5 Cara Ampuh Mengatasi Stres Finansial

5 Cara Ampuh Mengatasi Stres Finansial

Hi Sobat LINE Bank,

Siapa yang belom pernah ngerasa stres sama sekali? hayo ngakuuu!! 😣

Memang pemacu stres ada banyak jenisnya, salah satunya masalah finansial yang dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan fisik dan mental, serta kualitas hidup secara keseluruhan. 

Uang adalah titik akses terhadap banyak kebutuhan, termasuk makanan, tempat tinggal, perlindungan dan layanan kesehatan. Hal ini menjadi wajar jika seseorang akan merasa stres jika keadaan finansial sedikit terguncang. Seiring waktu stres berkepanjangan yang disebabkan oleh keadaan finansial dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, kecemasan dan depresi, serta menyebabkan perilaku tidak sehat seperti penyalahgunaan zat.  Cara mengurangi tekanan finansial dan stres keuangan gimana sih? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mendidik atau educate diri sendiri

Temukan sumber daya pendidikan untuk mengajari diri lebih banyak tentang uang, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak informasi tanpa merasa kewalahan. Dizaman digital sekarang, banyak training dan tips-tips online yang bisa kamu pelajari untuk memberikan pemahaman tentang uang (Money literacy) pada diri sendiri.

2. Mulai dengan perlahan dan tertuju

Kamu sebaiknya menetapkan tujuan dari apa yang kamu peroleh. Menetapkan tujuan tambahan dapat membantu membuat tugas-tugas ini tidak terasa terlalu menakutkan dan membuat stres. Lakukan dengan perlahan agar mendapatkan tujuan yang bagus.

3. Mencari hiburan gratis

Berpikir finansial, kamu tidak harus terpaku pada satu pekerjaan untuk mendapatkan uang tetapi perlu diperhatikan untuk selalu menenangkan diri.  Namun, kesenangan yang kamu inginkan harus disesuaikan dengan keadaan finansial. Jika ada kesempatan gratis untuk menenangkan diri, maka ambil kesempatan tersebut.

4. Latihlah perawatan diri dan perhatian penuh

Masalah keuangan seringkali tidak terselesaikan dalam semalam, jadi penting untuk memprioritaskan rutinitas yang sehat untuk mengendalikan stres. Menjaga kesehatan fisik dan mental akan memungkinkan kamu menjaga pikiran jernih dan berfungsi sebaik mungkin dalam jangka panjang. Hal ini antara lain dengan menjaga pola makan yang sehat, tidur malam yang cukup dan berolahraga secara teratur.

5. Carilah dukungan

Berurusan dengan masalah keuangan bisa melelahkan dan menantang tetapi kamu tidak perlu mengatasinya sendiri. Meskipun membicarakan keuangan mungkin terasa tabu, berhubungan dengan orang lain dapat mengurangi stres dan membantu kamu tidak merasa sendirian.

Nah itu dia mengenai 5 Cara Mengatasi Stres Finansial, nah buat kamu yang merasa gelisah atau stres mengenai finansial mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk coba tips diatas.

Nah biar finansial kamu makin lancar, yuk atur keuangan kamu dengan fitur Multi Rekening.  Jadi kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Apa itu Dana Darurat? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Bagikan ke Temanmu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *