Apa Itu Kartu VISA? Perbedaan Antara VISA & GPN? Cek Selengkapnya

Apa Itu Kartu VISA? Apa Perbedaan Antara VISA & GPN? Cek Selengkapnya

Hi Sobat LINE Bank,

Pengertian Kartu Visa

Kartu Visa adalah sebuah jaringan pembayaran global. Sangat memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi pembayaran secara elektronik di berbagai tempat yang menerima pembayaran Visa. Ini mencakup pembelian, penarikan uang tunai dari ATM, dan transaksi keuangan lainnya. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu dan sering menyertai manfaat seperti program loyalitas. Pemegang kartu wajib membayar tagihan sesuai dengan saldo yang terakumulasi selama penggunaan kartu. Jika tidak, bunga dan biaya tambahan akan dikenakan oleh penerbit kartu kredit.

Mengenal Kartu GPN & Visa

1. Apa itu GPN?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah alat pembayaran berupa kartu debit yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, untuk bertransaksi melalui mesin Electronic Data Capture (EDC).

Sebagai pengguna kartu ini, kamu dapat menarik atau menyetor uang dengan mudah melalui mesin ATM EDC di manapun yang memiliki logo GPN.

2. Apa itu Visa? 

Visa adalah salah satu alat transaksi luar negeri yang didirikan oleh perusahaan multinasional Bank of America sejak tahun 1955, baik berupa kartu debit maupun kredit.

Perbedaan kartu Visa dan GPN yang paling utama adalah dilihat dari tujuan penggunaannya. 

Yap, GPN ditujukan untuk transaksi di dalam negeri, sementara Visa merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan secara internasional.

Baca Juga: Kapan waktu tepat untuk menabung di Deposito? Apalagi dapet cashback Rp1.230.000

Perbedaan Kartu GPN & Visa

1. Perusahaan Penerbit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, GPN merupakan alat pembayaran keluaran Bank Indonesia, sementara Visa diciptakan langsung dari Amerika serikat.

2. Jangkauan Penggunaan Kartu

Meskipun hanya dapat digunakan di dalam negeri, namun jangkauan penggunaan kartu GPN mudah untuk diakses, karena bisa dilakukan melalui mesin EDC apa saja, selama suatu merchant menyediakan alatnya sebagai sistem pembayaran.

Jika menggunakan kartu Visa, kamu hanya dapat bertransaksi di merchant tertentu, biasanya cukup terbatas walaupun sudah menjangkau di seluruh dunia. Selain itu jika di Indonesia, selama merchant menyediakan EDC, maka debit atau credit card dapat digunakan.

Sedangkan untuk transaksi di luar negeri, Visa harus bekerja sama terlebih dahulu pada suatu merchant baru bisa dipakai.

Jenis Kartu LINE Bank yang Tersedia, yaitu GPN dan VISA. 

Apa Itu Kartu VISA? Apa Perbedaan Antara VISA & GPN? Cek Selengkapnya
Doc. Jenis Kartu LINE Bank

Nah itu dia mengenai perbedaan antara VISA & GPN, gimana kamu sudah punya kartunya belum?

Jika belum yuk daftarkan sekarang mumpung ada promo spesial dari LINE Bank, Buka rekening LINE Bank dapatkan cashback Rp100.000.

Sekarang Sobat LINE Bank bisa langsung mengunjungi situs resmi dari LINE Bank untuk melihat beberapa informasi terkait Kartu Debit atau Sobat LINE Bank bisa Untuk itu, tunggu apa lagi? Yuk, segera Download LINE Bank dan nikmati berbagai fitur menarik yang disediakan oleh LINE Bank sekarang juga! 

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Baca Juga: Mengenal Nomor Kartu Debit dan Fungsinya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311