5 Tujuan menabung sejak dini, ternyata punya banyak manfaat lho!

5 Tujuan Menabung Sejak Dini, Bantu Pengelolaan Keuangan!

Hi Sobat LINE Bank,

Menabung adalah kegiatan menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang dimiliki untuk kebutuhan masa depan. Yuk, kenali manfaat menabung di sini!

Jika belum, yuk lakukan sekarang! Menabung merupakan aktivitas yang menguntungkan. Di mana salah satu manfaat menabung adalah menghindarkan diri dari lilitan utang.

Nah, manfaat menabung berikut hanya bisa didapatkan apabila kamu menerapkannya secara konsisten. Sebaliknya, apabila kamu tidak menabung, akan ada kebiasan buruk yang muncul, seperti pemborosan.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami secara keseluruhan tentang tujuan dan manfaat menabung. Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel ini sampai habis.

Apa itu menabung?

Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan secara berkala dan menyimpan dananya untuk keperluan masa mendatang. Contohnya, saat kamu mendapatkan gaji di tanggal 1, kamu dapat mengalokasikan beberapa persen dari gaji untuk disimpan.

5 Tujuan menabung

Apa tujuan menabung? Menabung juga bukan berarti mengalokasikan seluruh pendapatan untuk disimpan. Tujuan menabung adalah menciptakan dana cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu atau saat keadaan darurat.

Di samping itu, kamu juga mampu menabung untuk membeli barang tertentu. Misalkan, kamu ingin membeli buku baru seharga Rp500.000, sedangkan pendapatan per bulan Rp200.000 dan pengeluaran bulanan Rp100.000. Maka,kamu mampu membeli buku dalam kurun waktu 5 bulan dengan menyisihkan Rp100.000 per bulan.

Kemudian, apa tujuan menabung? Nah, dari contoh di atas, terdapat 5 manfaat menabung yang bisa kamu raih. Apa saja itu?

  1. Belajar hemat. Pertama, tujuan dan manfaat menabung adalah belajar hemat. Dengan menyisihkan sebagian uang, kamu akan belajar menghemat pengeluaran dan berpikir secara jangka panjang.
  2. Belajar menghargai nilai uang. Kedua, tujuan dan manfaat menabung adalah belajar menghargai uang. Kamu akan belajar untuk menghargai nilai uang yang kamu dapatkan.Baik itu pemasukan dari orang tua ataupun gaji, keduanya sama-sama berangkat dari kerja keras. Sehingga setiap rupiah yang kamu miliki sangat berharga.
  3. Belajar pengelolaan keuangan. Ketiga, manfaat menabung adalah belajar pengelolaan uang pribadi. Kamu akan mampu menakar berapa jumlah yang harus dikeluarkan per bulan dan jenis pengeluaran apa saja yang bisa dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Serta seberapa besar dana untuk disisihkan sebagai tabungan.
  4. Menghindari diri dari terlilit utang. Keempat, manfaat menabung adalah menjauhkan diri dari utang. Apabila kamu menabung untuk tujuan tertentu, kamu dapat mengalokasikan sebagian dana perbulannya hingga meraih nominal yang diinginkan. Hal ini tentunya mampu menjauhkan diri kamu dari lilitan utang karena tidak perlu meminjam dana kepada orang lain.
  5. Belajar disiplin. Kelima, tujuan dan manfaat menabung adalah belajar disiplin. Dengan mengalokasikan dana per bulan selama setahun atau lebih, kamu telah mendisiplinkan diri untuk tidak menggunakan uang secara berlebihan dan menyimpannya untuk keperluan mendatang.

5 Perbedaan menabung di bank dan celengan

Dahulu kala, orang Indonesia menggunakan peti di rumah atau menaruh di bawah bantal untuk menyimpan harta. Kemudian, muncul celengan, sebuah benda berbentuk hewan dari tanah liat yang memiliki lubang kecil untuk memasukkan uang. Nah, kemudian barulah muncul bank yang menawarkan pengelolaan harta secara profesional.

Proses penyimpanan dapat dilakukan sendiri atau menggunakan jasa dari perusahaan pengelola keuangan seperti bank. Lantas apa perbedaannya? Berikut 5 perbedaan antara menabung di bank dan menggunakan celengan.

