Apa Itu Investasi? Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

Walaupun sudah ada banyak orang yang melakukannya di luar sana, pasti masih ada banyak orang yang kebingungan tentang apa itu investasi. Jika Sobat LINE Bank merasa tidak ingin ketinggalan zaman dengan fenomena tersebut, lebih baik kamu mempelajari mengenai apa itu investasi sekarang juga.

Investasi ini memang merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan seperti membeli rumah, membeli mobil, membiayai pendidikan anak, dan masih banyak lagi. Untuk mempelajarinya secara lebih lengkap, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Investasi?

Investasi merupakan kegiatan menempatkan modal berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak dengan harapan penanam modal atau investor akan memperoleh keuntungan setelah jangka waktu tertentu. Istilah investasi sendiri berasal dari bahasa Italia, investire, yang berarti menggunakan atau memakai.

Umumnya, seorang investor mendapatkan bantuan untuk mengembangkan dana atau aset yang diinvestasikan oleh sebuah lembaga atau pihak yang mengelolanya. Keuntungan dari hasil pengembangan dana atau aset tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai kompensasi sesuai dengan ketentuan antara kedua belah pihak.

Investasi biasanya dibagi menjadi dua, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Berikut penjelasannya:

1. Investasi Jangka Pendek

Bagi sebagian orang yang sedang mencari dana tambahan untuk kebutuhan mendesak, investasi jangka pendek merupakan salah satu pilihan yang tepat. Risiko dari investasi jangka pendek ini juga lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang.

Jika dilihat dari segi permodalan, investasi jangka pendek bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan tidak sedikit yang memulai dengan modal hanya ratusan ribu rupiah saja. Namun, meski bisa dimulai dengan modal kecil, investasi jangka pendek juga memiliki risiko. Investor perlu meluangkan waktu untuk memantau pergerakan saham.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang bertujuan untuk memperoleh dana tambahan di masa yang akan datang. Risiko dari investasi jangka panjang ini lumayan besar, jadi tidak disarankan untuk melakukannya dengan uang panas atau uang yang akan digunakan untuk keperluan lain.

Tujuan dari investasi jangka panjang lainnya adalah untuk mendapatkan pendapatan pasif berkala seperti bunga, dividen, atau bunga sewa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, investor jangka panjang biasanya perlu mulai berinvestasi dengan modal yang cukup besar. Walaupun sebenarnya investasi jenis ini juga bisa dilakukan dengan modal kecil, hanya saja keuntungan yang didapatkan tidak akan maksimal.

Apa Saja Jenis-jenis Investasi?

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Sobat LINE Bank lakukan. Berikut ini beberapa jenis investasi yang paling populer belakangan ini:

1. Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Secara teknis, Sobat LINE Bank dapat membeli saham di bursa efek, setelah itu kamu akan mendapatkan persentase hak kepemilikan dari perusahaan yang sahamnya telah dibeli. Semakin besar persentase saham yang dimiliki, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan jika perusahaan tersebut sukses.

Keuntungan berinvestasi saham terdiri dari dua bentuk, yaitu keuntungan dari capital gain dan dividen. Keuntungan dari capital gain dapat dipantau setiap menit, jam, dan hari. Artinya, harga saham suatu perusahaan dapat berubah sewaktu-waktu. Sedangkan keuntungan dividen merupakan keuntungan yang diperoleh berdasarkan pembagian keuntungan perusahaan. Pembagian keuntungan tersebut disesuaikan dengan persentase kepemilikan saham Anda.

Keuntungan dari investasi saham ini tidak tetap atau tidak pasti. Terkadang kamu bisa mengalami keuntungan, di waktu lain kamu juga bisa mengalami kerugian. Namun, Sobat LINE Bank akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika perusahaan yang kamu investasikan mengalami pertumbuhan.

Baca Juga: Investasi Lewat Sneakers? Beneran Untung?

