10 Alasan Pinjaman Ditolak serta Cara Mengatasinya

10 Alasan Pinjaman Ditolak serta Cara Mengatasinya

Hi, Sobat LINE Bank!

Ada ga yang pernah ngalamin pas kalian mau mengajukan pinjaman, ehh malah ditolak!

Aduhhh, kenapa sih ini?

Nah, kalian pasti bertanya-tanya kenapa sih bisa ditolak.

Gak usah bingung! Gak perlu panik!

Di artikel ini, bersama dengan LINE Bank kalian akan tahu 10 alasan pinjaman ditolak. Gak berhenti disitu, kita juga bakal bahas cara mengatasi pinjaman yang ditolak. Yuk, di simak baik-baik, guys!

10 Alasan Pinjaman Ditolak

1. Persyaratan Tidak Lengkap

Alasan bisa ditolak pertama adalah pertama adalah persyaratan tidak lengkap. Biasanya, hal ini disebabkan oleh dokumen yang kalian kumpulkan tidak lengkap sehingga pinjaman ditolak. Dokumen adalah hal yang paling pertama dan dasar yang harus dilengkapi.

Biasanya, dokumen yang diminta adalah identitas diri berupa KTP, Kartu Keluarga, dan lain-lain. Sementara sebagai dokumen dukungan, kalian juga akan diminta NPWP, surat izin usaha, dan slip gaji.

Kalau kalian mengajukan lewat aplikasi fintech, maka sebaiknya kalian memfoto dokumen tersebut dengan jelas sehingga bisa dibaca. Jangan sampai fotonya blur ya!

2. Riwayat Kredit yang Buruk

Selanjutnya adalah dilatari riwayat kredit yang buruk. Bila kalian melakukan pinjaman kredit, biasanya, aktivitas kalian akan di cek dalam sistem OJK atau BI Checking oleh pihak bank.

Lewat pengecekan histori ini akan diketahui berapa nilai kredit kalian. Semakin kecil skor kredit kalian yang umumnya disebabkan oleh gagalnya pembayaran, akan membuat kemungkinan pengajuan pinjaman ditolak.

Oleh karena itu, pastikan kalau kalian sudah melunasi pinjaman kredit sebelumnya!

3. Pinjaman Melebihi Limit

Alasan ketiga adalah apabila pinjaman yang diajukan melebihi limit. Limit pinjaman ditetapkan berdasarkan kemampuan dan kapasitas si debitor. Bisa berdasarkan slip gaji, riwayat kredit, dan bukti penghasilan.

Bank akan memperkirakan pada titik mana si calon debitor mampu membayar utangnya. Tentunya, hal ini digunakan untuk meminimalisir resiko terjadinya gagal bayar.

4. Jaminan Tidak Sesuai

Alasan pinjaman ditolak selanjutnya adalah diakibatkan jaminan yang tidak sesuai. Salah satu penentu diterimanya pengajuan kredit adalah aset yang dijadikan jaminan. Biasanya ditolak apabila aset yang dijadikan jaminan oleh si debitor tidak memiliki nilai yang sama dengan nominal pinjaman yang diajukannya, bisa juga aset yang dijadikan jaminan itu tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh si kreditor.

Kalian sebaiknya pastikan kalau jaminan kalian sesuai dengan standar dari kreditor. Kalian juga harus memastikan bahwa nilai dari jaminan tersebut sama dengan jumlah pinjaman yang ingin kalian ajukan.

5. Gagal Verifikasi

Tidak jarang pinjaman ditolak akibat gagalnya verifikasi. Biasanya, hal ini terjadi akibat kurangnya ketelitian si calon debitor ketika mengisi form pengajuan pinjaman. Contohnya adalah ketika kalian menuliskan nomor untuk dihubungi. Akan tetapi tulisannya kurang jelas atau angkanya kurang 1 digit. Apabila kalian menggunakan platform, maka bisa saja fotonya kurang jelas akibat pencahayaan yang kurang.

Akibatnya, kreditor tidak bisa menghubungi kalian.

Jadi, pastikan kalian mengecek kembali form pengajuan pinjaman kalian setelah selesai mengisi kembali, ya!

6. Data Tidak Sesuai

Selanjutnya adalah data yang tidak sesuai dengan si debitornya. Bila bank menemukan adanya mismatch data, maka bank akan mencurigai bahwa ini merupakan tindakan penipuan. Sehingga, pengajuan untuk pinjaman kalian akan ditolak.

Sebagai calon debitor, jangan sampai kalian memberikan data palsu. Baik secara parsial maupun keseluruhan. Pemalsuan data diri juga dapat dikenankan hukum pidana. Apalagi bila si pemilik identitas mengetahui hal tersebut kemudian melaporkannya ke pihak berwajib. Oleh karena itu, pastikan semua data dan dokumen yang kalian berikan untuk pengajuan pinjaman benar adanya.

