenis kartu yang biasa kalian pakai untuk transaksi, yakni kartu kredit dan kartu debit. Keduanya merupakan alat pembayaran yang sangat umum digunakan, namun juga memiliki keunggulan dan kelemahan mereka sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas empat perbedaan utama antara kartu kredit dan kartu debit.

Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

1. Sumber Dana 

Salah satu perbedaan paling mendasar antara kartu kredit dan kartu debit adalah sumber dana yang digunakan dalam transaksi. Kartu debit terikat langsung dengan rekening bank kalian. Ketika kalian menggunakan kartu debit untuk pembelian, uang akan langsung ditarik dari saldo rekening. Hal ini berarti, dalam kartu debit, saldo kartu adalah saldo rekening. Kalian hanya dapat menggunakan uang yang memang ada di rekening kalian. 

Di sisi lain, kartu kredit berbeda karena merupakan bentuk kredit yang diberikan kepada kalian oleh bank penerbit kartu kredit. Ketika kalian menggunakan kartu kredit, kalian sebenarnya meminjam uang dari penerbit kartu, dan kalian akan diberikan tagihan yang harus kalian bayar kembali pada tanggal jatuh tempo. Kartu kredit memungkinkan kalian untuk melakukan transaksi sekalipun saat tidak memiliki cukup uang di rekening kalian, tetapi kalian harus selalu ingat bahwa kalian harus membayar kembali jumlah yang kalian pinjam yang sering kali ditambah dengan bunga tambahan.

2. Biaya dan Bunga

Perbedaan signifikan lain antara kartu kredit dan kartu debit adalah biaya yang terkait dengan keduanya. Saat berbelanja menggunakan kartu debit, kalian biasanya tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan pembelian, hanya membayar harga barang atau layanan yang dibeli. Namun, beberapa bank mungkin mengenakan biaya bulanan atau biaya transaksi tertentu tergantung pada jenis rekening debit atau jenis kartu.

Kartu kredit, di sisi lain, memiliki biaya tahunan, meskipun ada banyak pilihan kartu kredit tanpa biaya tahunan yang tersedia. Selain itu, jika kalian tidak melunasi saldo kartu kredit kalian penuh pada akhir bulan, kalian akan dikenakan bunga pada saldo tertunggak. Tingkat bunga pada kartu kredit biasanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat bunga yang kalian dapatkan di rekening tabungan kalian. Ini adalah salah satu alasan mengapa penting untuk selalu membayar tagihan kartu kredit kalian tepat waktu untuk menghindari bunga yang mahal.

3. Sisi Keamanan

Perbedaan lain kartu debit dan kartu kredit ada di penggunaan dan keamanan. Kartu debit biasanya digunakan untuk transaksi harian seperti pembayaran di toko atau penarikan uang tunai dari ATM. Kartu debit sering digunakan untuk transaksi kecil dan sehari-hari. Keamanan pada kartu kredit berbentuk angka PIN. Saat kalian menggunakan kartu debit, kalian perlu memasukkan nomor PIN kalian untuk mengautentikasi transaksi, 

Kartu kredit, di sisi lain, biasanya digunakan untuk pembelian yang lebih besar atau transaksi online. Mereka juga lebih sering digunakan untuk tujuan seperti memesan tiket pesawat atau menginap di hotel. Umumnya transaksi dengan kartu kredit mewajibkan kalian untuk mengisi tiga nomor penting: nomor kartu kredit, tanggal kedaluwarsa, dan kode CVV. Kode CVV adalah tiga atau empat digit yang ditempatkan di belakang kartu dan digunakan untuk mengautentikasi pembayaran. Beberapa bank juga menambahkan keamanan lain seperti kode keamanan yang dikirim via SMS ketika melakukan transaksi. 

4. Kartu Tambahan

Terakhir, salah satu perbedaan penting antara kartu kredit dan kartu debit adalah mengenai kartu tambahan. Pada kartu debit, satu rekening hanya dapat menggunakan satu kartu debit. Kartu debit terikat pada rekening tabungan kalian, sehingga jika menginginkan penambahan kartu, harus dengan cara membuka rekening baru atau membatalkan kartu lama.

Kartu kredit di sisi lain, tidak terikat pada rekening bank. Saat mengajukan permohonan kartu kredit tidak harus di bank tempat kalian membuka rekening atau bank tempat kalian menabung loh. Tergantung permintaan pembuatan kartu kredit kalian disetujui atau tidak. Selain itu, untuk kartu kredit kalian juga bisa meminta kartu tambahan. Banyak orang meminta tambahan kartu kredit dengan beragam alasan misalnya untuk mendapatkan kartu yang memiliki banyak promo menarik, kartu frequent flyer yang bisa ditukarkan dengan tiket pesawat, atau untuk menambah limit kartu sebelumnya. 

Pahami Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit dengan Baik Untuk Situasi Finansialmu

Kartu kredit dan kartu debit adalah alat keuangan yang berbeda dengan manfaat dan keterbatasan masing-masing. Kartu debit memungkinkan kalian untuk menggunakan dana di rekening, tanpa biaya tambahan. Sementara kartu kredit memungkinkan kalian untuk membuat pembelian sekalipun kalian tidak memiliki uang tunai yang cukup saat itu. Namun, penggunaan yang bijak dan manajemen yang tepat diperlukan dalam kedua jenis kartu ini untuk menghindari masalah keuangan, ya!

Pilihan antara kartu kredit dan kartu debit juga tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan keuangan, dan gaya hidup kalian. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya sehingga kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan keadaan kalian. Apakah kalian lebih suka menggunakan kartu debit? Kartu debit LINE Bank menawarkan beragam keuntungan menarik lho! Ada diskon di banyak merchant hingga 50% dan desain kartu yang menggemaskan banget

Untuk kamu yang butuh kredit tapi belum mau mengajukan kartu kredit, LINE Bank menyediakan Quick Credit LINE Bank, pinjaman yang mudah, cepat disetujui, serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323