4 Manfaat Financial Check Up Sebelum Mengajukan Pinjaman

Manfaat Financial Check Up
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian tahu, kalau bekerja non stop saja itu engga menjamin untuk memiliki keuangan yang baik? 

Terus gimana dong mendapat kondisi keuangan yang bagus? Kondisi keuangan yang bagus adalah sebuah kondisi dimana keuangan berada dalam zona hijau alias pendapatan dan aset yang kalian miliki lebih besar dibandingkan pengeluaran.

Nah, untuk mendapatkan kondisi keuangan yang baik, kalian harus melakukan mengecek kondisi keuangan kalian atau yang disebut dengan financial check up!

Financial check up adalah pengecekan yang dilakukan secara berkala. Financial check up ini juga dilakukan sebelum mengajukan pinjaman. Dikarenakan untuk menentukan pinjaman kalian harus melihat kondisi keuangan kalian dulu agar tahu pinjaman mana yang cocok dengan kalian.  Terus manfaat financial check up itu apa sih?

Yuk, simak artikel di bawah ini dengan baik!

Definisi Financial Check Up

Sebelum kita mengetahui membahas financial check up lebih lanjut, ada baiknya kita membahas definisi financial check up terlebih dahulu.

Financial check up adalah mengecekan kondisi keuangan secara berkala. Idealnya, financial check up dilakukan 12 bulan atau satu tahun sekali.

Financial check up ini mengukur mulai dari pendapatan, pengeluaran, iuran, tabungan, tujuan, aset, utang, dan-lain.

Financial check up ini gratis kok! Kalian bisa mengeceknya secara mandiri di rumah.

Manfaat Financial Check Up

Nah, financial check up selain untuk dijadikan pertimbangan agara memilih pinjaman yang pas untuk kebutuhan dan kemampuan kalian, financial check up juga mempunyai manfaat penting lainnya lhoo! Yuk disimak, guys!

1. Mengetahui Pengeluaran Secara Detail

Pertama adalah mengetahui pengeluaran secara detail.

Misalnya nih, pernah gak kalian baru aja dapet gaji entah itu. Asik gak, sih?

Eh, tap, kok di pertengahan bulan, duitnya udah menipis banget nih. Kok mendadak akhir bulan lagi? Waduh tadi kepake apa aja yaa?

Nah, lho, kenapa tuh?

Kalau kalian  melakukan financial check up, kalian enggak perlu pusing mikirin sebelumnya kalian pakai uang kalian untuk apa saja. Jadi, gak bakal tuh dilanda amnesia.

Dari catatan pengeluaran kalian itu, kalian kemudian bisa me-review selama periode tersebut kalian telah mengeluarkan uang untuk apa saja. 

2. Mengontrol Pengeluaran

Kedua adalah untuk mengontrol pengeluaran. Dari hasil financial check up, kalian bisa melihat bahwa kalian telah mengeluarkan uang kalian untuk apa saja selama satu tahun terakhir.

Seberapa besar alokasi kalian untuk kebutuhan, keinginan, investasi, pembayaran utang, dan lain-lain. Dari sini, kalian akan bisa lebih mengontrol pengeluaran kalian agar menjadi lebih sehat.

3. Untuk Masa Depan

Selanjutnya adalah untuk masa depan kalian. Misalnya pada usia sekian kalian memiliki rencana, entah itu membeli gadget baru, membeli rumah hunian impian untuk ditinggali bersama pasangan, menikah, memiliki anak, dan lain-lain. Diukur dari umur kalian sekarang, berapa jangka waktunya?

Tentukan jangka waktu, kontrol pengeluaran, dan lakukanlah berbagai cara untuk mewujdukannya. Entah itu lewat menabung, investasi, dan lain-lain.

4. Membantu Mengambil Keputusan Keuangan

Financial check up juga digunakan untuk mengambil keputusan keuangan.

Misalnya nih, kalau kalian sedang berada di zona merah. Maka, kalian bisa coba untuk menyusun kembali budget agar tahun depan keuangan kalian bisa menjadi hijau.