7. Pekerjaan Tidak Stabil

Apabila calon debitor memiliki pekerjaan ataupun pendapatan yang kurang stabil, terdapat kemungkinan kreditor akan menolak penjuan pinjaman. Hal ini disebabkan kreditor ragu apakah kalian bisa membayar lunas pinjaman nantinya di masa depan dan dengan prinsip kehati-hatian tentunya, bank tidak ingin adanya pinjaman yang macet, bukan?

Kalau kalian seorang freelancer ataup pengusaha, gak perlu khawatir, kalian bisa menyiapkan bukti berkas keuangan seperti bukti pajak dan pendapatan lainnya.

8. Masih Memiliki Pinjaman Lain

Berikutnya adalah kalau kalian masih memiliki pinjaman yang menunggak, ada kemungkinan juga bank akan menolak pengajuan pinjaman kalian yang baru. Hal ini dikarenakan bank takut kalian tidak bisa melunasi pinjaman dikarenakan sudah ada pinjaman yang belum kalian bayar.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian cek kembali apakah ada pinjaman yang belum dilunasi dan cepat lunasi, ya! 

9. Domisili di Luar Jangkauan Layanan

Ada instansi yang hanya menyediakan layanan pada beberapa area tertentu. Kemudian tempat domisili kalian ada di luar jangkauan. Oleh karena itu, pastinya pengajuan pinjaman kalian akan ditolak.

Jadi, sebaiknya, sebelum melakukan pengajuan pinjaman ke instansi tertentu, kalian bisa mencari informasi terlebih dahulu kota mana saja yang masuk dalam jangkauan layanan instansi tersebut dan apakah kota yang kalian tinggali sekarang termasuk di dalamnya.

10. Kondisi Internal Instansi Keuangan Itu Sendiri

Bila ada permasalahan internal dari instansi tersebut, bisa juga pinjaman kalian ditolak. Misalnya, instansi tersebut sedang mengalami masalah dan memiliki tingkat non performing loan yang tinggi. Sehingga, instansi tersebut akan lebih selektif untuk memilih kredit mana yang akan diterima untuk tidak membuat instansi itu jatuh semakin terpuruk.

Cara Mengatasi Pinjaman yang Ditolak

Nah setelah mempelajari kenapa bisa pinjaman kalian ditolak, di bawah ini kita bakal bahas beberapa cara umum untuk mengatasinya. Yuk dibaca, guys!

1. Baca Persyaratan

Sebelum mengajukan pinjaman, kalian harus membaca persyaratannya baik-baik. Lihat apakah kalian memenuhi kualifikasi dari persyaratan tersebut dan lengkapilah dokumen yang diminta. Kalau ada persyaratan yang membuat kalian bingung, tidak usah ragu, cepat hubungi customer service instansi tersebut.

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya adalah pinjamlah sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain untuk mencegah terjadinya kegagalan dalam pembayaran, hal ini juga berfungsi sebagai penyelaras dari nominal instansi keuangan tentukan ketika melihat diri kalian.  

3. Perbaiki Skor Kredit

Cara berikutnya adalah tentu saja kalian harus melakukan cek pada riwayat kredit kalian dan lihatlah skor kredit kalian. Jika skor kredit kalian kecil, kalian harus memperbaikinya dengan cara membayar utang kalian sebelumnya. Tentunya, bank akan ragu untuk meminjamkan dana kepada calon debitor yang memiliki skor kredit yang buruk.

4. Hindari Pemalsuan Data

Pastikan bahwa data yang kalian isi adalah data yang benar, valid, dan dapat kalian pertanggung jawabkan isinya. Apabila terjadi sebuah mismatch, maka bank akan menganggap ini merupakan sebuah penipuan.

Biasanya, bank akan meminta data diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, NPWP, nomor darurat yang bisa dihubungi, BPJS, dan surat aset yang kalian miliki seperti sertifikat tanah, rumah, dan kepemilikan kendaraan.

5. Pastikan Verifikasi atau Survey Lancar

Terakhir adalah pastikan verifikasi data aman. Contohnya apabila pihak kreditor melakukan survey, kalian telah memberikan data yang benar. Apabila dilakukan secara online maka pastikan bahwa foto yang kalian kirimkan memiliki pencahayaan yang cukup dan tidak blur.

Nah, itu dia 10 alasan pinjaman ditolak dan cara mengatasinya! Semoga, informasi tadi bisa membantu kalian supaya pinjaman kalian bisa diterima dan gak ditolak lagi, ya!

Bicara soal pinjaman nih, kalau kalian lagi butuh dana pinjaman tapi terlalu mager buat keluar dan panas-panasan terus sedang buru-buru, kalian gak usah khawatir!

Cuma dengan modal KTP, kalian bisa nih pakai Quick Credit dari LINE Bank! Selain mudah dan cepat, bunganya mulai dari 0.88% lho! Jadi, bakal ringan untuk melunasinya!

Psst, agar makin hemat, sekarang lagi ada promo cashback hingga Rp.2.000.000 sampai tanggal 31 Oktober 2023, lho! Mantep banget kan! Tunggu apa lagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Baca juga: 3 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan Kredit Lancar
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 210

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *