Safe Deposit Box ; Pengertian dan Fungsinya

Sobat LINE Bank, semua dari kita pasti punya barang-barang atau dokumen berharga yang sebenarnya bernilai tinggi.

Safe Deposit Box

Barang-barang atau dokumen berharga ini beragam bentuknya, seperti emas batangan, perhiasan, atau dokumen penting seperti sertifikat tanah dan rumah, dan dokumen penting lainnya.

Tapi sayangnya, meski barang-barang ini punya nilai yang tinggi, tidak sejalan dengan bagaimana kita memperlakukan barang-barang tersebut.

Biasanya, kita hanya sekedar menyimpannya di map terpisah atau malah ada yang juga menyimpannya di laci meja tanpa ada perlindungan berlapis apa pun.

Padahal tempat-tempat tersebut sangat tidak aman dari ancaman, mulai dari pencurian hingga kehilangan atau rusak akibat bencana alam.

Safe Deposit Box atau SDB adalah sebuah tempat penyimpanan berbentuk kotak yang ditempatkan pada suatu ruang khusus.

Safe Deposit Box ini biasanya disediakan suatu bank untuk kepentingan nasabahnya, yang mana nantinya kotak ini cuma bisa dibuka oleh pihak bank beserta nasabah yang bersangkutan.

Fungsi safe deposit box sendiri adalah untuk menyimpan surat-surat berharga dan bernilai tinggi, serta tempat penyimpanan barang berharga seperti emas batangan, perhiasan, berlian, mutiara, atau benda-benda yang dianggap berharga lainnya.

Ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan oleh nasabah di safe deposit box, di antaranya:

  • Barang atau obat-obatan yang termasuk ke dalam kategori psikotropika
  • Zat-zat kimia yang bentuknya padat/cair/gas yang dapat menimbulkan kebakaran atau kerusakan pada barang-barang sekitarnya.
  • Senjata api, bahan peledak, dan benda berbentuk padat/cair/gas yang dilarang oleh undang-undang.
  • Barang yang sifatnya bau menyengat, menjijikkan.
  • Barang-barang lain yang melanggar undang-undang mengenai Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, atau pun udang-udang lain dan barang-barang yang disimpan dari hasil kejahatan tindak pidana.

Baca juga : Apa sih yang Dimaksud dengan Deposit on Call?

Kelebihan Safe Deposit Box

1.Syarat Mudah

Secara umum, persyaratan yang dibutuhkan oleh bank untuk nasabah yang tertarik untuk menyimpan aset pentingnya di SDB adalah mengisi formulir dan menyertakan tanda pengenal pemohon.

2. Lokasi Terpisah Dari Rumah

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada rumah kita. Menyimpan barang di safe deposit box memperkecil kemungkinan kerugian total ketika sesuatu terjadi di rumah atau pada rumah kita.

3. Fleksibel

Setiap bank punya bermacam-macam ukuran safe deposit box yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Biaya Terjangkau

Meski sebenarnya masing-masing bank sudah menetapkan harganya masing-masing, tapi secara general, harga yang ditetapkan untuk para nasabah masih tergolong rendah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Apalagi mengingat dengan tingkat keamanan yang jauh lebih baik untuk dokumen dan barang berharga milik kita.

5. Kerahasiaan Terjamin

Tidak sama seperti ketika barang atau dokumen yang disimpan di rumah, SDB menawarkan kerahasiaan yang terjamin dan tidak perlu dikhawatirkan oleh nasabah, karena keamanannya yang canggih.

Bukan cuma itu, pihak bank penyedia bahkan tidak perlu dan tidak berhak tahu apa isi dari SDB tersebut.

Nah itu dia penjelasan mengenai SDB, jika kamu ingin yang lebih simple dan praktis untuk berinvestasi kami punya solusinya! Gunakan yuk Time deposit dari LINE Bank! Yang pastinya banyak keuntungannya.

Caranya gimana?

Gampang kok, kamu tinggal download ya aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295