Dan juga kalau kalian ingin mengambil pinjaman. Dari hasil financial check up ini, kalian bisa menentukan pinjaman apa yang cocok dengan kemampuan kalian. Hal yang dipertimbangkan bisa dilihat dari segi bunga, segi limit, jatuh tempo pembayaran, periode pembayaran, dan lain-lain.  

Psst, kalau kalian sedang cari bunga pinjaman yang rendah, bisa banget kalian pakai pinjaman KTA LINE Bank. Bunga LINE Bank mulai dari 0.88% lho! Mumpung lagi ada promo cashback hingga Rp.2.000.000 nih!

https://linebank.co.id/id/promo/30025

Cara Melakukan Financial Check Up

1. Menentukan tujuan keuangan

Pertama adalah kalian bisa menentukan tujuan keuangan kalian. Apa sih tujuan kalian untuk mendapatkan keuangan yang sehat? Apakah ada tujuan tertentu? Misalnya, seperti membeli aset, investasi, menikah, untuk biaya anak, dan lain-lain.

Setelah kalian menentukan tujuan keuangan, kalian akan menentukan jangka dari tujuan tersebut. Entah itu dalam jangka pendek seperti dibawah 3 tahun atau jangka menengah atau bahkan jangka panjang?

Dengan kalian menentukan tujuan keuangan. Kalian tidak akan kehilangan arah dan akan berusaha untuk stay on track.

2. Evaluasi aset dan investasi

Aset apa yang kalian punyai? Aset bisa berupa tabungan, logam mulia, properti, investasi, dan lain-lain. Investasi bisa berupa saham, emas, reksa dana, dan lainnya. Dari sini kalian harus meninjau performa investasi kalian. Apakah imbal hasilnya sesuai dengan ekspetasi dan bisa menunjang untuk tujuan keuangan kalian?

3. Evaluasi Utang dan Pajak

Kalian sebaiknya melakukan evaluasi utang, pajak, dan tanggungan lainnya.

Apakah kalian memiliki cicilan motor, rumah, dan lainnya.

Kalian sebaiknya memprioritaskan pembayaran utang agar tidak membengkak.

Oleh karena itu, kalian harus melakukan evaluasi utang dengan baik. Kalian juga jangan sampai lupa mencatat berapa yang harus kalian bayarkan untuk pajak.

4. Mengatur Keuangan Bulanan

Setelah kalian mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sebelumnya. Kaliah harus membuat budget untuk kedepannya. Kalian bisa memangkas pengeluaran yang tidak begitu perlu dan mengalokasikan dana tersebut ke kepentingan lain seperti kebutuhan, investasi, ataupun tabungan.

Memang tidak mudah untuk mengikutinya. Tapi, kalian harus mengikuti komitmen kalian dan tetap stay on budget ya, Sobat!

5. Untuk Dana Darurat

Manfaat selanjutnya adalah kalian bisa menentukan dana darurat. Eits, dana darurat ini bukan hal yang remeh ya, guys. Dana darurat ini digunakan apabila ada hal-hal diluar dugaan. Jadi, kalian gak bakal terlalu panik bilamana ada hal yang tidak diinginkan karena masih ada dana darurat. 

Disebutkan bahwa untuk benar-benar aman, kalian sebaiknya menyiapkan dana darurat 12 kali dibandingkan gaji. 

Nah, itu dia tentang financial check up. Itulah mengapa penting untuk melakukan financial check up karena manfaat financial check up krusial untuk keuangan yang sehat. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian untuk mendapatkan keuangan yang sehat. Jangan lupa ya untuk melakukan financial check up minimal 12 bulan sekali!

Oh ya, kalau kalian sedang ingin menabung dan mencari Bank yang aman terpercaya dan gamau ribet. Bisa banget kalian menabung di LINE Bank! Yuk, jaga kondisi keuangan kalian bersama LINE Bank!

Baca juga: Cara Mengatur Financial Plan dengan Benar
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324