Pilih Menabung atau Nyicil? Simak Keuntungan dan Kekurangan-nya

Hi Sobat LINE Bank,

Dalam mengelola keuangan pribadi maupun keluarga, pertanyaan umum yang sering muncul ketika ingin membeli suatu barang adalah apakah lebih baik menabung atau nyicil?

Keduanya merupakan strategi keuangan yang penting sebelum memutuskan dalam membeli suatu barang. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Lalu, apa keuntungan atau kekurangan menabung dan nyicil?

Pilih Menabung atau Nyicil? Simak Keuntungan dan Kekurangan-nya

Baca juga : Berapa Persen Maksimal Cicilan dari Gaji Agar Keuangan Tetap Seimbang? Cari Tahu Di Sini!

Kelebihan dan Kekurangan dari Menabung

Kelebihan Menabung

1. Membangun Kebiasaan Mandiri

Menabung membantu dalam membangun kebiasaan mandiri dalam mengelola finansial. Dengan menabung secara teratur, seseorang dapat memiliki tabungan yang harus dikumpulkan dahulu sebelum membeli barang. Sehingga, lebih bertanggung jawab dan mandiri dalam mengelola kondisi finansial.

2. Fleksibilitas Keuangan

Menabung memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dana. Dana yang tersimpan dapat digunakan untuk keperluan mendesak atau investasi di masa depan. Dengan menabung kamu dapat belajar untuk mengatur fleksibilitas dan prioritas dalam penggunaan uang.

Kekurangan Menabung:

1. Terjadi Pengurangan Nilai Uang

Minusnya dalam menabung maka uang yang kamu kumpulkan dapat terdampak inflasi. Akibat inflasi, nilai uang dapat berkurang seiring waktu. Sehingga kamu wajib waspada terhadap inflasi. 

2. Kesulitan Mencapai Tujuan Jangka Pendek

Untuk tujuan membeli barang dalam jangka pendek misal satu bulan maka jika hanya menabung saja mungkin memerlukan waktu yang sangat lama. Sehingga, mungkin saja kamu batal membeli barang karena butuh waktu yang tidak sebentar.

Kelebihan dan Kekurangan dari Nyicil

Kelebihan Nyicil:

1. Mendapatkan Kemudahan Kepemilikan Lebih Awal

Dengan Nyicil, seseorang dapat segera memiliki barang atau layanan yang diinginkan tanpa harus menunggu sampai menabung cukup uang.

Sehingga, kamu akan lebih cepat dalam mendapatkan kepemilikan barang tersebut daripada menunggu waktu sampai terkumpul uangnya. Buat kamu yang ingin cepat dan butuh barang dalam waktu dekat mencicil menjadi solusinya.

2. Kemudahan Pembayaran

Cicilan yang dibayar secara berkala dapat membuat pembelian besar menjadi lebih terjangkau, karena pembayaran dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Nyicil menjadi pilihan kemudahan pembayaran yang sangat membantu jika digunakan dalam kondisi yang mendesak dan uang yang dimiliki terbatas karena akan lebih mudah dibayarnya menjadi beberapa bulan.

3. Pilihan Beragam

Tersedianya berbagai jenis kredit, seperti kredit tanpa bunga, bunga rendah, atau skema pembayaran yang fleksibel, memberikan pilihan yang lebih luas bagi individu dalam memilih opsi terbaik sesuai dengan kebutuhan keuangan dan situasi pribadi.

4. Cashflow lancar, bahkan bisa dialokasi untuk investasi

Dengan pilihan jangka waktu pembayaran, kamu dapat membagi jumlah pembayaran dan mengelola berapa banyak yang harus dibayar setiap bulan. Dengan menambahkan ini ke pengeluaran sehari-hari, kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang pengeluaran kamu secara keseluruhan dan juga tidak mengganggu cashflow sehari-hari kamu. Maka ini akan memudahkan kamu untuk mengontrol dan melacak keuangan kamu.

Lalu, untuk kamu yang selama ini ingin mencoba investasi tapi masih ragu karena ga ada budgetnya? Eits, tunggu dulu! Cobalah kamu pikirkan kebutuhan apa yang sebenarnya kamu bisa beli dengan metode pembayaran cicilan. Pilihlah cicilan dengan bunga 0 persen. Dengan begitu kamu sekarang jadi memiliki sisa uang yang lebih banyak dan dapat mencoba investasi di berbagai hal yang menurutmu akan menguntungkan pada nantinya. Ingat belajar untuk berinvestasi yang aman dan tepat juga ya!

Baca juga : Gaji 5 Juta, Kata Siapa Tidak Bisa Investasi? Ini Tipsnya!

Kekurangan Nyicil:

1. Beban Bunga dan Biaya Tambahan

Nyicil seringkali memiliki bunga yang harus dibayar, sehingga total yang dibayarkan menjadi lebih tinggi daripada harga pembelian langsung.

2. Keterikatan Cicilan

Keterikatan dalam pembayaran cicilan dapat mengurangi fleksibilitas keuangan seseorang. Jika terjadi perubahan dalam situasi keuangan, pembayaran cicilan tetap harus dilakukan.

So, Better pilih Menabung atau Nyicil ya, Sobat LINE Bank? Kalau menurut mimin sih itu balik lagi pada kenyamanan kamu pribadi. Karena keduanya memiliki pro dan cons bagi dirimu dan keuangan kamu. Karena cuma di LINE Bank kamu bebas menentukan pilihan kamu, pokoknya tentukan tujuan keuangan kamu #SenyamanMungkin dengan LINE Bank. Karena LINE Bank memberikan kamu kebebasan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Tunggu apa lagi? Gas buka rekening LINE Bank sekarang nggak usah pikir dua kali! Langsung aja, Download aplikasi LINE Bank sekarang!

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 354