3 Tips Menghemat Budget Buka Puasa Bersama 2023 Ini!

3 Tips Menghemat Budget Buka Puasa Bersama 2023 Ini!

Di bulan Ramadan, yang paling ditunggu adalah saat waktu buka puasa bersama tiba. Apalagi ada pun banyak acara yang direncanakan dengan rekan atau keluargamu. Mulai dari berbuka puasa bersama keluarga di rumah hingga berkumpul dengan teman-teman yang sudah lama tidak ditemui, seakan menjadi agenda rutin yang hampir tidak pernah absen dilakukan ketika Ramadan.

Meski menyenangkan, kegiatan bukber ini dapat menambah pengeluaran selama Ramadan. Tapi tenang jangan gelisah dulu, LINE Bank akan memberi beberapa tips yang akan membantu acara kumpul-kumpul buka puasa bersama tetap bisa dijalani dalam suasana hangat, tanpa mengalami kenaikan pengeluaran yang signifikan. Check it out!

1. Tentukan budget

Tahun 2017 lalu, Tirto.id mengeluarkan hasil survei mandiri yang mengatakan bahwa pengeluaran meningkat selama Ramadan. Untuk wilayah Jakarta saja, rata-rata orang mengeluarkan uang tambahan sebesar Rp1 juta hingga Rp3 juta saat Ramadan. Berbuka puasa bersama menjadi pengeluaran paling besar yang mereka keluarkan di bulan ini. Nominal yang tidak kecil, bukan?

Untuk menghadapi situasi ini, ada baiknya kamu buat perencanaan terlebih dahulu, mulai dari berapa banyak acara buka puasa bersama yang ingin kamu ikuti hingga kisaran budget yang memungkinkan untuk kamu keluarkan. Dengan menghitung perkiraan, pengeluaran tambahan ini masih bisa kamu kendalikan. Nah agar mudah dan praktis mengatur uang dan mengalokasikan budget untuk Bukber dengan porsi yang tepat untuk masing-masing kebutuhan, kamu bisa gunakan Multi Rekening LINE Bank. Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

2. Berbuka bersama yang bermakna

Begitu ibadah puasa dimulai, gak menutup kemungkinan beberapa undangan bukber mulai mampir melalui grup chat kamu. Acara reuni bersama teman semasa sekolah, kuliah, anggota organisasi, atau rekan-rekan kantor lama, biasanya akan berbondong-bondong menanyakan jadwal yang memungkinkan untuk berkumpul. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menyanggupi seluruh undangan yang diberikan untukmu lho.

Utamakan mereka yang bermakna untukmu, seperti keluarga, teman-teman terdekat, dan teman semasa sekolah yang mungkin selama ini hanya bisa bertukar cerita melalui media sosial atau grup chat. Dengan bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bersama mereka, momen berbuka puasa tentu akan terasa semakin menyenangkan. Gak cuma itu, kamu jadi tidak akan kewalahan menghadiri banyaknya acara, juga aman dari pengeluaran berlebih.

3. Pilih tempat yang tepat

Saat bersilaturahmi, saling bertukar kabar dan berbagi cerita adalah hal yang paling penting. Jadi, jangan sampai quality time ini terganggu oleh hal-hal seperti salah memilih tempat. Gak mau kan momen berkumpul kamu terganggu oleh suasana yang bising atau masing-masing orang sibuk memanggang makanannya di restoran all you can eat?

Untuk menyiasati hal-hal tersebut, pilihlah lokasi yang bisa membuat acara berbuka puasa menjadi lebih akrab, misalnya di rumah. Menariknya, mengadakan acara di rumah gak cuma bikin acara berkumpul jadi lebih fleksibel, tapi juga bisa menghemat pengeluaran lho.

Nah, jika tahun ini kamu dan teman-teman memilih untuk mengadakan acara bukber di rumah, potluckadalah cara yang bisa kamu coba. Masing-masing anggota bisa membawa makanan apa saja yang mereka inginkan atau sudah ditentukan.

Itu dia mengenai 3 Tips menghemat budget buka puasa bersama 2023, sekarang kamu jadi tau untuk behemat lebih kan? Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Keuangan Sehat Saat Berbelanja Hampers Lebaran 2023

Bagikan ke Temanmu