7 Tips Membuka Usaha Kuliner Ala Iben MA Sambal Bakar

Hi, Sobat LINE Bank!

Pernah nggak kalian lihat laki-laki di atas?

Mungkin, dia pernah lewat di FYP di TikTok kalian.

Dia adalah Benjamin Master Adhisurya atau lebih dikenal sebagai Iben MA. Seorang Tiktoker Indonesia yang memiliki lebih dari 20 juta followers. Selain menjadi seorang content creator, Iben MA juga turun ke bisnis kuliner lho! Bisnis kuliner Iben MA adalah Sambal Bakar. Pernah kah kalian mendengarnya?

Sambal merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh warga Indonesia. Iben MA jeli melihat ini dan menjadikannya sebagai usaha kuliner.

Nah, buat kalian yang punya minat untuk mendirikan usaha kulineri, di artikel kali ini, kita bakal membahas tips membuka usaha kuliner ala Iben MA. Yuk, jangan sampai ketinggalan.

Sekilas tentang Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merujuk pada kegiatan usaha yang berfokus pada pengolahan, penyajian, dan penjualan produk makanan dan minuman kepada calon konsumen. Menjalankan bisnis kuliner tidak hanya mencakup aspek kenikmatan rasa semata, melainkan, mengajak kita untuk mengikuti perjalanan melalui pengalaman rasa yang membekas.

Sebagai suatu sektor usaha, bisnis kuliner mencakup seluruh aspek berkaitan dengan makanan, mulai dari proses kreatif dalam menciptakan hidangan, penyajian yang inovatif, hingga memberikan produk istimewa kepada konsumen.

Lebih dari sekadar keterampilan memasak, menjalankan usaha bisnis kuliner merupakan seni dalam membangun pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Setiap hidangan menjadi sebuah narasi yang menceritakan rasa dan karakteristik unik yang menggoyang lidah dan emosi.

Dengan sentuhan kretivitas dan inovasi, para ahli kuliner dan pengusaha di bidang ini memainkan peran krusial dalam menghidupkan makanan.

Terlebih lagi di era digital sekarang, mengembangkan bisnis kuliner tidak hanya sekadar menghadirkan hidangan. Ia menjadi serangkaian visual menarik di platform media sosial, konten video yang mengundang selera, dan pengalaman pemesanan online yang nyaman.

7 Tips Membuka Usaha Kuliner ala Iben MA

Baru-baru ini rumah makan Sambal Bakar yang dimiliki oleh content creator TikTok Iben MA viral dan ramai oleh pembeli. Tapi gimana sih tips yang dilakukan sama Iben sampai bisa usaha kuliner miliknya laku dan viral? Simak tipsnya berikut ini.

1. Tahu Kebutuhan Konsumen

Menurut Iben, dalam membuka bisnis kuliner salah satu hal terpenting adalah mengetahui kebutuhan konsumen. (Sumber: Kasih Solusi Channel)

Kebanyakan orang memilih untuk menggeluti bisnis yang sesuai dengan dirinya dibandingkan kebutuhan pasar. Hal ini yang kemudian menurutnya membuat bisnis kurang berjalan.

Sewaktu dahulu Iben MA pernah bekerja sebagai seorang lawyer dan mendapat gaji Rp. 500.000. Di masa itu, Iben sulit mendapatkan makanan khas Indonesia yang di tempat yang nyaman sekaligus harga makanannya affordable.

Dari pengalaman itulah, Iben terinspirasi untuk membuat makanan khas Indonesia dengan harga yang affordable sekaligus memiliki tempat yang nyaman bebas dari debu dan panas.

Iben juga melakukan konfrimasi makanan apa yang cocok di pasaran lewat sesi tanya jawabnya di TikTok pada Juli 2022 lalu. Lewat sesi tanya jawab bersama audience itulah Iben mengambil ide untuk menjual “Sambal Bakar”.

