Simak Tips Bikin Menabung Kamu Makin Asyik!

Hai Sobat LINE Bank!

Kalian semua pernah denger ngga sih kalau kebanyakan orang bilang menabung itu tidak begitu penting karena sebaiknya seluruh uang yang dimiliki di investasikan saja. Sobat LINE Bank yang pernah mendengar kata-kata ini, menurut kamu gimana?

Sebenarnya memang ada benarnya lebih baik di investasikan saja mengingat apabila uang kita di investasikan maka bunga maupun returnnya cenderung lebih besar daripada bunga tabungan tentunya. Tetapi yang perlu diketahui apabilang seluruh  uang kita berada di tempat investasi seperti deposito, saham, crypto, properti, dan beberapa jenis investasi lainnya itu risikonya loh Sobat LINE Bank.

Misalnya, apabila ternyata kamu dihadapkan dengan situasi mendesak dan sangat membutuhkan uang yang cepat maka kamu tidak bisa mencairkan seluruh investasi kamu dengan cepat. Apalagi apabila seluruh investasi kamu taru di properti. Jika kamu memiliki Rp 2 miliar properti dan kamu hanya membutuhkan 500 juta tidak mungkin bukan kamu hanya menjual atau mencairkan beberapa bagian dari properti kamu. Properti juga tidak semudah itu untuk diperjual belikan pasti membutuhkan waktu.

Karena ini kamu setidaknya harus memiliki tabungan yang bisa kamu cairkan uangnya dengan mudah Sobat LINE Bank. Walaupun mungkin sebagian dari kalian menganggap kegiatan menabung itu hal yang kuno dan tidak begitu asik, faktanya menabung memiliki peran yang penting dalam pengelolaan keuangan loh.

Yuk simak beberapa tips agar kamu dapat menabung dengan asyik.

Pisahkan rekening sesuai kebutuhan kamu

Sobat LINE Bank yang masih hanya memiliki 1 rekening untuk seluruh pengeluaran kebutuhan maupun keinginan kalian yuk cepet-cepet bikin rekening lain. Faktanya apabila kamu memiliki rekening berbeda mengatur keuangan akan menjadi lebih mudah dan asik loh Sobat LINE Bank.

Karena dengan rekening yang berbeda kamu tidak perlu takut lagi apabila uangmu terpakai untuk hal yang lain ataupun kurang penting. Karena uangmu sudah kamu pisahkan di rekening berbeda dari awal. Misalnya rekening A kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti transport, makan, jajan, dan pengeluaran sehari-hari lainnya. Rekening B digunakan untuk membayar tagihan maupun cicilan perbulan, seperti tagihan listrik, air, dan pengeluaran besar perbulan lainnya. Lalu rekening C kamu gunakan untuk tabungan dana darurat.

Kamu bisa sesuaikan jumlah rekening dengan kebutuhan kamu ya Sobat LINE Bank. kamu juga bisa menggunakan fitur multiple savings dari LINE Bank, bisa membuat 8 rekening sekaligus dalam 1 akun. Mengatur keuangan bukan lagi hal yang merepotkan atau menyusahkan. Yuk mulai nabung!

Menabung 30 hari dan ulangi!

Menabung dalam 30 hari dan ulangi, kegiatan menabung ini tergolong cukup menarik loh Sobat LINE Bank. Misalnya kamu menabung di tanggal 1 sebesar Rp 5 ribu, lalu tanggal selanjutnya Rp 10.000, dan seterusnya. Kamu bisa tentukan nominalnya sesukamu atau kamu bisa mengikuti nominal dengan tanggal saat kamu menabung. 

Jika sudah sampai 30 hari atau sebulan kamu menabung, masukan lah uangmu di tabungan rekening kamu agar setidaknya uang kamu berkembang karena mendapatkan bunga. Bulan selanjutnya kamu bisa mengulang cara ini dengan jumlah nominal yang berbeda. 

Tantang diri kamu untuk konsisten dan buat tujuan menabung kamu ini. Misalnya tabungan ini untuk dana darurat kamu dan minimal dalam 1 tahun kamu sudah terkumpul hingga 500 – 1 juta. 

Nah itu dia Sobat LINE Bank 2 tips yang bisa kamu coba untuk ningkatin semangat kamu menabung. Menabung dengan cara yang tidak biasa akan membuat kamu menjadi lebih semangat dan tertarik dalam menabung. Menabung juga hal yang penting karena kamu harus memiliki pegangan uang yang bisa dicairkan kapanpun kamu mau. 


Karena itu selain berinvestasi yuk mulai menabung. Karena sesuai pepatah ‘don’t put your eggs in 1 basket’. Sama juga dengan uangmu, jangan taruh seluruh uangmu hanya di 1 tempat! Kalau kamu udah terapin tips ini komen ya!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 288