Bad Habits Ini Yang Ngga Kamu Sadari Bisa Memperburuk Karir-mu!

Bad Habits Ini Yang Ngga Kamu Sadari Bisa Memperburuk Karir-mu!

Sobat LINE Bank, tau ngga sih kalau bad habits atau kebiasaan buruk sehari-hari dapat berdampak pada masa depan karir-mu? Pasalnya, tidak menutup kemungkinan hal ini dapat mengganggu performa dan kinerjamu.

Agar tidak mengorbankan pekerjaan dan tidak merugi di kemudian hari, di bawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang sebaiknya kamu hentikan. Salah satunya mungkin sering kamu lakukan!

Mengapa Bad Habits / Kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kariermu?

Berbagai kebiasaan buruk yang kamu lakukan tentunya akan berdampak pada kariermu. Mungkin karena kebiasaan tersebut sering kamu lakukan, kamu tidak menyadarinya. Namun, terus melakukannya saat bekerja akan menghambat kariermu.

Lama-kelamaan kebiasaan buruk yang kamu lakukan di kantor akan menyebabkan berbagai macam masalah ketika bekerja. Seperti, pekerjaan yang tertunda, tidak termotivasi saat bekerja, dan sulit fokus. Lebih fatalnya lagi, kebiasaan buruk dalam bekerja juga mengakibatkan penilaianmu rendah. Perusahaan memiliki standar penilaian sendiri baik itu KPI (Key Performance Indicator) atau OKR (Objectives and Key Results). 

Dari penilaian tersebut perusahaan akan menentukkan apakah seorang karyawan layak untuk dipromosikan atau berhak mendapatkan rewards. Kalau penilaianmu rendah, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kepada kedua hal tersebut. Jika penilaianmu buruk secara terus menerus tanpa adanya peningkatan, bisa saja kamu mendapatkan sanksi, seperti penurunan jabatan.

Bagaimana mengidentifikasi sebuah Bad Habits / Kebiasaan buruk?

Kebiasaan buruk tersebut terbentuk dari setiap individu sendiri. Saat kinerjamu menurun, proyek tertunda, tidak bisa mencapai target, atau tidak dapat memenuhi deadline yang diberikan, inilah saatnya kamu melakukan introspeksi diri.

Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaanmu yang berdampak negatif pada performa di kantor yang mungkin tidak kamu sadari. Terkadang kebiasaan buruk ini bisa datang dari suatu hal yang bersifat sepele namun memberikan pengaruh yang besar, seperti kurang tidur, kurang istirahat, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, dan lainnya. Hal kecil tersebut dapat membuat kondisi badanmu kurang fit, sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal. Kamu harus mulai memperhatikan satu persatu kebiasaan buruk yang dilakukan dan berusaha untuk merubahnya secara perlahan. 

12 Bad Habits / Kebiasaan buruk yang dapat menghambat kariermu

Untuk membantu mengidentifikasi kebiasaan buruk yang dapat menghambat perkembangan kariermu, berikut ini beberapa jenisnya yang bisa kamu hindari.

1. Suka menunda-nunda pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dapat mengganggu produktivitas dan kinerjamu di kantor. Jika kamu adalah tipe orang yang percaya bahwa kamu dapat mengerjakan pekerjaan di menit-menit terakhir, kamu harus menyadari bahwa akan ada dampak yang diberikan dari hal tersebut. Kebiasaanmu mengerjakan pekerjaan terlalu dekat dengan waktu deadline dapat membuatmu mudah terkena marah oleh rekan kerja yang berkaitan denganmu.

2. Seringkali kurang tidur

Ketika otakmu merasa lelah, kamu akan cenderung untuk mengambil keputusan yang gegabah. Kebiasaan ini juga akan membuat kamu terbiasa dikendalikan oleh harapan dan asumsi dalam berpikir dan bertindak. Jadi, memberikan tubuh waktu tidur yang cukup benar-benar hal yang serius. Sebab, otak akan mampu memproses sebuah pilihan dengan lebih baik setelah semalaman beristirahat. Cobalah untuk membuat keputusan setelah memastikan bahwa kamu mendapat cukup tidur dan istirahat, misalnya pada pagi hari.

3. Makan dengan terburu-buru

Pekerja di zaman modern ini seringkali didesak oleh waktu yang sempit dan membuat kebiasaaan makan dengan terburu-buru lumrah dilakukan. Padahal kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan pelakunya. Hal ini dapat menimbulkan masalah seperti kenaikan berat badan dari pelakunya. Apa lagi kebiasaan makan dengan terburu-buru juga biasanya akan membuat kamu memilih makanan fast food yang jelas saja tidak sehat.

Jadi, usahakan jangan makan dengan terburu-buru. Pastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang baik dan tepat agar terhindar dari masalah kesehatan. Selalu usahakan untuk memakan makanan sehat dan luangkan waktumu untuk makan dengan waktu yang sesuai agar makanan tercerna dengan sempurna. Kamu tidak ingin masalah kesehatan menghambat pengembangan karirmu, bukan?

4. Memulai hari dengan secangkir kopi

Memang meminum segelas atau secangkir kopi sehari adalah kebiasaan lebih dari 50 persen orang di dunia. Padahal, ternyata hal ini dapat cukup mengganggu kinerja karena kafein dapat menumpulkan kemampuan tubuh dalam meningkatkan energi di pagi hari. Kamu termasuk seseorang yang sulit bekerja tanpa kopi? Nah, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini. Agar tetap melek, cobalah untuk mengganti secangkir kopi dengan apel. Pasalnya, seperti kopi, apel juga dipercaya dapat membantumu mengurangi rasa kantuk di pagi hari.

