Akhir Tahun Pingin Nikah? Ini Persiapan Sebelum Menikah

Akhir Tahun Pingin Nikah? Ini Persiapan Sebelum Menikah

Menikah memang bukanlah tentang tujuan akhir, namun ga ada salahnya memiliki mimpi untuk menikah di akhir tahun ini atau bahkan tahun depan. Namun jangan sampai terburu-buru. Pertama selain memantapkan hati mengenai calon pasangan yang kamu pilih, ada beberapa hal yang penting menjadi persiapan sebelum menikah. Menikah bukanlah hal yang mudah dilalui. Kamu sendiri harus memiliki beberapa pertimbangan dan jawaban sebelum masuk ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan. Berikut Ini persiapan sebelum menikah, yuk disimak!

1. Kenali Diri Sendiri Dulu Sebelum Menikah

Persiapan sebelum menikah yang pertama yaitu untuk memahami kelemahan dan kelebihan diri mu terlebih dahulu. Pernikahan tidak selalu indah dan mudah. Sebelum menghadapi masalah-masalah pernikahan, kamu wajib memahami diri sendiri. Ini berguna jika nantinya ada masalah dengan pasangan, sehingga kamu tahu apa prinsip yang kamu punya untuk menyelesaikan masalah.

Mengenal dan mencintai diri sendiri juga bisa memberikan kemudahan untuk kamu melewati masa-masa sulit yang kelak akan dihadapi dengan pasangan dalam rumah tangga. Dengan mengenal dan mencintai diri sendiri sebelum menikah, dapat mempermudah mu mencintai serta menerima pasangan untuk jadi teman hidup selamanya.

2. Persiapkan Pembagian Waktu Dengan Teman & Keluarga

Banyak orang berpikir sesudah menikah ia harus menghabiskan waktu dengan pasangannya lebih banyak. Tak jarang, banyak juga yang mengaku bahwa setelah menikah malah merasa lebih jauh dari keluarga dan teman-temannya. Jika demikian, kamu harus menanamkan pada diri sebelum menikah bahwa pernikahan bukan untuk melupakan atau menarik diri dari orangtua dan pergaulan.

Padahal, membagi waktu dengan orang lain setelah menikah bisa membuat hubungan dan pasangan makin kuat, lho. Setelah mengobrol dengan teman atau orangtua, kamu bisa menambah pengalaman atau pengetahuan soal kehidupan rumah tangga.

3. Pikirkan Soal Masalah Keuangan & Pembagian Tugas Rumah Tangga

Menentukan porsi bayar-membayar dan tugas rumah tangga merupakan hal yang kamu harus pikirkan dan bahas sebelum menikah dengan pasangan. Usahakan saling terbuka soal keuangan dan tugas yang harus diemban setelah menikah. Misalnya siapa yang membayar listrik, siapa yang tugas mencuci baju, dan siapa yang giliran memasak.

Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa membuat anggaran berapa biaya yang harus ditanggung bersama serta biaya pribadi. Membicarakan keuangan dan peran masing-masing dalam rumah tangga sebelum menikah penting agar kamu dan pasangan bisa saling memenuhi tanggung jawab satu sama lain tanpa harus berdebat sengit nantinya. Selain membuat anggaran, ada baiknya kamu mulai memisahkan tabungan sesuai kegunaanya. Sehingga budget untuk tiap kebutuhan atau keinginan dapat lebih mudah tewujud nantinya. Nah ditambah lagi di LINE Bank ada fitur multi rekening, lho! Di fitur ini kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. Jadi lebih mudah kan, Sobat LINE Bank?

4. Persiapan Sebelum Menikah Untuk Menghadapi Konflik

Pernikahan melibatkan dua orang, sehingga kemungkinan kamu dan pasangan akan memiliki pandangan yang berbeda saat bersama nanti. Kamu harus siap jika nantinya bertengkar atau berbeda pendapat dengan pasangan. Masalah saat pacaran juga bisa menjadi masalah yang akan muncul lagi nantinya setelah menikah. Maka, ada baiknya Anda dan pasangan membicarakan batasan apa yang harus dipatuhi sebelum menikah.

5. Pemikiran Punya Anak Atau Tidak

Setiap pasangan harus memiliki tujuan mengenai pernikahannya. Beberapa pasangan ada yang berniat memiliki buah hati dan ada pula yang tidak. Ini merupakan salah satu hal penting yang harus di bicarakan dan pikirkan sebelum menikah. Jika ingin memiliki buah hati, tentukan kapan mau hamil, rencanakan program kehamilan, jalani gaya hidup sehat, bahkan Anda harus mempersiapkan urusan finasial mengenai biaya masa depan buah hati. Jika tidak, silakan Anda dan pasangan putuskan visi misi apa yang akan dicapai hingga masa tua nanti.

Nah itu dia yang Perlu Siapkan Sebelum Menikah. Selain poin-poin diatas, pastinya kamu harus mempersiapkan tabungan. Jika ada kelebihan uang jangan kemudian langsung dikonsumsi. Tabunglah untuk persiapan dana saat nanti resepsi pernikahan atau kebutuhan lainnya.

Nah, apalagi di LINE Bank jika buka tabungan LINE Bank akan dapat cashback hingga 650 rb serta bunga nya juga 6% lho!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disi

Baca juga : Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 288