Bagaimana Cara Menggunakan LINE Split Bill? Ini Langkah-langkahnya!

Hi Sobat LINE Bank!

Pengguna setia aplikasi chatting LINE pasti jadi makin tenang sejak ada fitur split bill di LINE. Soalnya, apapun jenis belanjaan dan tagihan, serta berapapun jumlahnya, bisa dibagi secara adil dengan teman-teman di circle kamu. Tapi, sudahkah kamu tahu bagaimana cara menggunakan LINE split bill tersebut?

Kamu pasti sering membayar tagihan atau bill secara beramai-ramai. Seringkali kita mengalami situasi di mana kita perlu membagi tagihan dengan teman atau kelompok. Misalnya, saat makan malam bersama, pergi ke konser bersama, atau merencanakan perjalanan bersama. 

Namun, mengatur pembagian tagihan bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Untungnya, LINE hadir dengan fitur Split Bill yang memudahkan kita dalam membagi pembayaran secara bersama-sama.

Apa itu Fitur Split Bill di LINE?

Fitur Split Bill di LINE adalah solusi yang inovatif untuk memudahkan pembagian tagihan di antara teman-teman atau kelompok. Melalui fitur ini, kamu dapat dengan mudah membagi biaya untuk berbagai kegiatan seperti makan malam, perjalanan, atau acara lainnya. Fitur ini tersedia di dalam aplikasi percakapan LINE, sehingga kamu bisa mengatur dan melacak pembayaran bersama dengan teman-teman melalui akun LINE masing-masing.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Split Bill di LINE?

1. Buka percakapan dengan teman atau kelompok yang ingin bagi tagihannya. Atau kamu juga bisa menuju home page dan klik fitur Split Bill pada menu Layanan.

2. Ketuk ikon “+” di bagian bawah layar untuk membuka menu fitur.

3. Pilih “Split Bill” dari daftar opsi yang tersedia.

4. Upload struk atau bill dari galeri foto atau langsung dari kamera

5. Lalu edit angka yang belum sesuai. Setelah itu, klik konfirmasi.

6. Pilih akun teman yang akan melakukan split bill dengan kamu. Jika temanmu tidak menggunakan LINE, kamu dapat memilih opsi tambah seorang teman tanpa LINE (add a friend without LINE).

7. Cocokkan tagihan sesuai dengan pesanan masing-masing orang.

8. Cek kembali akurasi nominal tagihan yang terdeteksi oleh LINE. jumlah total tagihan dan pilih metode pembagian yang diinginkan, seperti secara merata atau berdasarkan item tertentu.

5. LINE akan secara otomatis menghitung jumlah yang harus dibayarkan oleh setiap orang dan menampilkan rincian pembagian tagihan.

6. Konfirmasikan pembagian tagihan dan kirim permintaan pembayaran kepada teman-teman kamu.

7. Teman-teman kamu akan menerima pemberitahuan dan dapat membayar dengan beberapa metode pembayaran.

Keuntungan Menggunakan Fitur LINE Split Bill

1. Memudahkan Pembagian Tagihan

Dengan fitur Split Bill di LINE, kamu bisa dengan mudah membagi tagihan dengan teman. Tidak perlu lagi menghitung secara manual atau membuat daftar pembayaran. LINE akan secara otomatis menghitung jumlah yang harus dibayarkan oleh setiap orang berdasarkan metode pembagian yang sudah dipilih.

2. Efisien, Gak Perlu Chat Minta Tagihan

Selain itu, kamu juga akan lebih hemat waktu dan tenaga dalam mengatur pembagian tagihan. Tidak perlu lagi mengirim pesan satu per satu kepada teman-teman atau mengumpulkan uang secara manual saat menagih pembayaran bill. Hanya lewat beberapa ketukan di aplikasi LINE, kamu sudah dapat mengirim permintaan pembayaran kepada teman-temanmu.

