Guna Menyehatkan Mental, Yuk Beri Self Reward Secukupnya Untuk Diri Sendiri!

Hi Sobat LINE Bank. Siapa yang sudah ngga asing dengan istilah “self reward”? Tapi taukah kamu makna sebenarnya apa sih? Kalau singkatnya artinya yaitu ‘penghargaan diri’. Namun, kata ini memiliki makna yang lebih dalam karena berkaitan dengan produktivitas dan juga kesehatan. Oleh karena itu, tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita cari tau mengenai self reward dan juga manfaatnya.

Guna Menyehatkan Mental, Yuk Beri Self Reward Secukupnya Untuk Diri Sendiri!

Apa sih self reward?

Self reward adalah sebuah tindakan berupa memberi penghargaan kepada diri sendiri. Penghargaan tersebut dilakukan untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan karena telah melakukan sebuah tindakan baik atau mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Salah satu contoh paling sederhana adalah saat kamu berhasil menyelesaikan tugas/pekerjaan yang berat di kantor. 

Dengan memberi penghargaan kepada diri sendiri seperti hadiah, dapat meningkatkan perasaan senang yang kamu rasakan. Hadiah yang diberikan pun bisa dengan berbagai macam bentuk seperti, berbelanja, liburan, atau mengambil cuti untuk rehat sejenak dari kesibukan kerja. Namun pertanyaannya, apakah self reward ini penting? Simak jawabannya dibawah ini!

Pentingnya self reward bagi dirimu

Adapun alasan utama kenapa kamu harus memberikan self reward adalah karena kamu memang pantas mendapatkannya. Hal ini bukan selalu mengenai keberhasilan yang dicapai. Walaupun gagal, kamu tetap pantas memberikan penghargaan kepada dirimu atas usaha yang telah dilakukan. 

Poin utama dari self reward adalah bagaimana cara kamu untuk menghargai diri sendiri. Yang perlu kamu yakini yaitu tidak semua yang direncanakan selalu berhasil, namun di balik semuanya, pasti ada dirimu yang telah berusaha keras. Dan usaha tersebut lah yang patut kamu hargai. 

Dikutip dari tonyrobbins.com, dengan memberikan self reward, otakmu akan memunculkan emosi positif. Emosi tersebut akan memberitahu kesadaranmu bahwa upaya yang telah dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dengan melakukan ini terus menerus, otakmu akan mulai menghubungkan antara kesenangan dan aktivitas yang kamu selesaikan di masa depan. Sehingga hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri, dan juga membuatmu terlatih untuk menghargai proses dalam kehidupan.

Manfaat self reward

1. Menguatkan motivasi 

Dikutip dari The Academic Support Officer JMC Sydney, penghargaan dapat menjadi alasan yang bagus untuk membuat kamu tetap termotivasi dalam mencapai tujuan. Berdasarkan teori operant conditioning, bahwa ketika perilaku diikuti oleh hasil yang menyenangkan, maka kita cenderung mengulanginya. Hal ini karena kita ingin mengulangi hasil yang menyenangkan tersebut. 

Pada saat kamu memberikan penghargaan kepada dirimu, maka akan menimbulkan perasaan bahagia. Perasaan ini lah yang dapat meningkatkan motivasi dalam dirimu. Baik itu dalam urusan pekerjaan atau yang lainnya. Sehingga tekanan yang didapatkan pada saat bekerja bisa berubah menjadi sebuah semangat agar bisa menyelesaikannya dengan cepat.  

2. Meningkatkan produktivitas

Apakah kamu merasakan bahwa produktivitasmu menurun belakangan ini? Jika iya, mungkin kamu membutuhkan self reward. Sejalan dengan menguatnya motivasi, memberikan self reward kepada diri sendiri juga akan meningkatkan produktivitasmu. 

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam  Journal of Personality and Social Psychology, orang yang menerima hadiah langsung dan sering untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil, melaporkan memiliki minat yang tinggi dan lebih banyak kesenangan dalam pekerjaan mereka. Hal ini berbeda dengan orang-orang yang menerima penundaan atau imbalan yang hanya diberikan pada akhir proyek panjang. 

Dengan kata lain, ketika kamu selalu memberikan hadiah saat menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sulit, maka hal tersebut akan menumbuhkan perasaan senang. Perasaan senang ini akan berdampak pada meningkatnya produktivitas dan juga rasa puas saat kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan. 

3. Meningkatkan kesehatan mental

Bayangkan ketika kamu menghadiahi dirimu dengan pergi ke berlibur, berbelanja, atau sekedar me time dirumah dengan menikmati kue coklat sembari menonton series favorit. Pastinya merupakan kegiatan yang menyenangkan kan. Dikutip dari psychcentral.com, menghadiahi dirimu dengan hal yang kamu senangi merupakan salah satu cara untuk mengurangi stress. Pada saat stress berkurang, maka kesehatan mentalmu dapat menjadi lebih baik. 

Oleh sebab itu, dengan mencoba untuk memberikan self reward berupa melakukan hal-hal yang kamu senangi. Dapat menjadi moment yang baik untuk beristirahat secara fisik dan mental.

Contoh self reward 

Self reward tidak melulu harus dilakukan ketika kamu baru mencapai sesuatu yang besar dalam hidupmu. Kamu juga boleh kok melakukannya pada saat mengalami hari yang baik, misalnya seperti mendapat pujian dari atasan atas kinerja yang memuaskan. 

Selain itu, self reward juga tidak harus dilakukan secara mewah atau dengan biaya yang tinggi. Yang terpenting dapat membuatmu menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu, bagi yang masih belum mempunya ide sebagai self reward, kamu dapat mencoba rekomendasi berikut. 

1. Menyediakan waktu untuk sendiri

Ibaratnya sebuah alat, kamu juga membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterai atau energimu. Meluang waktu untuk sendiri atau biasa disebut “me time” merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengisi energimu kembali. Dikutip dari Direction Psychology, pada dasarnya, selama kamu sendirian dan fokus melakukan aktivitas yang disukai, kamu telah berhasil menghabiskan “me time” yang berkualitas. Aktivitas tersebut bisa seperti:

  • Bermain game
  • Menonton film
  • Membaca buku sambil ditemani secangkir kopi
  • Olahraga
  • Meditasi dan sebagainya

2. Liburan 

Hmm, kegiatan ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, khususnya bagi kamu yang bosan dengan suasana kota. Pergi berlibur sendiri atau dengan orang terdekat?

Liburan dapat meningkatkan kesehatan mental karena mengurangi depresi dan kecemasan. Liburan juga dapat meningkatkan suasana hati karena menghilangkan orang dari aktivitas dan lingkungan yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan.

3. Berbelanja

Bagi kamu yang kurang suka bepergian, mungkin berbelanja bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Walaupun cara ini memiliki sisi yang buruk, selama kamu masih dapat membatasi diri, maka berbelanja bisa sangat efektif sebagai self reward. Misalnya saja dengan berbelanja pakaian, sepatu, atau barang yang kamu idam-idamkan sejak lama. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi ke tempat-tempat yang memiliki makanan yang enak. 

Nah itu dia mengenai manfaat Self Reward untuk diri sendiri, jangan lupa ya kamu pun tidak boleh self reward berlebihan ya! Karena akan mengganggu keuangan kamu! Jika kamu ingin self reward namun belum ada budget seperti membeli tas impian, dan barang impian. Jangan khawatir, karena ada Quick Credit LINE Bank & Ajukan pinjamanmu! Kamu akan mendapatkan Cashback hingga Rp 3.000.000.

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Dosa Keuangan Mana Sih Yang Pernah Kamu Lakukan?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277