Sering Bayar Mahal? Ini 4 Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit dengan Efektif

cara menghapus iuran tahunan kartu kredit

Hai Sobat LINE Bank, 

Penggunaan kartu kredit pasti memudahkan banyak pembayaran, kan? Tanggal gajian yang biasanya jatuh di akhir bulan bukan lagi masalah karena kamu bisa langsung membayar belanjaan kebutuhan. Namun penggunaan kartu kredit ini sering bikin pusing tujuh keliling. Mengapa? Adanya iuran tahunan alias annual fee membuat banyak orang terbebani dengan biaya besar yang harus dibayar. Apakah Sobat LINE Bank juga rasain hal yang sama? Lalu apa ada cara menghapus iuran tahunan kartu kredit tersebut?

Jawaban singkatnya, tentu aja ada! Sobat LINE Bank bisa coba buat ngapus annual fee tersebut dengan cara berkomunikasi ke pihak terkait dari bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Untuk memberikan gambaran lebih menyeluruh, coba langsung simak informasi lengkap mengenai cara menghapusnya di bawah ini!

Apa itu Iuran Tahunan Kartu Kredit?

Sebelum mulai bahas cara menghapus iuran tahunan kartu kredit, yuk pahamin dulu apa itu iuran tahunan kartu kredit. Iuran tahunan mengacu pada biaya tahunan yang biasanya dikenakan oleh bank penerbit kartu kredit kepada setiap penggunanya sebagai ganti jasa penggunaan kartu kredit. 

Iuran ini bervariasi tergantung jenis kartu kredit dan kebijakan bank, sehingga bukan gak mungkin kalau biaya yang harus dibayar jadi suatu beban finansial yang berat. Iuran tahunan bisa mencakup banyak manfaat, contohnya asuransi, diskon, atau akses ke program loyalitas tertentu. 

Meskipun manfaatnya banyak, wajar juga kalau ada yang berpikir kalo iuran tahunan yang dibebankan pada pengguna gak sebanding sama manfaat yang dikasih oleh bank. 

Baca Juga: Pebedaan Paylater vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?

Tips Sebelum Membatalkan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Tips Sebelum Membatalkan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Sebelum kamu mutusin untuk batalin iuran tahunan kartu kredit, gak ada salahnya pertimbangin dulu beberapa faktor berikut. 

1. Evaluasi Manfaat Kartu Kredit 

Pertama, coba tinjau lagi manfaat yang kamu dapatkan dari kartu kredit. Apakah kamu benar-benar menerima semua manfaatnya? Misalnya, apakah kamu sering menggunakan program diskon atau asuransi yang ditawarkan oleh kartu kredit? Jika tidak berarti iuran tahunannya emang gak sebanding sama manfaat yang kamu terima.

2. Cek Dulu Biar Gak Ada Tagihan Numpuk

Sebelum batalin iuran tahunan, pastikan gak ada tagihan tertunggak atau saldo yang harus kamu bayar ke bank ya! Pastikan semua tagihan kartu kredit sudah diselesaikan sebelum membatalkan iuran tahunan.

3. Hubungi Customer Centre untuk Opsi Lain

Kemudian gak ada salahnya juga nih untuk menelepon customer center bank kartu kredit yang kamu gunakan. Mereka bisa aja punya opsi lain yang bisa bantu kamu mengurangi iuran tahunan atau menawarkan manfaat tambahan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Pembayaran Minimum Kartu Kredit dan Risikonya

Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

4 Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

Jika setelah melakukan pertimbangan kamu masih ingin menghapus iuran tahunan kartu kredit, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti dengan praktis.

Langkah 1: Cek Tanggal Jatuh Tempo Iuran Tahunan Kartu Kredit

Pastikan kamu mengetahui tanggal jatuh tempo iuran tahunan kartu kredit. Hal ini penting banget karena kamu perlu ambil tindakan sebelum tanggal tersebut agar iuran tahunan gak terpotong pada tagihan berikutnya.

Langkah 2: Hubungi Bank dan Minta Pembatalan Iuran Tahunan

Hubungi bank penerbit kartu kreditmu dan minta pembatalan iuran tahunan. Sampaikan alasanmu mengapa ingin membatalkan iuran tersebut. Bank mungkin akan mencoba untuk mempertahankan kamu sebagai pelanggan dengan menawarkan opsi lain.

promo-promo terbaru LINE Bank

Langkah 3: Tunggu Konfirmasi Pembatalan Dari Bank

Setelah mengajukan permohonan pembatalan iuran tahunan, kamu perlu menunggu konfirmasi dari bank. Biasanya bank akan memproses permohonan dan memberi tahu kamu apakah permintaanmu diterima.

Langkah 4: Pastiin Iuran Tahunan Gak Terpotong Pada Tagihan Berikutnya

Setelah kamu menerima konfirmasi pembatalan iuran tahunan, coba periksa tagihan kartu kreditmu dan pastikan bahwa iuran tahunan gak terpotong di tagihan berikutnya.

Baca Juga: Pilih Kartu Debit Atau Kredit? Ini Perbedaan & Kelebihannya

Dampak Pembatalan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Dampak Pembatalan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Pembatalan iuran tahunan kartu kredit bisa berdampak pada beberapa hal. Ada baiknya kamu pertimbangin beberapa hal berikut ini dengan baik. 

1. Mengurangi Beban Keuangan

Pembatalan iuran tahunan kartu kredit bisa bantu pemegang kartu mengurangi beban keuangan mereka. Hal ini karena iuran tahunan a.k.a annual fee punya biaya tambahan dengan nominal cukup besar untuk dibayarkan setiap tahunnya. Saat dibatalkan maka pemegang kartu bisa mindahin uang yang tadinya untuk bayar utang jadi tabungan atau pengeluaran lain yang lebih berguna.

2. Dampak Terhadap Manfaat dan Penghargaan Kartu Kredit

Pembatalan iuran tahunan bisa jadi berdampak pada manfaat dan penghargaan yang biasanya diberikan oleh kartu kredit. Beberapa kartu menawarkan manfaat seperti poin hadiah, diskon, atau asuransi. Ketika iuran tahunan dibatalkan, pemegang kartu mungkin kehilangan akses ke manfaat tersebut.

3. Dampak Pada Skor Kredit

Pembatalan iuran tahunan kartu kredit juga dapat berpengaruh ke skor kredit seseorang. Iuran tahunan sering kali termasuk dalam rasio kredit yang digunakan terhadap total kredit yang tersedia. Tapi dengan membatalkan iuran tahunan, pemegang kartu dapat meningkatkan rasio kredit mereka yang pada gilirannya dapat memengaruhi skor kredit.

Menghapus iuran tahunan kartu kredit perlu jadi keputusan penting yang harus Sobat LINE Bank pertimbangkan dengan hati-hati. Setelah kamu memutuskan langkah yang akan diambil, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. 

Namun jika kamu cari alternatif yang lebih mudah dan nyaman, kamu dapat mempertimbangkan Quick Credit dari LINE Bank. Quick Credit adalah kartu kredit tanpa iuran tahunan yang memungkinkan kamu berbelanja kebutuhan tanpa beban tambahan. 

Jangan ragu untuk memeriksanya dan temukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan hanya di LINE Bank! Download aplikasi LINE Bank sekarang juga! 

Semoga cara menghapus iuran tahunan kartu kredit di atas memberikan kamu pemahaman yang lebih baik lagi tentang penggunaan kartu kredit. Jangan ragu cari informasi berguna lainnya di LINE Bank ya! 

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323