Tips Tetap Produktif Freelancer , Dijamin Akhir Tahun Makin Cuan

Tips Tetap Produktif Freelancer , Dijamin Akhir Tahun Makin Cuan

Tips Tetap Produktif Freelancer , Dijamin Akhir Tahun Makin Cuan- Keuntungan seorang pebisnis solo adalah fleksibilitas waktu dan kontrol penuh terhadap cara kamu berkerja, Kamu tidak perlu melapor kepada atasan untuk sebuah keputusan. Kamu pun akan merasa lebih bebas untuk menerima pekerjaan atau menolaknya.

Tentunya, hukum dari seorang freelancer adalah semakin banyak yang di kerjakan, semakin tinggi pula penghasilan yang kamu dapatkan. Tetapi tentunya tidak ada yang rela menghabiskan 24 jam hanya untuk bekerja. Waktu adalah uang untuk seorang freelancer dan semakin kamu mampu menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang singkat maka profitabilitas meningkat. Pasti semua pengen cuan dong? Apalagi akhir tahun gini pasti banyak keinginan kan? Tapi simak dahulu cara meningkatkan produktivitas freelancer.

8 Cara Meningkatkan Produktivitas

1.Jadwalkan dengan 3C

3C tersebut adalah creative (kreatif), collaborative (kolaboratif) dan connecting (berhubungan) dan 3C ini adalah cara kamu menyusun tugasmu. Mulailah dari tugas kreatif , yaitu berpikir, membuat rencana, membuat keputusan, menulis. Tugas kreatif ini membutuhkan kesegaran mental, contohnya pada pagi hari.

Setelah menjadwalkan tugas kreatif, kamu dapat melakukan tugas kolaboratif, yaitu rapat, menghubungi orang dan segala sesuatu tugas yang membutuhkan kamu untuk berinteraksi dengan orang lain. Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah berhubungan dengan keluarga dan teman mu.

2. Lupakan Daftar Kerjaan (To Do List)

Daftar pekerjaan yang kamu susun setiap harinya hanya akan membuat tugas menumpuk dan kamu akan menjadwalkan waktu yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Daripada melakukan hal tersebut, kamu dapat langsung memasukkan tugas tersebut di kalender beserta dengan deadline tugas tersebut sehingga kamu dapat mengatur jadwal langsung.

Jika suatu tugas membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, maka cepat kerjakanlah, misalnya mengirim email dan lainnya. Janganlah terlalu fokus dengan to-do list .

3. Realistis dengan Waktu

Sebelum kamu dapat membuat jadwal yang efektif, kamu harus memiliki pengertian yang benar tentang berapa lama waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas. Salah satu cara yang dapat di lakukan adalah dengan mencatat waktu kamu. Dengan cara ini, kamu dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

4. Sediakan Tempat Kerja

Memang sebagai freelancer, kamu tidak membutuhkan kantor untuk bekerja, tetapi tempat kerja adalah sesuatu yang penting agar akses terhadap fasilitas yang dibutuhkan lebih efektif. Dengan adanya tempat kerja yang permanen, kamu dapat menghemat waktu untuk mengambil peralatan, menyusun dokumen dan sebagainya.

5. Ciptakan Suasana yang Kondusif

Fleksibilitas waktu dapat menjadikan pekerjaan kamu mudah terganggu, apalagi jika kamu mengerjakannya di rumah. Misalnya, kamu terpikir untuk mengerjakan tugas rumah tangga, beristirahat atau mengecek media sosial. Ciptakan suasana kondusif sebelum kamu mengerjakan tugas, misalnya dengan mematikan notifikasi, menjawab pesan dan email hanya pada waktu yang telah kamu atur sebelumnya.

6. Analisis Proses

Selain mengetahui panjangnya durasi pengerjaan, kamu juga harus mengerti cara atau proses pengerjaan tersebut. Lihatlah di mana kamu menghabiskan waktu paling banyak dan lakukan penyesuaian terhadap waktu tersebut. Dapatkah kamu menghemat waktu tanpa harus mengorbankan kualitas?

7. Target Konsumen yang Tepat

Fokuslah pada konsumen yang memberikan kamu harga jual yang sesuai dengan permintaan tugas mereka. Selain itu, kamu pun dapat mencari klien yang memberikan apresiasi terhadap hasil kerja mu sehingga kamu termotivasi untuk meningkatkan produktivitas.

8. Ciptakan Sebuah Rutinitas

Waktu kamu bangun pagi dan tidur pada malam hari juga sangat berpengaruh kepada produktivitas kamu. Dengan cara ini, kamu akan lebih memiliki energi dan lebih segar untuk mengerjakan tanggung jawab mu.

Nah itu dia Tips Tetap Produktif Freelancer , Dijamin Akhir Tahun Makin Cuan. Buat para freelancer jika sehabis menerima profit, ada baiknya di tabung juga. Disaat kamu ada kelebihan uang jangan kemudian langsung dikonsumsi ya. Tabunglah dan investasilah. Menabung bisa dilakukan di rekening terpisah untuk dana jaga-jaga.

Investasi juga bisa dilakukan di aset minim risiko seperti deposito, apalagi jika buka deposito di LINE Bank akan dapat cashback 500 rb serta bunga nya juga 6% lho!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disi

Baca juga : Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihentikan Agar Makin Produktif

Bagikan ke Temanmu