Bagaimana Cara Menabung Supaya Tidak Diambil? Ini 10 Tipsnya

Hi Sobat LINE Bank!

Punya impian membangun rumah idaman dalam dua tahun? Atau, liburan ke luar negeri juga sepertinya seru! Mungkin butuh kamera dan device baru juga untuk mengoptimalkan kualitas konten di media sosial?

Kamu bisa, kok, mencapai semua tujuan tersebut dengan menabung dan bijak mengelola keuangan pribadi. Namun, seringkali uang yang sudah masuk tabungan malah kita ambil lagi untuk keperluan yang tidak terduga. Lama-lama, uangnya malah gak kekumpul dan justru jadi kewalahan mengatur arus kas serta memantau pengeluaran. Jangan sampai begini, ya!

Lalu,  bagaimana cara menabung supaya tidak diambil terus? Nah, berikut tips untuk membantu menjaga uangmu tetap aman dan terhindar dari pengambilan yang tidak perlu, yuk catat dan terapkan!

Tips Menabung Aman Tanpa Kewalahan

Capek, kan, kalau uang yang sudah terkumpul harus terpakai lagi karena kebutuhan tertentu, sehingga kamu harus nabung lagi dari awal? Nah, jangan khawatir lagi ya, Sobat LINE Bank. Mulai sekarang, kamu bisa terapkan bagaimana cara menabung supaya tidak diambil berikut:

1. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Salah satu cara terbaik untuk melindungi uang tabunganmu adalah dengan membuka rekening tabungan terpisah. Pisahkan uang tabungan dari rekening utama agar tidak tergoda untuk menggunakannya. Pastikan rekening tabunganmu tidak terhubung dengan kartu ATM atau fitur transfer yang mudah diakses. 

Kamu bisa menggunakan fitur multirekening di LINE Bank sebagai solusi untuk kebutuhan ini. LINE Bank menyediakan fasilitas seru yang memungkinkan kamu untuk membuat hingga 8 rekening dalam 1 akun. Sehingga, bisa mengatur arus kas keuangan pribadi dengan lancar. 

2. Buat Tujuan Menabung yang Jelas

Tentukan tujuan menabung yang jelas dan spesifik. Misalnya, menabung untuk liburan impian, membeli rumah, atau mempersiapkan dana darurat. Jika kamu memiliki tujuan yang jelas, kamu akan lebih termotivasi untuk tidak mengambil uang tabunganmu untuk keperluan lain.

Berikan pula target waktu yang realistis. Misalnya, tabungan liburan harus terkumpul maksimal satu bulan sebelum akhir tahun, sehingga kamu akan berusaha untuk memenuhi target tersebut.

3. Buat Anggaran dan Patuhi

Buatlah anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran rutin dan alokasikan dana untuk menabung. Patuhi anggaran tersebut dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. Namun, kamu juga perlu memastikan bahwa anggaran tersebut tidak lebih dari penghasilanmu. Dengan mengikuti anggaran, kamu dapat mengontrol pengeluaran dan meningkatkan jumlah uang yang bisa kamu tabung setiap bulan. 

4. Mencatat Pengeluaran

Melakukan pencatatan keuangan terhadap uang yang masuk dan keluar, penting banget untuk bikin kamu tetap on-track. Pencatatan ini berguna agar kamu bisa mengontrol pengeluaran dan mengingatkan alam bawah sadar jika kamu sudah hampir melewati jatah anggaran yang sebelumnya ditetapkan. 

Saat mencatatkan pengeluaran, kamu akan menyadari ke mana saja kamu membelanjakan semua uang yang kamu miliki. Sehingga, kamu dapat langsung melakukan evaluasi dan mulai membatasi kebutuhan mana saja yang bisa dipangkas. 

5. Menyiapkan Anggaran untuk Dana Darurat

Penting banget, lho, punya dana darurat yang bisa meng-cover kebutuhan finansial mendadak. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengambilnya dari tabungan yang dari awal sudah jelas peruntukannya untuk kepentingan lain. Terlebih, dana darurat juga bisa membantu terhindar dari utang. 

Jadi, sembari kamu menabung, sisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat. Buatlah pos yang berbeda antara dana tabungan dan dana darurat agar tidak mengganggu tujuan finansial yang ingin kamu raih, meski terjadi hal-hal di luar dugaan.

6. Menabung Deposito

Salah satu cara menabung supaya tidak diambil yang paling efektif adalah dengan menggunakan fasilitas tabungan deposito dari perbankan. Di LINE Bank, kamu bisa nabung deposito mulai dari Rp 1 juta dengan bunga tinggi yang bikin kamu makin untung!

Akses transaksi lebih mudah lewat aplikasi LINE Bank yang bisa kamu lakukan kapan saja secara real-time, dan bisa perpanjang jatuh tempo secara otomatis juga. Yuk, cek tabungan deposito LINE Bank yang bikin untung, anti diambil-ambil!

7. Simpan Uang di Tempat yang Aman

Selain memiliki rekening tabungan terpisah atau membuka tabungan deposito, kamu juga bisa menyimpan uang dalam bentuk fisik di tempat yang aman dan tersembunyi. Gunakan brankas atau tempat penyimpanan yang terkunci dengan baik. Jangan biarkan uangmu terlihat atau mudah terjangkau oleh orang lain. Keamanan uang yang terjaga, dapat menghindari kamu pengambilan yang tidak terduga.

8. Simpan Uang dalam Bentuk Aset

Opsi lainnya soal bagaimana cara menabung supaya tidak diambil yang cukup efektif adalah menyimpan uang dalam bentuk aset, misalnya emas. Saat uangmu sudah tidak lagi berwujud nominal di rekening, atau lembaran kertas di dalam brankas, melainkan kini berubah wujud menjadi barang berharga, kamu tidak akan punya alternatif lain selain membiarkannya tersimpan dengan rapi. Sebab, kamu akan membutuhkan waktu untuk mencairkannya dengan mendatangi toko emas untuk menjualnya kembali. 

9. Jaga Privasi Informasi Keuanganmu

Penting untuk menjaga privasi informasi keuanganmu. Jangan memberikan informasi rekening atau PIN kepada orang lain yang tidak perlu. Hindari berbagi informasi keuangan sensitif melalui pesan atau media sosial. Dengan menjaga privasi informasi keuanganmu, risiko pengambilan uangmu akan semakin berkurang.

10. Jangan Goyah dan Terus Konsisten!

Keep on track, ya, guys! Selama menabung, tentu akan ada banyak godaan. Namun, teruslah konsisten untuk menerapkan tips bagaimana cara menabung supaya tidak diambil seperti yang sudah kamu pahami di atas. Kelola keuangan dengan baik, dan pastikan untuk menyimpan uangmu dalam tabungan deposito. Selain gak akan bisa diambil, kamu juga makin untung dengan perolehan bunga tinggi mencapai 6% jika menabung deposito di LINE Bank!

Jadi, tips bagaimana cara menabung supaya tidak diambil di atas, apakah akan segera kalian terapkan? Jangan lupa untuk mulai langkah pertama kalian dengan buka rekening tabungan digital bersama LINE Bank, ya! Download aplikasinya LINE Bank sekarang dan kepoin terus promo-promonya!

Baca Juga: Tips Menabung untuk Liburan Keluar Negeri Paling Efektif

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325