2. Menjual Experience yang Autentik

Menurut Iben, jarang sekali ada tempat makan khas Indonesia yang memiliki tempat yang nyaman dan dijual dengan harga murah. Selain itu, Iben merasa jarang sekali ketika memakan sambal, sambalnya terasa dingin.

Oleh karena itu, dengan membakar sambal akan membuat sambal tidak dingin dan semakin meningkatkan nikmat memakannya.

Hal terpenting pula, mempertontonkan “sambal yang dibakar” kepada para konsumen. Tentu saja, melihat sambal yang dibakar bukanlah sebuah pemandangan yang kita bisa lihat dalam keseharian kita. Sehingga, hal ini menjadikan tontonan ini sebagai pengalaman yang autentik.

3. Melihat Persaingan di Pasar

Menurut Iben, sangat penting pula untuk melihat kompetitor di pasar sebelum menentukan produk yang ingin di jual.

Ia kemudian mencontohkan bisnis coffee shop. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis coffee shop sedang booming dan dirinya sendiri mengkonsumsi kopi setiap pagi hari. Dan bisa saja dia berpikir untuk membuka bisnis tersebut.

Akan tetapi bila ditinjau dari kompetitior-nya, seperti, banyaknya bisnis coffee shop yang sudah berdiri, baik dengan menggunakan bangunan kecil dan harga murah,  bangunan mewah dengan harga menangah ataupun bangunan mewah dengan harga murah.

Dengan kompetitior yang masif dan area kebutuhan sudah ter-cover, akan sulit rasanya memasuki pasar.

Bila membandingkan dengan bisnis Sambal Bakar, kompetitornya akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan sedikitnya pengusaha yang menjual sambal bakar yakni makanan Indonesia dengan harga murah. Belum lagi tempat usahanya nyaman, karena dipasangkan tenda dan kipas angin agar dingin. Menonton sambal dibakar juga melihat seorang TikToker beraksi juga menambah nilai plus.

Sehingga, bisa disimpulkan kalau kalian harus mencari peluang yang sebenarnya masyarakat butuhkan dengan kompetitor yang minim.

4. Marketing yang Bagus

Marketing dan bisnis merupakan hal yang tidak bisa dipisah.

Marketing yang bagus akan membuat orang-orang mengetahui produk yang dijual.

Menurutnya, sangat penting untuk membangun marketing yang bagus. Sebagai seorang content creator, dirinya mempublikasikan sambal bakar dengan menunjukan seberapa ramai orang yang datang berkunjung, sambal yang dibakar, dan juga menawarkan pengalaman “Online to Offline” bagi para followers-nya. Contohnya dengan melakukan challenge tertentu yang biasanya ia lakukan di TikTok ke saat sekarang.

Kata Iben apabila kalian adalah seorang content creator, maka kalian harus membangun personal branding kalian sendiri lalu dikombinasikan dengan produk yang ingin kalian jual.

Sementara, untuk para non-influencer Iben mengatakan bahwa kalian tetap harus melakukan branding yang kuat pada produk yang kalian jual. Misalnya, Sambal Bakar mempunyai akun media sosialnya sendiri. Akun media sosial ini terpisah dari akun Iben. Di akun Sambal Bakar itu secara rutin melakukan post ataupun story untuk mendukung marketing.

5. Build Up Momentum

kalian harus membangun momentum bisnis kalian secara stabil dan bertahap. Contohnya, untuk grand opening Iben mengadakan promosi untuk 150 orang yang datang pertama makan gratis di Sambal Bakar.

Iben juga melakukan challange yang ia lakukan di TikTok, agak para follower-nya melihat langsung apa yang dilakukannya.

Ketiga, setelah tempatnya ramai oleh orang yang tertarik di sosial media, hal itu akan membuat orang yang lewat akan tertarik dan penasaran. Sehingga, orang lewat itu akan juga ikut membeli produk tersebut. Tetaplah membangun momentum seperti itu secara bertahap.