5. Kecanduan media sosial

Kebiasaan buruk sehari-hari lainnya yang dapat mengganggu kinerja dan bahkan mampu membuatmu kehilangan pekerjaan adalah kecanduan media sosial. Sebab, jika kamu bisa memeriksa media sosial selama beberapa menit sekali, hal ini pastinya akan mengganggu fokus dan pekerjaanmu. Beberapa perusahaan bahkan kini telah mampu mengukur dan memantau penggunaan media sosial dari karyawannya. Jadi, berhati-hatilah dan jangan menghabiskan terlalu banyak waktumu dengan berkunjung di media sosial dan mengorbankan pekerjaanmu.

6. Terlalu sering berkata “ya”

Ternyata, terlalu sering berkata “ya” dan tidak bisa menolak untuk setiap permintaan tolong di kantor dapat menjadi kebiasaan buruk yang menghancurkan keseimbangan karir dan kehidupan personalmu. Jadi, cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan berani mengatakan “tidak” pada hal-hal yang dapat mengganggu kehidupan personal atau pekerjaan utamamu. Meski begitu, bukan berarti kamu dapat mengatakan “tidak” seenaknya pada semua permintaan tolong. Kamu tetap perlu mempertimbangkan apakah permintaan tersebut menyulitkan dan merugikan atau tidak.

7. Kurang sopan santun 

Kebiasaan buruk sehari-hari yang terkadang banyak dilupakan oleh individu yakni, sopan santun. Jangan karena sudah merasa akrab dengan rekan kerja atau atasanmu lantas kamu melupakan esensi dari sopan santun. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengucapkan kata, “tolong” ketika ingin meminta bantuan, “maaf” saat melakukan kesalahan, “terima kasih” setelah dibantu oleh orang lain, dan “permisi” saat ingin menyelak orang lain. 

8. Terlalu banyak bekerja lembur

Bekerja dengan giat memang baik, namun terlalu banyak bekerja lembur untuk dianggap giat bekerja ternyata bukan hal yang baik. Sebab hal tersebut membuatmu kehilangan keseimbangan antara kehidupan personal dan pekerjaan. Hal ini bahkan dapat menurunkan produktivitas kerjamu. Jadi, cobalah bekerja sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan dan berusaha disiplin pada waktu tersebut. Kamu harus mampu menjaga keseimbangan hidup dan bekerja. Setelah membaca ketujuh contoh kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat mengganggu kinerjamu di kantor, mulailah menghindari hal-hal di atas.

9. Terlalu banyak mengucapkan kata “maaf”

Ketika kamu terlalu sering meminta maaf saat melakukan percakapan, lawan bicaramu akan merasa bingung. Selain itu, kamu juga akan meninggalkan kesan kalau kamu tidak menghargai opini, ide-ide, dan perilakumu. Dampak buruk dari terlalu sering mengucapkan kata maaf adalah menanamkan ke mindset rekan kerjamu bahwa kamu tidak melakukan hal dengan benar. Kebiasaan buruk ini biasa diubah dengan mengganti ucapan kata maaf tersebut dengan terimakasih. Sebagai contoh, saat mengucapkan kata “Maaf ya aku sudah memintamu bantuanmu” menjadi “Terimakasih ya sudah membantu aku”.

10. Berpartisipasi dalam gosip di tempat kerja

Gosip merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari saat kamu bekerja. Dilansir dari Forbes.com, gosip bisa membuat cara pandang antar rekan kerja menjadi berbeda. Baik kamu berbicara fakta atau tidak, gosip akan menimbulkan konflik antar kolega dan berujung dengan budaya kantor yang toxic. Bergosip dengan rekan kerja dapat memperburuk penilaian kamu dalam pekerja dan menyebabkan penurunan kepercayaan. Daripada kamu terlibat dalam gosip, berusahalah untuk menghindarinya. 

Ketika rekan kerjamu mau bergosip, kamu bisa mencoba untuk mengalihkan topik pembicaraan ke arah yang lebih positif. Jika terlalu sulit, cukup menganggukan kepala saat seseorang sedang bergosip dan ubah subjek pembicaraan. Apabila rekan kerjamu terus melibatkanmu dalam gosip, kamu harus membuat batasan yang jelas. Namun, harus tetap disampaikan dengan baik dan sopan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah Bad Habits / Kebiasaan buruk:

  • Jangan mengubah Bad Habits / Kebiasaan buruk secara langsung, lakukan dengan perlahan.
  • Buat perubahan kecil sebanyak mungkin daripada langsung melakukan perubahan besar.
  • Mengganti kebiasaan buruk dengan membuat rencana harian atau what-to-do list.
  • Mengubah lingkungan atau keluar dari comfort zone yang bisa menghambat melakukan aktivitas.
  • Mencari teman yang sama-sama ingin mengubah kebiasaan buruk. Sehingga bisa saling membantu dan menyemangati satu sama lain.

Berhasil meminimalisir kebiasaan buruk dapat meningkatkan kualitas hidup, termasuk dalam dunia kerja. Bagi calon pekerja, sebisa mungkin kebiasaan buruk tersebut sudah hilang sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, itu dia mengenai Bad Habits Yang Bisa Memperburuk Karir-mu! Jadi, kapan kamu mau mulai berubah?

Selain yang telah disebutkan diatas tadi,kamu juga harus menanamkan kebiasaan menabung. Agar uang gaji mu tidak habis begitu saja, kamu pun harus pandai mengelolanya. Dan ada baiknya kamu memisahkan rekening sesuai dengan kebutuhannya, seperti fitur Multi Rekening!

Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : 5 Kemudahan Yang Kamu Peroleh Dari Kartu Debit LINE Bank

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 284