3. Transparan dan Akurat

Setiap orang dalam kelompok dapat melihat rincian pembagian tagihan secara transparan. Berguna banget, kan, untuk menghindari kesalahpahaman atau kebingungan yang mungkin timbul dalam proses pembayaran? Selain itu, LINE juga sudah secara otomatis menghitung jumlah yang harus dibayarkan oleh setiap orang, memastikan akurasi dalam pembagian tagihan.

4. Kemudahan Pembayaran

Setelah mengirim permintaan pembayaran kepada teman-teman, mereka dapat langsung membayar bagian mereka melalui berbagai metode pembayaran. Jadi, kamu juga gak perlu siapin uang tunai atau bertemu secara langsung untuk melakukan pembayaran.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Melakukan Split Bill dengan Teman

Saat berbagi tagihan dengan teman, penting untuk memperhatikan etika dalam pembagian agar tidak menimbulkan kesalahpahaman:

1. Berkomunikasi Secara Terbuka

Sebelum memutuskan untuk split bill, komunikasikan dengan jelas sejak awal tentang bagaimana pembagian tagihan akan dilakukan. Diskusikan apakah akan membagi secara merata, berdasarkan persentase, atau dengan metode lain yang disepakati bersama. Pastikan semua orang dalam kelompok memiliki pemahaman yang sama dan setuju untuk melakukan split bill.

2. Menghormati Anggaran dan Preferensi

Ketahui anggaran dan preferensi masing-masing individu dalam kelompok. Jika ada orang yang memiliki keterbatasan finansial atau preferensi makanan tertentu, berusaha untuk memahami dan menghormati hal tersebut. Jangan memaksa orang lain untuk membayar lebih dari yang mereka mampu atau memaksa mereka untuk membagi tagihan makanan yang tidak mereka konsumsi.

3. Menghindari Kesalahan Perhitungan

Ketika melakukan perhitungan, pastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan dalam pembagian tagihan. Gunakan kalkulator jika diperlukan dan periksa kembali perhitungan sebelum meminta pembayaran dari setiap individu. Jika terjadi kesalahan, segera klarifikasi dan koreksi agar semua orang merasa adil dan puas dengan pembagian yang dilakukan.

4. Menghormati Keputusan Individu

Jika ada anggota kelompok yang memilih untuk tidak ikut dalam kegiatan split bill dan memilih untuk membayarnya sendiri demi kemudahannya, tetap hargai keputusan tersebut. Jangan memaksa mereka untuk ikut membayar atau membagi tagihan jika mereka tidak mengonsumsi apa pun. Menghormati keputusan individu akan menciptakan suasana yang lebih harmonis dan menghindari konflik di antara anggota kelompok.

5. Menghargai dan Mengucapkan Terima Kasih

Setelah pembagian tagihan selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada anggota kelompok yang telah berpartisipasi. Menghargai usaha mereka dalam melakukan pembagian tagihan akan menciptakan iklim yang lebih positif dan saling menghormati di antara anggota kelompok.

Nah, fitur Split Bill di LINE ini, bisa membagi tagihan dengan teman atau kelompok menjadi lebih mudah dan efisien. Kamu jadi lebih hemat waktu, menghindari kesalahan perhitungan, dan melakukan pembayaran dengan cepat dan transparan. Jadi, tidak perlu lagi repot dalam mengatur pembagian tagihan, cukup gunakan fitur Split Bill di LINE dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi bersama teman-teman. Jadi makin seru kalau ngumpul!

Pastikan juga kamu sudah buka tabungan digital di LINE Bank yang terkoneksi dengan akun LINE kamu. Dapatkan notifikasi transaksi instan yang bikin kamu bisa pantau setiap transaksi di semua akun rekening tanpa perlu repot login ke aplikasi LINE Bank.

Yuk, gabung di LINE Bank sekarang dan nikmati beragam fitur seru serta promo menarik lainnya!

Baca Juga: 9 Fitur LINE Bank yang Seru dan Harus Kamu Tahu!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325