Kredit Lunak: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

kredit lunak adalah

Hai, Sobat LINE Bank!

Pernah gak kalian dengar soal kredit lunak? Mungkin istilah itu gak asing buat kalian yang pernah ke bank untuk meminjam buat usaha, ya?

Yes, kredit lunak adalah pinjaman khusus biasanya untuk kalian membangun usaha. Biasanya kredit ini bakal ditawarin oleh pihak kalian, “Sebaiknya pakai kredit lunak, Kak” atau “Kita ada kredit lunak yang cocok buat usaha Bapak/Ibu

Pas ditawarin kayak gitu, kalian mungkin bertanya-tanya. Apa sih kredit lunak? Apa sih bedanya sama kredit biasa?

Nah, kali ini kita bakal ajak sobat LINE Bank untuk mempelajari kredit lunak. Di artikel ini kita akan bahas kredit lunak.

Yuk, dibaca baik-baik, guys!

Pengertian Kredit Lunak

Kredit lunak itu apa sih? Nah sebelum kita bahas, kita bakal bawa beberapa definisi tentang kredit lunak.

Menurut KBBI, kredit lunak adalah kredit dengan bunga rendah dan waktu pengembaliannya tidak mengikat (longgar).

Sedangkan menurut OJK, kredit lunak adalah fasilitas pinjaman dengan syarat pelunasan yang cukup ringan, memiliki tingkat suku bunga rendah dan jangka waktu lama. Jangka waktu pelunasan mencapai 50 tahun.

So, apa itu kredit lunak? Kredit lunak adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh institusi tertentu yang bunganya di bawah suku bunga pasar atau dalam kasus yang langka juga tidak memiliki bunga. Biasanya persyaratannya ringan dan memiliki masa perpanjangan kredit yang longgar. Kredit lunak juga hanya mewajibkan untuk membayar biaya pelayanan dan bunga dan janga waktu yang lebih lama pula.

Kredit lunak juga gak cuma digunakan oleh perorangan, lho, guys! Bahkan di lingkup internasional juga! Misalnya nih, kredit lunak ditawarkan ke pemerintah dan negara berkembang.

Lho, kok bisa? Sama siapa? Kredit lunak untuk negara ini ditawarkan oleh bank pembangunan multilateral contohnya Bank Dunia dan beberapa instansi.

Namun, kalau buat masyarakat biasa nih, biasanya kredit lunak adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh pemerintah untuk para pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Pemerintah memberikannya kepada masyarakat agar menjadi seorang wirausahawan yang mandiri, meningkatkan perekonomian negara, dan mengurangi persentase penduduk miskin. Contohnya seperti penggiat UMKM.

Tujuan Kredit Lunak

Sebenarnya, apa sih tujuan dari kredit lunak? Kenapa kredit lunak ini diberikan? Kita akan bahas di bawah ini, ya!

  1. Mendapatkan Keuntungan

Tujuan pertama dari pengadaan kredit lunak adalah demi mendapatkan keuntungan. Keuntungan bank ini didapat dari bunga pinjaman ini.

  1. Mengembangkan Usaha si Debitor

Dikarenakan peminjaman ini secara umum didedikasikan untuk para pengusaha kecil, maka pinjaman ini bertujuan untuk membantu si debitor dalam mengembangkan usahanya.

Umumnya diberikan kepada pengusaha kecil seperti UMKM.

  1. Meningkatkan Ekonomi Negara

Aktivitas memberikan pinjaman dengan bunga yang rendah dan ditargetkan kepada pengusaha kecil,  juga berdampak kepada negara, lho.

Pengembangan usaha si debitor akan mengurangi angka pengangguran dan menjadikan masyarakat menjadi seorang wirausahawan. Hal ini berarti juga membangun sektor ekonomi negara di tingkat kecil, sehingga berdampak kepada negara.

Lalu, Apa Fungsi dari Kredit Lunak?

Setelah membahas tujuan kredit lunak, kita bakal membahas tentang fungsi dari kredit lunak. Yuk baca di sini!

  1. Peningkatan Daya Guna Uang

Pertama adalah meningkatkan daya guna uang. Yaitu pengubahan uang pasif (simpanan) menjadi aktif (digunakan untuk usaha).

Artinya adalah bank menyimpan uang para nasabahnya. Uang tersebut tidak digunakan (pasif).

