Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihentikan Agar Makin Produktif

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihentikan Agar Makin Produktif

Menjadi lebih produktif adalah suatu cara untuk menyiasati agar bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras dan menghabiskan seluruh hari. Berikut Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihentikan Agar Makin Produktif. Simak Yuk!

1. Mengutamakan Pekerjaan Daripada Istirahat

Seperti Arianna Huffington pernah menyampaikan dalam bukunya “The Sleep Revolution”, sebuah tidur malam yang baik memiliki kekuatan untuk meningkatkan produktivitas, kebahagiaan, pengambilan keputusan yang cerdas dan terhindarnya kebuntuan Ide-ide besar.

Penelitian McKinsey menunjukkan korelasi langsung antara kurang tidur dengan ketidakefisienan di tempat kerja. Prefrontal Cortex, bagian otak tempat fungsi problem solving akan menurun kemampuannya bila kita tidak mendapatkan tidur yang cukup. Bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu yang kita tahu sekarang ini hanyalah proses kognitif yang setara dengan mabuk kerja.

Kiat untuk mendapatkan tidur yang cukup adalah dengan merencanakan sebelumnya dan menyelesaikannya dengan waktu yang cukup.

2. Menaruh Ponsel Di Samping Mu Saat Tidur

Tips lainnya untuk mendapatkan tidur yang lebih baik adalah tidak membiarkan pengaruh dari luar merusak tidur anda. Layar LED dari ponsel, tablet dan laptop misalnya, akan mengeluarkan blue light, dimana penelitian telah menunjukkan blue light ini dapat merusak penglihatan dan menekan produksi melotonin, hormon yang dapat mengatur siklus tidur. Penelitian juga menyatakan bahwa seseorang dengan kadar melotonin rendah akan lebih cenderung depresi.

3. Melewatkan Sararapan

Pikiran dan tubuh kita terhubung dengan sejumlah cara dan mendapatkan bahan bakar yang kita butuhkan tidak hanya dengan beristirahat.

Lisa De Fazio, seorang pakar kesehatan dan gaya hidup mengatakan sarapan adalah makanan paling penting sepanjang sehari.

Pada saat anda bangun pagi, sebetulnya anda sedang tidak makan selama 10-12 jam, karena itu disebut “breakfast” yang berarti “memecahkan puasa”, menurut De Fazio.

Makanan pertama adalah tendangan permulaan untuk metabolisme tubuh dan mengisi ulang kadar gula darah, sehingga anda dapat fokus dan menjadi produktif menjalani hari. Ia menjelaskan, ketika kadar gula darah anda rendah, akan lebih sulit untuk anda fokus dan anda akan merasa lelah, mudah marah dan tidak sabar.

Juga memulai hari libur anda dengan cara yang tepat yaitu dengan bagaimana menyeimbangkan karbohidrat kaya serat dengan protein tanpa lemak, kata De Fazio. Sementara karbohidrat yang lain meningkatkan gula darah, karbo kaya serat seperti buah-buahan dan produk gandum utuh akan melakukan hal yang sama dengan cara yang lebih perlahan.

4. Menunda Pekerjaan Penting

Orang seringkali memulai hari mereka dengan menyelesaikan tugas-tugas mudah dan menyisakan yang sulit untuk dikerjakan belakangan. Ini adalah ide yang buruk, dan bahkan yang sering terjadi, pekerjaan yang lebih sulit dan lebih penting tidak dilakukan sama sekali.

Yang telah ditemukan oleh beberapa peneliti, manusia memiliki kemauan dengan jumlah yang terbatas dan menurun sepanjang hari. Hal inilah mengapa yang terbaik adalah mengerjakan yang paling sulit, tugas-tugas yang lebih penting dikerjakan di awal hari.

5. Memeriksa Email Sepanjang Hari

Ketersediaan akses internet juga dapat membuat orang ingin memeriksa email sepanjang hari. Sayangnya setiap kali anda melakukan ini, anda akan kehilangan lebih dari 25 menit dari waktu kerja.

6. Gagal Memprioritaskan

Beberapa orang berpikir memiliki banyak tujuan adalah cara terbaik untuk memastikan kesuksesan, jika satu rencana gagal, setidaknya ada banyak cara lain untuk beralih. Sayangnya, kebiasaan buruk seperti ini akan membuat tidak produktif.

Warren Buffett memiliki penangkal yang efektif. Melihat pilot pribadinya yang tidak mencapai tujuan hidup, Buffett memintanya untuk membuat daftar 25 hal yang ingin diselesaikan sebelum dia meninggal. Tapi ternyata bukannya mengambil langkah-langkah mudah untuk menyelesaikan satu persatu, Buffett menyarankan pilot itu untuk memilih 5 hal yang ia pikir paling penting dan kemudian melupakan sisanya.

7. Multitasking

Sementara banyak orang mengira mereka hebat karena mampu melakukan dua hal dalam satu waktu, penelitian ilmiah menemukan bahwa hanya 2% dari populasi yang mampu melakukan multitasking dengan efektif. Sisanya, multitasking adalah kebiasaan buruk yang akan menurunkan rentang perhatian kita dan membuat kita kurang produktif dalam pekerjaan yang sedang dilakukan.

8. Browsing Website Secara Impulsif

Ketika kita memiliki akses internet di tempat kerja, menjadi sangat mudah bagi kita teralihkan, mencari jawaban segera atas pertanyaan pertanyaan yang hadir di kepala.

Itulah mengapa Quora user Suresh Rathinam merekomendasikan untuk menuliskan pikiran-pikiran atau pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah catatan. Dengan cara ini Anda dapat mencari informasinya nanti, ketika tidak sedang menyelesaikan pekerjaan.

9. Meeting yang Terlalu Banyak

Tidak ada yang dapat menganggu produktivitas seperti halnya meeting-meeting yang tidak penting ini. Dan dengan adanya alat bantu seperti email, instant messenger, dan video chat di jari anda, sebetulnya dapat digunakan sebagai pengantar meeting dan diskusi seriusnya bisa dilakukan dengan masing-masing orang.

Pendiri BlueGrace Logistics, Bobby Harris merekomendasikan agar tidak perlu menerima ajakan meeting kecuali orang tersebut menyampaikan setidaknya 4 agenda yang jelas dan menyatakan dengan jelas berapa banyak waktu yang mereka perlukan. Dan bahkan Harris merekomendasikan untuk menerima ¼ dari waktu yang diminta di awal.

10.Perfeksionis

Menurut Alain de Botton, filsuf kontemporer dari Inggris, selain kemalasan kebanyakan akar dari kebiasaan buruk menunda adalah ketakutan akan melakukan pekerjaan dengan tidak sempurna.

Satu satunya cara untuk mengatasi kebiasaan buruk menunda adalah mengabaikan perfeksionis dan tidak heboh dengan hal-hal kecil yang akan anda lakukan. Anggaplah seolah tugas tersebut bukan hal penting dan tidak masalah bila akan kacau hasilnya, karena dengan demikian akan menolong anda untuk memulai lebih cepat.

Nah itu dia Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihentikan Agar Makin Produktif. Selain meningkatkan produktifitas, kamu juga harus pandai mengelola keuanganmu, lho! Kalau solusi dalam mengelola keuangan sih ada LINE Bank!

Pokoknya langsung percayakan ke LINE Bank aja! Banyak promo menarik lho untukmu yang baru pertama kali daftar!

Ada dari Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!

Baca juga : Keuntungan Work Life Balance Untuk Milenials

Bagikan ke Temanmu