Dosa Keuangan Mana Sih Yang Pernah Kamu Lakukan?

Dosa Keuangan Mana Sih Yang Pernah Kamu Lakukan?

Bicara soal Ramadan biasanya waktunya untuk menyucikan diri dengan beribadah dan menebus dosa yang pernah dilakukan. Dosa pun beragam, dalam keuangan kadang kamu tidak sadar, ada yang disebut sebagai dosa keuangan alias kesalahan kamu mengelola keuangan yang pada akhirnya membuat kamu menjadi “arogan” terhadap uang yang kamu miliki. Kebanyakan dosa ini timbul karena nafsu alias hasrat untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan.

Lantas apa saja dosa keuangan yang banyak dilakukan oleh banyak orang? Ternyata, banyak hal kecil yang tidak disadari dan bisa membuat keuangan kamu tersiksa. Nah berikut merupakan dosa keuangan yang seharusnya tidak pernah kamu lakukan.

1. Menarik dana investasi untuk gaya hidup

Peruntukan dana yang kamu investasikan pastinya bukan untuk memenuhi gaya hidup sesaat kan? Beberapa orang menempatkan dananya di platform investasi dengan beragam tujuan, ada yang berniat untuk memulai usaha mandiri dari dana tersebut, ada yang ditujukan untuk membeli rumah atau membeli aset lainnya yang mampu menciptakan kemandirian finansial kelak.

Namun hal itu akan menjadi dosa keuangan jika kamu menarik dana investasi hanya untuk memenuhi gaya hidup kamu, seperti untuk mentraktir pacar, liburan mewah atau membeli gadget yang sebenarnya tidak perlu banget hadir dalam kehidupan kamu.

Artinya, kamu tidak bisa mengontrol keinginan dan hasrat kamu sendiri. Jadi, ketika sudah memutuskan untuk membenamkan dana di platfirm investasi, pastikan juga bahwa peruntukannya sesuai dengan tujuan awal.

2. Menunda membayar utang

Jika kamu mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), jangan fokus pada kebutuhan sekunder. JIka memang kamu memliki utang yang harus dilunasi, prioritaskan hal itu.

Karena pada prinsipnya, utang merupakan kebutuhan pokok yang harus dilunasi kewajibannya. Jangan menunda pembayaran utang hanya untuk membeli barang-barang branded terkini, ingin dilihat bergengsi oleh lingkungan atau maksud lainnya.

Karena hal itu hanya akan menjadi dosa keuangan yang pada akhirnya memberatkan kondisi keuangan kamu ke depannya.

3. Tidak menyisihkan dana tabungan

Pastikan bahwa kamu selalu memisahkan dana tabungan pribadi dengan rekening untuk digunakan hidup sehari-hari. Tujuannya agar kamu bisa menyiapkan masa depan dengan lebih baik lewat dana tabungan.

Jangan beranggapan bahwa, nanti gajian bulan depan bakal menabung double, karena bulan ini tidak bisa menabung lantaran ada barang yang kamu idam-idamkan.

Percayalah, di bulan berikutnya kamu akan sulit untuk menggandakan dana tabungan kamu. Karena biasanya, begitu kamu sudah melonggarka kedisiplinan dalam mengelola keuangan, maka hal it uakan terus berlanjut.

Sehingga pada akhirnya, dana tabungan yang harusnya bertambah, bisa jadi malah akan diam atau bahkan berkurang. Jadi tegaskan pada diri sendiri untuk terus menyisihkan dana untuk tabungan, karena toh itu juga untuk masa depan kamu juga.

4. Terlalu banyak self reward

Tidak ada yang salah dengan self reward. Karena segelas kopi bermerk yang kamu beli di saat tertentu, tidak bergitu berpengaruh terhadap kondisi keuangan. Tetapi akan jadi kurang baik ketika kamu terlalu sering memberikan apresiasi pada diri sendiri.

Karena hal tersebut berpotensi mendorong hasrat belanja impulsif kamu. Ditambah, buat budget untuk apresiasi diri sendiri, sehingga kamu tidak terdorong menjadi boros.

Semisal kamu membuat budget untuk self reward adalah Rp100 ribu setiap bulannya, jika bulan ini dana tersebut tidak kamu gunakan, kamu bisa menggandakannya di bulan depan.

Asal jangan menggunakan sumber dana lainnya ya. Dengan begitu, kamu bisa terus bersemangat mencari penghasilan tanpa perlu khawatir menggerus dana tabungan atau pos keuangan lainnya untuk self reward.

Nah itu dia mengenai dosa keuangan yang mungkin pernah kamu lakukan, kalau menurut mimin sih sedia payung sebelum hujan deh yuk. Biasakan menabung dan siapkan dana darurat kamu dan hindari dosa-dosa keuangan yang bikin kamu susah nabung. Kalau urusan nabung, mimin bisa bantu berikan solusi biar nabung makin fun dan teratur! Kamu cuma gunakan fitur “Multi Rekening”.

Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Ampuh Berbenah Keuangan Saat Ramadhan

Bagikan ke Temanmu