Tips Mengelola Uang Jajan Biar Makin Hemat, Ada Promo Chatime lho!

Hi Sobat LINE Bank,

Keterampilan dalam mengelola uang jajan bisa membantu kamu untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan keterampilan ini kamu bisa berhemat dan mengembangkan dana yang ada sehingga bisa semakin bertambah. Pengaruh buruk lingkungan untuk mendorong kamu sehingga menjadi boros cukup besar. Karena itu kamu perlu taktik agar uang jajan tidak mudah habis.

Komitmen dan tujuan yang jelas dalam membelanjakan uang jajan bisa membantu kamu dalam mengelolanya. Soal cukup atau tidak, bukan hanya tergantung dari jumlah uang jajan yang kamu terima, tetapi juga dipengaruhi oleh bagaimana kamu membelanjakannya. Agar bisa lebih hemat, terapkan beberapa tips berikut ini beserta promo chatime.

Tips mengelola uang jajan, biar makin irit manfaatkan promo chatime

1. Buat anggaran

Membuat anggaran untuk membelanjakan uang jajan sangat penting. Kamu perlu tahu berapa jumlah uang yang akan kamu terima dan kebutuhan kamu apa saja. Dengan demikian kamu mengelola uang tersebut secara baik.

Buatlah daftar apa saja yang harus kamu beli dengan uang tersebut. Kamu juga perlu menyusun budget atau perkiraan dana yang disiapkan untuk masing-masing kebutuhan tersebut.

2. Tentukan prioritas

Kebutuhan yang harus kamu penuhi dengan uang jajan bisa jadi tidak hanya makanan saja, tetapi juga kebutuhan lainnya. Agar kebutuhan utama bisa terpenuhi, jangan lupa untuk membuat skala prioritas.

Pastikan untuk mendahulukan hal-hal penting baru kemudian berbelanja produk yang bersifat sekunder.  Untuk bisa menentukan skala prioritas kamu perlu konsisten dan disiplin. Jangan sampai mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu hanya karena kamu ingin membeli barang tersebut tanpa mempertimbangkan manfaatnya.

Baca juga : Kumpulan Promo LINE Bank Bulan Oktober 2024, Auto Cuan!

3. Manfaatkan promo yang ada seperti promo chatime

Tips Mengelola Uang Jajan Biar Makin Hemat, Ada Promo Chatime lho!

Membelanjakan uang jajan sekarang tanpa bisa menyisihkan hanya akan menyebabkan penyesalan di kemudian hari. Karena itu, mulai sekarang segera lakukan penghematan.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan promo setiap kamu ingin berbelanja atau jajan, salah satunya saat kamu jajan di chatime manfaatkan promo chatime. Ngemil di chatime menggunakan QRIS dapat cashback hingga Rp10.000, lho!

4. Hindari belanja secara impulsif

Bukan hanya belanja fashion yang bisa menyebabkan impulsif, membeli jajan pun dapat mendorong kamu untuk berbelanja tanpa pikir panjang yang akhirnya hanya membuang uang saja. Agar terhindar dari hal tersebut, buat komitmen yang kuat untuk membeli jajan hanya sesuai kebutuhan atau sesuai rencana semula.

Banyaknya jajanan dan barang lain yang ditawarkan oleh toko memang sengaja mengundang kamu untuk membelinya, namun kamu mempunyai kemampuan untuk menolak dan hanya membeli seperlunya. Dengan demikian uang jajan yang kamu punya bisa lebih awet dan dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

5. Survey harga

Membandingkan harga merupakan salah satu cara agar kamu dapat berbelanja dengan lebih hemat. Berhemat bukan berarti selalu memilih produk murah, tetapi membeli produk dengan harga sesuai kualitas dan kuantitas.

Jangan segan untuk tanya berapa harga barang sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Pertimbangkan membeli barang yang lebih murah jika manfaat dan kualitasnya sama. Tidak semua barang yang harganya lebih mahal, pasti lebih bagus, karena itu pertimbangkan baik-baik sebelum mengeluarkan uang.

6. Menabung di awal

Menabung di awal saat menerima uang bisa menjadi solusi jitu agar kamu dapat berhemat uang jajan. Sisihkan sejumlah uang dan masukkan ke dalam rekening tabungan. Selanjutnya, belanja hanya dengan uang yang ada tersebut dan jangan sekali-kali mengambil tabungan untuk membeli jajanan.

7. Buat rencana keuangan

Kamu perlu membuat rencana keuangan yang jelas dan detail sehingga bisa menjadi motivasi untuk menggunakan uang jajan dengan baik. Tentukan target jangka pendek dan panjang serta susun strategi untuk mencapainya.

Sebagai contoh dalam satu bulan kamu harus menyisihkan sejumlah uang tertentu agar rencana keuangan yang disusun dapat segera terealisasi. Lakukan hal ini secara konsisten meski awalnya terasa berat.

8. Hindari membeli yang tidak perlu

Banyak yang melakukan kesalahan dalam mengelola dan menggunakan uang jajan, sebagai contoh membeli barang yang tidak perlu. Kamu bisa mulai menghitung berapa banyak membeli air mineral kemasan dalam satu bulan dan berapa uang yang kamu keluarkan?

Seharusnya kamu bisa menghemat pengeluaran untuk hal ini dengan membawa air minum dari rumah. Kamu pun bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain atau menabungnya.

Nah itu dia mengenai tips mengelola uang jajan biar makin hemat, ada promo chatime, lho! Semoga tips nya dapat bermanfaat ya!

Kalau soal keuangan, serahkan ke LINE Bank aja! Dengan buka tabungan online di LINE Bank, kamu bisa mengakses berbagai fitur seru seperti bebas biaya admin, fitur multi rekening yaitu bisa memiliki 8 rekening sekaligus dalam 1 akun, gratis transfer ke rekening bank lain, tarik tunai tanpa biaya, hingga kemudahan dalam pembayaran seperti tagihan dan pulsa.

Makin seru lagi karena LINE Bank punya banyak promo menarik hingga cashback buat para pengguna baru, lho! Yuk, buka rekening tabungan LINE Bank sekarang dan nikmati beragam promonya!

Kamu juga bisa cek promo lainnya, disini ! Banyak banget promo agar hidup kalian lebih mudah. Tunggu apalagi? Ayo, join LINE Bank dan dapatkan promonya sekarang!

Baca juga : Bilyet Deposito: Pengertian, dan Perbedaannya Dengan Sertifikat Deposito

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 394