6. Cita Rasa Produk

Tentu saja, cita rasa produk adalah hal yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Karena sekalipun marketing berhasil dan mendatangkan orang untuk mencoba, bila produk tersebut tidak memiliki rasa yang mantap, bisnis tersebut tidak akan bertahan. Produk jual kalian adalah rasa makanan yang membuat orang untuk datang lagi.

Jadi, pastikanlah produk kalian memiliki cita rasa yang mantap dan cocok dengan lidah masyarakat.

7. Menu yang Variatif

kalian juga harus membuat menu yang variatif. Kebanyakan orang terutama yang dine-in beramai-ramai akan memesan menu yang berbeda-beda agar bisa mencicipi pesanan satu sama lain. Oleh karena itu, kalian juga harus menjual berbagai macam menu yang membuat konsumen tertarik.

Bila kalian ingin menambahkan bahan makanan yang sedang trending di pasaran. kalian juga harus bisa memastikan agar bahan trending itu tidak mengacaukan cita rasa maupun menu di plan kalian. Kebutuhan konsumer adalah yang pertama dan diatas keunikan menurutnya, jadi jangan sampai pula membuat rasa produk kalian tidak konsisten.

Tips Lainnya dalam Membuka Usaha Kuliner

Setelah mengetahui tips yang dilakukan oleh Iben MA dalam membangun bisnis di dunia kuliner Sambal Bakar, adapun beberapa tips lainnya yang perlu kamu pahami sebelum membuka jenis usaha makanan atau minuman.

1. Merancang Business Plan dan Anggaran Keuangan

Pastikan kamu telah merancang rencana bisnis atau business plan yang cermat. Business plan adalah dokumen perencanaan tertulis untuk bisnis yang mencakup visi, misi, target konsumen, dan strategi pemasaran.

Kamu juga perlu menetapkan anggaran awal dan prakiraan biaya dengan akurat dan realistis. Hitung semua elemen biaya, termasuk harga peralatan serta bahan baku yang dibutuhkan. Tentukan juga perkiraan biaya harian dan bulanan, seperti upah pekerja dan biaya operasional lainnya.

2. Menentukan Lokasi Usaha Kuliner

Menentukan tempat usaha merupakan faktor kunci dalam kesuksesan bisnis kuliner kamu. Oleh karena itu, pahami dengan baik lokasi strategis untuk bisnis makanan kamu dengan memikirkan aspek-aspek seperti kesesuaian dengan target pasar, desain interior tempat usaha yang eye catching dan menarik, serta aspek perizinan dan kelayakan lokasi usaha.

3. Menyiapkan Peralatan dan Bahan Baku

Kamu bisa memulai dengan menyusun daftar peralatan dan perlengkapan dapur yang diperlukan. Pilihlah peralatan yang berkualitas baik dan sesuai dengan jenis hidangan yang akan kamu jual, mislanya kompor, oven, wajan, dan sebagainya.

Selanjutnya, buatlah kerjasama dengan supplier yang bisa diandalkan. Carilah pemasok yang menyediakan bahan-bahan segar sesuai dengan kebutuhan menu usaha kuliner kamu.

4. Merekrut Karyawan dengan Tepat

Lakukan seleksi karyawan dengan tepat, dan pilih karyawan yang tidak hanya memiliki keterampilan yang sesuai, tetapi juga memiliki sikap positif. Sediakan juga pelatihan kepada karyawan yang sudah direkrut agar mereka memahami standar kualitas dan prosedur operasional bisnis kamu.

Nah itu dia 7 tips membuka usaha kuliner ala Iben MA. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kalian terutama bagi para calon wirausahawan yang ingin mencoba membuka usaha kuliner.

Kalau kalian sedang membutuhkan modal untuk merealisasikan usaha kuliner impian, don’t worry, LINE Bank menawarkan pinjaman KTA. Santuy, tidak perlu jaminan, prosesnya cepat dan gampang kok. Pssp, mumpung ada cashback pinjaman KTA buat pengguna baru nih, bisa cashback sampai Rp2.000.000! Yuk, buruan di klik!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324