4 Tips Mudah & Aman Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi (2022)

5 Tips Aman Menghadapi Gempa Bumi Sesuai Situasimu

Bencana gempa bumi bisa terjadi kapan pun dan secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu atau tempat. Untuk itu perlu adanya pembekalan diri mengenai cara menyelamatkan diri disaat gempa supaya mengurangi atau bahkan menghindari cidera atau bahaya lainnya.

Di Indonesia, Bencana gempa bumi memang sering terjadi. Dikutip dari Indonesiabaik.id bahwa lokasi Indonesia berada pada garis cincin api pasifik yang memang dianggap rawan bencana alam seperti gempa bumi. Nah disaat lempeng samudra atau benua dan juga gunung berapi sedang aktif, disaat itulah gempa pun bisa saja terjadi.

Setelah mengetahui resiko tersebut, ada baiknya sebagai warga Indonesia kita harus siap kapan pun bencana ini terjadi. Jika gempa bumi terjadi, jangan panik. Solusi tepat untuk bisa menyelamatkan diri yaitu dengan memahami upaya penyelamatan diri saat gempa bumi. Yuk disimak!

Cara Pertolongan Pertama Untuk Menyelamatkan Diri saat Gempa

a. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam kamu. Posisi ini dapat melindungi kamu dari jatuh dan tetap memungkinkanmu untuk bergerak.

b. Cari penutup kepala dan leher ( Bahkan seluruh tubuh jika memungkinkan) , dengan berlindung di bawah meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekatmu, bergeraklah menuju dinding bagian dalam dan tutupi kepala dan leher dengan lengan dan tangan.

c. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung jika guncangan besar membuat tempatmu bergeser atau rusak.

Menyelamatkan Diri Sesuai Lokasi Tempatmu Berada

Becana gempa bisa terjadi kapan saja, dan dimanapun kamu berada. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan diri dimanapun kamu berada. Yuk simak cara menyelamatkan diri sesuai dengan lokasimu saat gempa terjadi, antara lain :

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

Bencana Gempa bumi terjadi saat berada di dalam rumah, tak perlu panik. Kamu bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut ini:

a. Menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh.

b. Ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

c. Jika berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi guncangan pertama.

d. Jika di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala dengan bantal. Lebih kecil kemungkinan terluka jika berlindung di tempat kamu berada. Perlu diingat, pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika kamu berjalan untuk menuju ke luar rumah.

e. Jangan berdiri di depan pintu. Kamu bisa berlindung dengan lebih aman di bawah meja.

2. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Gedung Bertingkat

Selanjutnya, apabila anda berada di dalam gedung bertingkat dan sedang terjadi gempa. Kamu bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut:

a. Menjauh dari jendela dan dinding luar.

b. Tetap di dalam gedung.

c. Jangan gunakan elevator / lift. Listrik bisa padam, dan sistem sprinkler bisa menyala sehingga bisa menimbulkan risiko lain yang berbahaya.

d. Jika Kamu terjebak, tetap tenang. Cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam. Cara ini dapat memudahkan kamu mendapatkan pertolongan untuk menuju tempat berlindung yang lebih aman.

3. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Tempat Ramai

Berikut ini terdapat beberapa cara menyelamatkan diri saat gempa di tempat ramai seperti supermarket, pasar, dan tempat keramaian lainnya:

a. Jangan terburu-buru menuju pintu keluar. Biasanya orang lain akan berpikiran sama, sehingga bisa berebut dan berdesakan di pintu keluar.

b. Jauhi rak pajangan yang berisi benda-benda yang bisa jatuh.

c. Berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing dan kaca yang berjatuhan.

4. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Mobil

Gempa memang datang secara tiba-tiba dan tak terduga, bisa jadi saat terjadi kamu berada di dalam mobil. Berikut ini ada sejumlah cara menyelamatkan diri saat gempa bumi di dalam mobil, yaitu:

a. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil kamu di kiri bahu jalan dan berhentilah.

b. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

c. Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi.

Yang paling penting disaat keadaan darurat, kamu juga bisa menelfon Nomor Panggilan Darurat 112. Disaat gempa terjadi, kamu harus tetap tenang dan jangan panik. Mulailah untuk melakukan cara diatas untuk menanggulangi bencana. Selain mengedukasi diri mengenai pertolongan pertama, kamu juga harus antisipasi dari segi finansial dengan menyiapkan dana darurat untukmu saat keadaan genting. Jangan lupa alokasikan budget kamu sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur multi rekening. Kamu dapat memiliki hingga 8 rekening berbeda dalam 1 akun. Yuk jangan lupa sedia payung sebelum hujan ya Sobat LINE Bank.

Baca juga : 2023 Bakal Resesi? Simak Dampaknya Buat Kamu Si Gen-Z

Bagikan ke Temanmu