Mengenal Perbedaan Dana Tabungan dan Dana Pensiun: Cara Mempersiapkannya!

Mengenal Perbedaan Dana Tabungan dan Dana Pensiun: Cara Mempersiapkannya!

Hi Sobat LINE Bank,

Keuangan yang sehat memerlukan perencanaan matang, terutama dalam hal menyiapkan cadangan finansial. Dua konsep yang sering kali disamakan tetapi sebenarnya berbeda adalah “Dana Pensiun” & “Tabungan.” Meskipun keduanya bertujuan untuk keamanan finansial, pemahaman perbedaan di antara keduanya dapat membantu kita mengelola keuangan dengan lebih efektif. Yuk simak perbedaan dan manfaat masing-masing, dan penting keduanya untuk hidupmu.

1. Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan salah satu produk dana pensiun dengan aset lancar yang telah kita persiapkan untuk dimanfaatkan guna memenuhi semua kebutuhan setelah pensiun. Lantas, berapa besar tabungan pensiun yang harus kita persiapkan untuk masa tua kelak?

Manfaat Dana Pensiun :

Pada dasarnya, tujuan memiliki dana pensiun yang cukup adalah agar kita mandiri secara keuangan di masa tua. Bayangkan, apa yang terjadi jika di masa pensiun nanti, kita sudah tidak lagi memiliki sumber pendapatan tetap yang biasa diterima tiap bulan. Di sisi lain, anak-anak kita sudah berkeluarga dan tentunya fokus pada biaya hidup keluarga mereka dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Di samping itu, akan muncul beberapa risiko yang bisa saja kita alami di masa tua nanti. Seperti usia rentan dan memiliki resiko kesehatan.

2. Tabungan

Tabungan adalah akumulasi dana yang disimpan untuk tujuan tertentu, baik untuk membeli barang tertentu, liburan, investasi, ataupun tujuan lainnya. Tabungan dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang, tergantung pada tujuan keuangan individu. Selain itu, tabungan juga dapat digunakan sebagai dana darurat jika memiliki likuiditas yang cukup, meskipun sebaiknya tidak menjadi sumber utama untuk keadaan darurat.

Manfaat Tabungan:

  • Merencanakan Pencapaian Tujuan: Memungkinkan untuk merencanakan dan mencapai tujuan keuangan jangka pendek, seperti pembelian barang tertentu.
  • Investasi Jangka Pendek: Meskipun tidak memberikan hasil investasi seperti instrumen keuangan lainnya, tabungan memberikan keamanan dan likuiditas yang tinggi.
  • Pendekatan Jangka Panjang: Bisa menjadi dasar untuk merencanakan kebutuhan keuangan jangka panjang, seperti pendidikan anak atau pensiun.

Perbedaan Utama Antara Dana Pensiun dan Tabungan

Dana pensiun dirancang untuk masa tua kamu disaat sudah tidak bisa bekerja lagi, sementara tabungan digunakan untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek atau jangka panjang.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun?

Dalam perencanaan keuangan, penting untuk menghitung rasio antara investasi dengan kekayaan bersih. Amannya, nilai perbandingan antara investasi dan kekayaan bersih itu 50% atau lebih. Bila sampai di angka ini, tandanya jumlah investasimu sudah cukup sehat.  

Semakin dekat dengan masa pensiun, nilai rasio ini harus makin besar karena inflasi merupakan suatu hal yang gak bisa kita hindari. Makanya, mumpung masih muda dan produktif, manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan aset dan dana pensiun supaya masa tua jadi aman dan tentram. 

Lantas apa yang harus kita lakukan saat mempersiapkan dana pensiun yang kita butuhkan nanti?

1. Hitung dan Cari Tahu Apa Saja Kebutuhan di Masa Pensiun

Mencari tahu kebutuhan masa pensiun adalah hal yang wajib kita lakukan. Karena dari kebutuhan inilah akan muncul berapa jumlah pengeluaran kita nanti. Lakukan perhitungan secara rinci mengenai berapa yang dibutuhkan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, perawatan hunian, serta tanggungan, dan sebagainya. Hitung pula berapa biaya pengeluaran yang akan dialokasikan untuk rekreasi dan hal-hal yang menyangkut gaya hidup.  

Selalu ingat bahwa, untuk bisa mendapatkan kenyamanan di hari tua, kita harus memperhitungkan kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi ketika sumber pendapatan kita telah hilang.

2. Tentukan Kapan Mau Pensiun

Kini, makin banyak orang yang memutuskan untuk pensiun di usia muda, namun agar tetap dapat melanjutkan hidup dengan nyaman, dibutuhkan strategi keuangan khusus. Sebagai gambaran yuk lihat contoh kasus di bawah ini: 

Michael berusia 30 tahun dan bercita-cita untuk pensiun di usia 55 tahun. Jadi, Michael memiliki rentang waktu 25 tahun untuk berinvestasi guna mengumpulkan dana pensiun.  

Anggap saja, dengan berinvestasi menyisihkan uang Rp 5,9 juta per bulan di instrumen investasi dengan imbal hasil 15% per tahun. Maka dalam 25 tahun, tabungan pensiun yang berhasil dikumpulkan oleh Michael adalah Rp 5 miliar.

Cukupkah Dana Pensiun Kamu?

Hidup tenang dan nyaman di hari tua, sudah menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, sedari muda, kita perlu mempersiapkan masa pensiun yang matang. Kenapa? Karena persiapan pensiun bukan gimana nanti, melainkan nanti gimana. 

Mulai dari sekarang kamu harus pintar mengelola keuangan,

Kalau untuk urusan keuangan dan cash flow  serahkan ke LINE Bank biar tetap nyaman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya. Menarik bukan?

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Bestie Andalan Night, Kolaborasi Seru LINE Bank x Friday Noraebang

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327