  1. Keamanan. Menabung di bank jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menabung di celengan. Sebab, uang kamu akan tersimpan dalam brankas yang dijaga ketat oleh petugas bank.Sebaliknya, jika menabung di celengan, uang kamu akan lebih rentan diambil karena umumnya celengan terbuat dari tanah liat yang dapat dihancurkan dengan mudah.
  2. Bunga. Dana yang kamu tabung di celengan pada bulan Februari, jumlahnya akan sama pada saat kamu melihatnya pada bulan Maret. Sedangkan jika kamu menabung di bank, ada kemungkinan dana akan bertambah karena sistem bunga yang diterapkan.
  3. Pengelolaan dan pencatatan dana. Pengelolaan dan pencatatan dana yang diimplementasikan bank lebih profesional dan sistematis. Sedangkan jika menabung di celengan, ada kemungkinan dana tidak akan terhitung secara detail dan uang akan tercecer.
  4. Kemudahan transaksi. Jika menggunakan celengan, kamu perlu memecahkan celengan atau mencungkil uang agar keluar dari lubangnya. Baru kemudian bertransaksi dengan orang lain.Jika menabung di bank, Anda dapat mentransfer dana kepada rekening penerima dengan mendatangi kantor cabang, ATM, atau menggunakan m-banking.
  5. Biaya administrasi dan pajak. Walaupun memiliki banyak kemudahan, bank di Indonesia mewajibkan nasabah untuk membayar biaya administrasi dan pajak. Sedangkan jika menabung di celengan, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kedua biaya tersebut.

Syarat menabung

Syarat yang harus dipenuhi untuk menabung di bank cukup mudah. Pihak bank biasanya hanya membutuhkan nomor identitas diri (KTP/Passport) serta setoran dana awal yang harus diserahkan saat melakukan pendaftaran. Mudah, kan?

Cara menabung

Ada dua jenis pendaftaran yang dapat kamu pilih saat membuka rekening tabungan baru, yaitu mendaftar secara langsung di bank dan mendaftar lewat aplikasi banking secara daring. Nah, cara menabung untuk kedua jenis tersebut sebagai berikut:

Mendaftar di bank:

  1. Datanglah ke kantor cabang terdekat.
  2. Siapkan dan serahkan dokumen persyaratan kepada petugas customer service.
  3. Mengisi dan menandatangani formulir dengan data yang benar.
  4. Menyerahkan setoran minimum awal. Setoran awal setiap bank di Indonesia berbeda-beda. Sehingga, pastikan dana yang kamu siapkan sesuai dengan standar minimumnya.
  5. Setelah seluruh berkas telah terverifikasi dan data kamu tersimpan di bank, akan mendapatkan buku tabungan dan kartu debit sebagai bukti sah kepemilikan rekening.

Mendaftar secara online :

  1. Menginstall aplikasi LINE Bank yang terdapat di Play Store atau App Store.
  2. Mengisi formulir online dan mengunggah dokumen persyaratan. Umumnya, nasabah hanya perlu mempersiapkan Nomor KTP, foto KTP, foto diri dan KTP, serta nomor NPWP (jika punya).
  3. Memverifikasi pendaftaran lewat video call dengan pihak bank.
  4. Rekening kamu sudah dapat digunakan untuk bertransaksi selama ada dana yang tersimpan di dalamnya.
  5. Umumnya, bank akan mengirimkan kartu debit kepada nasabah dengan rentang waktunya antara 3 hingga 7 hari. Jadi, selamat menunggu, ya!

Kamu telah memahami berbagai tujuan menabung yang dapat membantu mengelola keuangan. kamu juga telah mendapatkan perbandingan antara menabung di bank dan di celengan.

Jika tertarik untuk menabung di bank, kamu dapat menjalankan cara pendaftaran yang sudah dijelaskan, Selamat menabung ya!

Kalau untuk urusan keuangan dan cash flow  serahkan ke LINE Bank biar tetap nyaman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya. Menarik bukan?

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Bestie Andalan Night, Kolaborasi Seru LINE Bank x Friday Noraebang

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327