Tabel Menabung Harian, Ini Cara Membuat-nya Agar cepat terkumpul

Hi Sobat LINE Bank,

Menggunakan tabel menabung harian bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai target keuangan yang kamu inginkan. Ya, menabung tentunya tidak selalu harus dengan menyisihkan penghasilan bulanan, kamu juga dapat melakukannya setiap hari sedikit demi sedikit.

Bahkan, bukan cuma sekedar mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu, tabel tabungan harian juga sekaligus membantu kamu membentuk kebiasaan menabung secara jangka panjang. Sehingga, kamu pun bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

Lantas, bagaimana cara membuat tabel manabung harian? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkap mengenai tips hingga contohnya di bawah ini!

Tabel Menabung Harian, Ini Cara Membuat-nya Agar cepat terkumpul

Cara Menabung dengan Tabel Tabungan Harian

Menanamkan kebiasaan menabung setiap harinya merupakan hal baik yang dapat memberikan dampak positif dalam hidup kamu. Bagaimana tidak, aktivitas rutinan tersebut pada akhirnya akan mendorong kamu menjadi jauh lebih hemat dan tak merasa berat ketika ingin menyisihkan sebagian pendapatan.

Nah, jika kamu hendak mencoba mempraktikkan metode tabel tabungan harian, berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Tabel Tabungan

Mungkin untuk memulainya kamu bingung bagaimana cara membuat tabel menabung harian dengan tepat?

Well, setiap orang pada dasarnya bisa menggunakan jenis tabel yang berbeda sesuai kemampuan dan kebutuhan masing-masing.Misal, kamumemiliki target menabung 1 juta dalam sebulan. Maka, bagilah nominal harian yang harus kamu sisihkan selama satu bulan agar dapat mencapai target. Besarnya nominal sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan.Kemudian, tuliskan pembagian tersebut ke dalam sebuah tabel. Berikut contoh tabel tabungan harian yang bisa kamu ikuti.

SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000
Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000Rp30.000
Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000
Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000
Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000
Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000Rp35.000
Contoh tabel menabung dengan target kurang lebih Rp1JT.

Nominal di atas bisa kamu ubah berdasarkan tujuan ataupun kondisi keuangan.

2. Siapkan Celengan

Setelah tabel tabungan harian selesai dibuat, kamu perlu menyiapkan celengan khusus agar program menabung berjalan sesuai target. Tak perlu mahal-mahal, cukup sebuah tempat yang sekiranya dapat menyimpan uang dengan aman. Kamu bahkan bisa menggunakan toples bekas tak terpakai sebagai celengan, lho.

3. Tempelkan Tabel Tabungan

Bila celengan atau toples sudah siap, hal yang perlu kamu lakukan berikutnya ialah menempelkan tabel tabungan harian ke permukaannya. Hal ini ditujukan sebagai pengingat sekaligus panduan untuk kamu menabung secara rutin setiap harinya.

4. Mulai Menabung

Lalu, kamu pun kini bisa memulai program menabung sesuai tabel tabungan harian yang telah dibuat. Misal, hari ini kamu harus menyisihkan Rp35.000, maka masukkan uang tersebut ke celengan lalu coret angka Rp35.000 pada salah satu kolom di tabel. Begitu seterusnya hingga seluruh kolom selesai dituntaskan secara berurutan. Mudah sekal, bukan?

    Tips Menabung Harian Agar Berhasil

    Setelah mengetahui cara membuat tabel tabungan harian pelajar di atas, berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa kamu ikuti agar program menabung kamu berhasil mencapai target. Check it out!

    1. Mulai dari Nominal Kecil
      Jika kamu masih baru ingin mencoba, maka mulailah dari nominal kecil terlebih dahulu. Hal ini penting untuk membiasakan diri kamu menjadi konsisten menabung dengan cara harian.Misalkan pada awalnya kamu menyisihkan Rp5.000 dalam sehari, nantinya kamu bisa menaikkan nominal tabel tabungan harian secara bertahap, mulai dari Rp10.000, Rp15.000, dan seterusnya.
    2. Buat Daftar Pengeluaran
      Penting juga untuk kamu mencatat setiap pengeluaran, baik harian, mingguan, ataupun bulanan. Hal ini ditujukan agar kamu bisa mengetahui total pengeluaran dan menentukan mana saja hal-hal yang sekiranya kurang penting. Sehingga, kamu pun bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.
    3. Manfaatkan Diskon
      Memanfaatkan promo seperti diskon ataupun cashback bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mendukung keberhasilan program menabung, lho. Hal ini akan membuat kamu jauh lebih hemat dan menyisakan sebagian uang agar dapat dialokasikan ke tabungan. Sehingga, tak ada alasan lagi menunda-nunda.
    4. Membawa Bekal Makan Siang atau pangkas budget yang paling “mungkin” kamu lakukan
      Tips menabung harian yang terakhir adalah pangkas budget yang paling “mungkin” kamu lakukan. Misalnya dengan cara membawa bekal makan siang setiap harinya. Cara ini sangat cocok bila kamu seorang pelajar dan karyawan. Kamu bisa mengurangi pengeluaran dengan membawa bekal ke sekolah ataupun kantor dan menyimpan uang makan tersebut untuk ditabung.

    Nah itu dia mengenai Tabel Menabung Harian, dan cara membuat-nya agar cepat terkumpul. Melalui tabel tabungan harian tersebut, kamu seharusnya bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

    Berbicara mengenai cara menabung,kamu juga bisa menabung secara efektif di LINE Bank. Apalagi ada fitur Multi Rekening LINE Bank. Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! Jadi bisa deh tuh kamu atur 1 Rekening untuk 1 kebutuhan agar dana-mu nggak bercampur.

    Multi Rekening LINE Bank
    Fitur Multi Rekening LINE Bank.

    Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf #JadiBermakna dan cash flow tetap aman. Untuk-mu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

    Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

    Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

    Baca juga : Cara Mudah Budgeting Bagi Pemula, Anti Boncos!

    Bagikan ke Temanmu
    LINE Bank Admin
    LINE Bank Admin

    A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

    Articles: 358