2. Obligasi

Obligasi merupakan jenis investasi yang hampir mirip dengan saham. Bedanya, keuntungan yang Sobat LINE Bank dapatkan lebih dinamis dan jumlah uang yang didapatkan cenderung lebih pasti.

Ada beberapa jenis obligasi yang dapat Sobat LINE Bank gunakan. Namun untuk memulai, kamu dapat membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Hal ini karena obligasi dari pemerintah memiliki risiko gagal bayar yang lebih rendah jika dibandingkan obligasi korporasi atau perusahaan.

3. Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi dimana dana yang dikumpulkan dari beberapa investor akan digabungkan menjadi satu dan kemudian diinvestasikan di berbagai pasar modal. Sehingga dapat dibedakan menjadi lima jenis, yaitu:

  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana saham
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana indeks

Modal yang dibutuhkan untuk memulai reksa dana juga dapat dibilang relatif kecil. Hanya dengan Rp100.000 saja Sobat LINE Bank sudah dapat mulai membeli reksa dana. Tujuan dari jenis investasi ini juga dapat sebagai jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk Manfaat Mencatat Pengeluaran Bulanan!

4. Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati karena caranya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Sobat LINE Bank hanya perlu menyimpan dana dalam jumlah dan waktu tertentu kepada sebuah bank, selanjutnya kamu mendapatkan bunga sebagai imbalannya.

Keuntungan dari deposito adalah tingkat pengembaliannya yang tetap dan bunga yang didapatkan lebih pasti. Sayangnya, kebanyakan deposito tidak memungkinkan kamu untuk menarik uang sebelum mencapai jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Apa Saja Manfaat Investasi?

Berikut ini beberapa manfaat investasi yang bisa Sobat LINE Bank dapatkan:

  • Meningkatkan Aset: Dana atau aset yang diinvestasikan akan mengalami kenaikan nilai jika ditanam pada waktu yang lama, tergantung pada instrumen yang dipilih.
  • Memenuhi Kebutuhan Masa Depan: Investasi yang dilakukan sekarang dapat menunjang dan mendukung kehidupan di masa depan karena keuntungan yang akan didapatkan. Kamu dapat menjual dana atau aset yang diinvestasikan ketika sudah dibutuhkan.
  • Mempersiapkan Dana Pensiun: Banyak orang yang tidak dapat tunjangan pensiun dari tempatnya bekerja. Dengan berinvestasi, Sobat LINE Bank dapat menutupi hal tersebut.
  • Mencapai Kebebasan Finansial: Sobat LINE Bank dapat memenuhi segala kebutuhan hidup hanya dari berinvestasi jika dilakukan dengan benar dan tepat.

Selain keempat hal yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari berinvestasi. Jika kamu sudah mencoba melakukan investasi, pasti manfaatnya bisa kamu rasakan sendiri.

Baca Juga: Gaji 5 Juta, Kata Siapa Tidak Bisa Investasi? Ini Tipsnya!

Cara Memilih Instrumen Investasi Untuk Pemula

Bagi Sobat LINE Bank yang belum pernah melakukan investasi sebelumnya dan bingung instrumen mana yang paling cocok untuk kamu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Pahami Konsep Investasi: Sebelum terjun ke dunia investasi, kamu harus memahami konsep dari investasi itu apa terlebih dahulu.
  • Tentukan Tujuan Investasi: Sesuaikan instrumen yang dipilih dengan tujuan berinvestasi, apakah itu untuk jangka panjang atau jangka pendek.
  • Perhatikan Risiko Tiap Instrumen: Setiap instrumen investasi memiliki risikonya masing-masing, jangan sampai kamu asal memilih instrumen tanpa memerhatikan risikonya.

Pastikan Sobat LINE Bank mengikuti tips-tips di atas ya ketika hendak berinvestasi.

Sebelum berinvestasi, pastikan kamu memiliki rekening bank yang tepat agar lebih mudah dalam mengatur keuangan. Jika kamu tertarik untuk membuka rekening baru tetapi bingung harus di mana, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaat yang menanti kamu!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295