Pinjaman Dana Pendidikan: Baik atau Buruk sih? Cek Jawabannya

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu pasti sudah tidak asing dengan pinjaman dana pendidikan, apakah baik atau buruk? Bagaimana cara memilih pinjaman dana pendidikan? Yuk, simak jawabannya di sini!

Pendidikan merupakan salah satu investasi terpenting dalam hidup. Namun, biaya pendidikan yang semakin tinggi dapat menjadi hambatan bagi banyak orang untuk mencapai tujuan pendidikan di masa depan. 

Pinjaman dana pendidikan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini, tetapi seperti halnya produk keuangan lainnya, pinjaman dana pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. 

Penasaran? Yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Pinjaman Dana Pendidikan: Baik atau Buruk sih? Cek Jawabannya

Pengertian Pinjaman Dana Pendidikan

Pinjaman dana pendidikan adalah dana yang dipinjamkan oleh lembaga keuangan atau pemerintah kepada seseorang untuk membiayai pendidikan hingga lulus. Pinjaman ini dapat digunakan untuk berbagai biaya pendidikan, seperti biaya sekolah/kuliah, biaya hidup, hingga biaya membeli modul-modul kuliah.

Jenis-jenis Pinjaman Dana Pendidikan

Berikut ini jenis-jenis pinjaman dana pendidikan, yaitu:

1. Pinjaman Bersubsidi

Pinjaman bersubsidi adalah pinjaman, dimana pemerintah membayar seluruh atau sebagian pinjaman selama peminjam bersekolah. Tidak hanya dari pemerintah, ada pula pinjaman dari sektor swasta ataupun lembaga sosial yang mengadakan program pinjaman bersubsidi ini sebagai salah satu misi sosial penyamarataan kesejahteraan pendidikan di Indonesia.

2. Pinjaman Tanpa Subsidi

Pinjaman tanpa subsidi adalah pinjaman, dimana peminjam bertanggung jawab untuk membayar semua pinjaman, termasuk bunga yang telah ditetapkan di awal. Ada yang berbentuk pinjaman lunak dari lembaga pendidikan yang bersangkutan, ada pula yang berbentuk pinjaman online.

Pada beberapa kasus, pinjaman tanpa subsidi ini ada juga yang berbentuk kontrak kerja, dimana sang peminjam diwajibkan menandatangani kontrak dan menyatakan siap langsung bekerja di perusahaan/lembaga pemberi pinjaman tersebut selama periode tertentu setelah lulus sekolah/kuliah. Tentunya dengan gaji yang langsung dipotong rutin setiap bulannya untuk mencicil pelunasan pinjaman.

Pro dan Kontra Pinjaman Dana Pendidikan

Manfaat Dana Pendidikan

1. Membantumu Mencapai Tujuan Pendidikan

Pendidikan memberikan return terbaik jika kamu masih tergolong muda secara usia. Pinjaman dana pendidikan dapat menjadi solusi agar kamu bisa membiayai pendidikan kamu saat kamu tidak memiliki cukup uang saat ini.

2. Membangun Histori Kredit Kamu

Melakukan pembayaran pinjaman dana pendidikan tepat waktu dapat membantu membangun kredit kamu, yang dapat bermanfaat untuk mendapatkan pinjaman lain di masa depan.

Bahaya Dana Pendidikan

1. Ada Risiko Gagal Bayar

Jika kamu tidak dapat membayar pinjaman dana pendidikan kamu, kamu mungkin akan mengalami gagal bayar. Gagal bayar dapat merusak kredit kamu dan membuat kamu sulit mendapatkan pinjaman lain di masa depan.

2. Biaya Tambahan

Pinjaman dana pendidikan mungkin memiliki biaya tambahan, seperti biaya administrasi atau biaya denda keterlambatan bayar. Biaya ini dapat menambah jumlah total yang harus kamu bayar.

Jadi, dapat diambil kesimpulan sementara bahwa pinjaman dana pendidikan bisa jadi bermanfaat tetapi bisa jadi berisiko. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mempertanyakan beberapa hal berikut:

  • Berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk membiayai pendidikan kamu? Apakah mungkin jika kamu mencari dana dalam bentuk lain selain pinjaman pendidikan?
  • Bagaimana kamu akan membayar kembali pinjaman dana pendidikan kamu? Apakah kamu siap jika nanti setelah lulus kamu akan mencicil utang pinjaman tersebut?
  • Jenis pinjaman dana pendidikan apa saja yang aksesnya terbuka untukmu saat ini?
  • Apa saja syarat dan ketentuan pinjaman dana pendidikan, seperti suku bunga dan jangka waktu pembayaran? Apakah menurutmu masuk akal?

Tips Memilih Pinjaman Dana Pendidikan

Memilih pinjaman dana pendidikan yang tepat dapat membantumu mencapai tujuan pendidikan kamu tanpa terbebani oleh utang yang besar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih pinjaman dana pendidikan yang tepat:

1. Hitung Kebutuhan Biaya Pendidikan Kamu

Langkah pertama adalah menghitung berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk membiayai pendidikan kamu. Ini termasuk biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya lainnya hingga lulus.

2. Carilah Sumber Pendapatan Lain

Sebelum kamu mengambil pinjaman, cobalah untuk mencari sumber pendapatan lain untuk membantu kamu membiayai pendidikan kamu. Ini dapat termasuk pekerjaan paruh waktu, melamar program beasiswa, atau bantuan keuangan dari keluarga. 

Jadikan pinjaman sebagai pilihan terakhir jika kamu sudah melakukan yang terbaik tetapi masih belum menemukan titik terang.

3. Bacalah dengan Teliti Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Sebelum kamu menandatangani dokumen pinjaman, pastikan kamu memahami semua syarat dan ketentuannya. Ini termasuk suku bunga, jangka waktu pembayaran, biaya, dan penalti keterlambatan pembayaran.

4. Pilihlah LINE Bank sebagai Pinjaman dana pendidikan kamu

Layanan pinjaman yang terjamin aman dengan limit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sobat LINE Bank dan syarat permohonan yang mudah. KTA dan Quick Credit bisa menjadi pilihan kamu jika berkeinginan untuk mencoba layanan pinjaman dari LINE Bank. Tidak perlu khawatir, banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama LINE Bank. Contoh manfaatnya yaitu bebas bunga hingga 30 hari, proses mudah, dan pembayaran mudah.

So, kesimpulannya Pinjaman Dana Pendidikan itu baik atau buruk? tergantung cara kamu mengelolanya dengan bijak dan pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Yuk, download aplikasi LINE Bank Indonesia sekarang juga di Playstore atau AppStore yang tersedia di ponsel masing-masing Sobat LINE Bank, ya!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327