5 Tips Menabung Setelah Lebaran 2024

5 Tips Menabung Setelah Lebaran 2024

Hi Sobat LINE Bank,

Libur dan cuti bersama lebaran 2024 berakhir. Saat-saat tersebut, biasanya kamu kerap mengeluarkan uang lebih besar, baik untuk keperluan lebaran maupun liburan.
Bagi kamu yang mempunyai sisa tunjangan hari raya (THR) perlu dikelola dengan baik agar kantong tidak jebol. Berikut ini tips menabung untuk membenahi keuangan seusai lebaran 2024, berikut:

Cek Tips Menabung, Berikut ini!

1. Evaluasi pengeluaran selama Lebaran

Berbenah keuangan setelah lebaran 2024 bisa dengan melakukan evaluasi pengeluaran. Langkah awal, kalian bisa menghitung kembali pengeluaran dari bulan puasa sampai libur lebaran.

Selanjutnya, kalian dapat melakukan evaluasi dan membatasi kembali pengeluaran yang kurang penting.

2. Buat Rencana Keuangan Prioritas

Agar keuangan pasca lebaran stabil, susun kembali rencana keuangan sesuai kondisi keuangan terkini. Buatlah listing berdasarkan prioritas yang paling urgen. Hal ini, tentu dapat meminimalisir over budgeting seusai lebaran.

3. Batasi pengeluaran harian

Berbenah keuangan usai lebaran bisa juga dengan membatasi pengeluaran harian. Tujuannya, untuk memperbaiki cash flow keuangan.

Selain itu, kalian bisa membuat anggaran kebutuhan pokok. Lalu, sesuaikan dengan dana yang dipunyai dan hindari untuk berutang.

4. Lunasi Utang Pay Later Jika Ada

Agar belanja lebih mudah, sebagian besar masyarakat memanfaatkan pay later atau produk pinjaman. Perlu diingat, pinjaman ini terdapat bunga dan biaya yang harus dibayar.

Supaya utang tidak memberatkan keuangan kalian, segera lunasi utang itu dan menghindari kebiasaan gali lubang tutup lubang.

Selain itu, jika uang lebaran masih tersisa, bisa dimanfaatkan untuk membayar utang dan meringankan cicilan.

5. Bijak dalam Berutang

Menurut Perencana Keuangan Eko Endarto, jika keuangan pasca lebaran memang tidak bisa tertolong, kalian bisa berutang. Namun, utang yang ditarik harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Setelah menarik uang, perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Artinya, kalian perlu menekan keinginan seperti makan di luar, beli pakaian, beli perhiasan dan membeli hal lain untuk kesenangan.

6. Konsisten menabung dan investasi

Ketika libur lebaran, kalian mungkin mencairkan tabungan untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini bisa membuat dana keperluan masa depan habis.

Maka, kalian perlu konsisten menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan masa depan. Dengan menabung dana bonus maupun THR, akan lebih bermanfaat daripada mengambil tabungan untuk ongkos libur lebaran.

7. Pertahankan Kebiasaan Baik

Ketika bulan Ramadan, biasanya umat Muslim melakukan hal-hal baik, seperti membeli makan secukupnya dan bersedekah dari penghasilan yang disisihkan.

Nah itu dia mengenai 5 Tips Menabung Setelah Lebaran 2024. Meskipun bulan ini telah berlalu, namun kebiasaan baik ini perlu untuk dipertahankan agar mendapatkan hikmahnya. Salah satunya yaitu investasi jangka panjang, seperti Deposito LINE Bank merupakan pilihan yang tepat untuk kamu! Cek bunga deposito-nya hingga 7%.

Nah, nggak usah pikir dua kali! Langsung aja, Download aplikasi LINE Bank sekarang dan aktifkan bunga deposito tertinggi 7% cuma di LINE Bank yang menggiurkan. Peluang emas buat dapetin untung lebih untuk masa depan kamu.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295