Oleh karena itu, diberikannya kredit lunak menjadikan uang simpanan tersebut bisa dipinjamkan kepada para calon debitor yakni pengusaha kecil.

Pengusaha kecil ini kemudian akan menggunakan uang tersebut untuk usahanya (aktif).

  1. Peningkatan Daya Guna Barang

Mirip dengan poin sebelumnya yaitu daya guna uang, pemberian kredit lunak ini diberikan kepada calon debitor yang profesinya adalah wirausahawan untuk mengkonsumsi barang modal dalam aktivitas usaha mereka yang kemudian mendorong produktivitas ekonomi para debitor tersebut.

  1. Meningkatakan Pendapatan

Pemberian kredit lunak ini diberikan untuk para wirausahawan yang artinya mereka memiliki potensi yang tinggi untuk mengelola pinjaman tersebut untuk memperkuat juga meningkatkan usaha mereka.

Sehingga, mereka bisa meningkatakan pendapatan mereka. Seiring berjalannya waktu pula, terdapat kemungkinan usaha mereka semakin besar dan akan melakukan ekspansi. Ekspansi ini kemudian juga akan membuka lapangan pekerjaan.

  1. Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat

Dengan diberikannya pinjaman dengan bunga rendah juga waktu tenggat pengembalian yang toleran, diharapkan untuk mengembangkan usaha masyarakat dan juga membuat masyarakat mencoba untuk menjadi seorang wirausahawan.

Bagaimana Cara Kerja Kredit Lunak

Seperti yang sebelumnya kita sudah sebutkan di atas, kredit lunak bisa terjadi dalam lingkup besar dan lingkup kecil. Untuk lebih lengkapnya, berikut kita jabarkan:

  1. Pada Negara

Pinjaman tidak hanya terjadi pada scope yang kecil.

Namun juga bisa bekerja pada scope yang besar seperti di global. Kredit lunak adalah kredit yang diberikan oleh negara maju ke negara berkembang.

Pemberian pinjaman memiliki berbagai alasan contohnya seperti kepentingan politik maupun kepentingan ekonomi sendiri.

Kredit lunak ini memiliki bunga yang lebih rendah dibanding tingkat suku bunga di pasaran dan juga memiliki masa tenggat pembayaran yang longgar.

  1. Pada Perusahaan

Sesuai dengan namanya, kredit lunak ini diberikan kepada perusahaan. Biasanya, terdapat kondisi tertentu ataupun memiliki tujuan tertentu. Tentu, kredit lunak ini memiliki bunga yang rendah dan tempo yang relatif panjang.

Contoh dari Kredit Lunak

Untuk memperjelas penjelasan di atas, kita juga bakal membahas contoh dari kredit lunak, guys!

  1. Pemberian kredit lunak oleh negara Tiongkok kepada negara Ethiopia.

Diambil dari investopedia, contoh ini merupakan pinjaman kredit lunak kepada negara. Tercatat dari tahun 2010 hingga 2015, Tiongkok telah memberikan pinjaman sejumlah 10,7 milliyar dollar. Pinjaman ini termasuk dengan hibah dan kredit lunak sebesar 23 juta dollar untuk mendukung perkembangan dan pembangunan infrasturktur di Ethiopia.

  1. Kolaborasi Pemberian Kredit Lunak oleh BRI dan Grab

Dilansir dari situs Grab, pada tahun 2020 Grab dan Bank Rakyat Indonesia berkolaborasi untuk memberikan kredit lunak untuk mitra pengemudi Grab, mitra merchant GrabFood, dan mitra GrabKios.

Kredit lunak ini diberikan untuk mengurangi beban finansial akibat pandemi COVID-19.

  1. Program Kredit Usaha Rakyat

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah program kredit yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia lewat Bank Umum untuk membantu para peggiat UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Program ini berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. 

Nah, itu dia beberapa hal tentang kredit lunak, guys.

Semoga bisa membantu kalian, ya. Follow terus LINE Bank untuk memperluas pengetahuan finansial kalian ya!

Btw, kalau kalian sedang butuh pinjaman cepat. Kamu ga perlu datang ke bank konvensional. LINE Bank menyediakan pinjaman bank online yang bisa kamu akses sat-set-sat-set di rumah. Caranya gampang banget cuma butuh e-KTP!

Jangan lupa ya, kalian juga harus download aplikasi LINE Bank di Appstore atau Playstore. Yuk buruan gabung!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324